Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tips Dasar Mengasuh Anak Supaya Pintar dan Aktif

Tanya bidan,- Anak menjadi sebuah harapan bagi kedua orang tua untuk bisa tumbuh dengan baik, sehat dan cerdas. Namun, hal ini tentunya sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitarnya, terutama orang tua. Orang tua menjadi dasar pembentukan kepribadian si anak, agar anak bisa tumbuh jadi pintar dan cerdas, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Dan berikut dibawah ini tips dasar mengasuk anak supaya pintar dan aktif.

Tips Dasar Mengasuh Anak Supaya Pintar dan Aktif


Gunakan jari telunjuk
Menurut penelitian yang dipublikasikan di Infant Behavior & Development, balita bisa lebih cepat belajar dan memahami bahasa ketika orang tua menunjuk objek sambil menyebutkan namanya. Hal ini dapat membantu mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak, selain itu Anda juga dituntut untuk menggunakan gaya bahasa tubuh yang jelas dalam membicara atau bermain bersama buah hati Anda.

Saat berbicara, gunakan intonasi tinggi
Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Boston University, berbicara dengan bayi menggunakan tata bahasa yang disederhanakan dan intonasi tinggi yang dilebihkan bisa membantu meningkatkan kemampuannya mengingat kata lebih baik daripada jika diajak bicara dengan cara datar.

Biarkan anak-anak makan sendiri
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Developmental Science, balita yang membuat makanannya berantakan itu bisa mengembangkan kemampuan berbahasanya lebih cepat daripada yang tidak suka bikin berantakan. Hal ini dikarenakan anak-anak bisa belajar sesuatu dari kegiatan mereka yang suka membuat makanan berantakan.

Jangan langsung memberikan yang anak minta
Dengan memanjakan anak setiap waktu malam bisa berdampak kurang baik. Ajarkan anak soal kesabaran dan kemampuan untuk mau menunggu. Dengan demikian, ia akan tumbuh dengan kemampuan kognitif dan akademis yang lebih baik.

Biarkan anak menonton TV
Menonton TV menjadi salah satu kegiatan atau sarana anak untuk belajar sesuatu. Dengan catatan acara yang ditonton memiliki nilai edukatif dan ditonton dalam waktu yang cukup. Selain itu, perlu juga untuk mendampingi anak saat menonton sebuah acara untuk membantu memahami sejumlah kata atau nilai yang diajarkan acara tersebut.

Nah, bunda itulah beberapa tips yang bisa Anda ambil dan coba lakukan pada buah hati untuk menunjang kecerdasan anak. Meski demikian, tetaplah selalu awasi kegiatan anak.

By - Anak Kamis, 09 Februari 2017 11:18:52

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Test pertanyaan

    0 Balasan

    Anak

    Ini adalah test pertanyaan

  • Test Pertanyaan

    0 Balasan

    Anak

    Test pertanyaan

  • BB anak tidak naik2

    1 Balasan

    Anak

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th... 1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik…

  • Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

    2 Balasan

    Anak

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah.…

  • cara mengatasi alergi dingin

    1 Balasan

    Anak

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa…


Anak
Ini Alasan Mengapa Anak Susah Tidur

Pada umumnya anak membutuhkan waktu…

Anak
Cara Mendidik Anak Sesuai Tumbuh Kembang dan Usianya

Untuk membentuk pribadi anak yang…

Anak
Mengenal Penyakit Ruam Kulit Pada Anak

Ruam kulit merupakan suatu reaksi…

Tanya Bidan
Top