Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi

Bidan Online-, Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi -, Kelahiran si kecil menjadi anugerah yang sangat indah bagi Anda dan keluarga, kebahagiaan yang sulit untuk digambarkan bahkan sampai terus memantau tumbuh kembang si kecil dengan hal - hal yang menakjubkan di lakukan oleh bayi Anda. Setiap orang tua pasti menginginkan bayi yang dilahirkannya tumbuh sehat. Sehingga pada saat kelahiran tiba pemeriksaan kelengkapan organ tubuh bayi dilakukan oleh perawat yang membantu kelahiran bayi Anda. Namun bukan hanya sehat saja, terkadang ibu juga mengkhawatirkan adanya tanda yang melekat pada tubuh bayi.

Tanda yang ada di tubuh bayi ini dikenal dengan tanda lahir bayi yang memiliki perbedaan masing - masing pada bayi. Meskipun memang ada bayi yang memilikinya ada pula yang tidak. Meskipun demikian rata - rata 9-10 kelahiran bayi memiliki tanda kelahiran bahaya pada tubuh bayi. Hanya saja beberapa tanda lahir harus Anda kenali jadi jika tanda lahir tersebut membesar seiring waktu harus diperiksakan pada dokter.


Bayi memiliki tanda lahir yang berbeda - beda, baik bentuk, warna dan ukurannya. Salah satu tanda lahir bayi yang akan dibahas kali ini yaitu tanda lahir berwarna merah pada bayi. Tanda lahir yang bisa muncul langsung pada bayi pada saat dilahirkan atau baru dikenali setelah beberapa hari kelahiran. Anda bisa berkonsultasi pada dokter jika tanda lahir semakin membesar dan menganggu fungsi bagian tubuh bayi. Seperti tanda lahir bercak merah yang timbul disebut dengan tanda lahir strawberry Hemangioma.

Strawberry Hemangioma adalah kelainan secara vaskular yang terjadi pada kulit dan ditandai dengan adanya pertumbuhan pada permukaan kulit yang berwarna merah dan timbul. Pada umumya tanda lahir strawberry hemangioma ini memiliki tepian yang halus dan jaringan yang berongga. Strawberry Hemangioma akan muncul pada bagian tubuh mana saja meskipun seringkali strawberry hemangioma ditemui pada bagian leher atau wajah. Pada masing - masing anak kasus strawberry hemangioma ini berbeda - beda.

Jika dibandingkan dengan bayi laki - laki, kasus strawberry hemangioma ini lebih banyak dialami oleh perempuan dan pada 10% bayi yang mendapatkan tanda lahir strawberry hemangioma dalam rentan waktu usia 13 buylan akan hilang sedangkan sissanya sebanyak 90% akan hilang setelah menginjak usia 10 tahun.

Tanda lahir ini tidak akan menggaggu jalannya fungsi organ, jika menganggu sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Pengobatan yang biasanya digunakan yaitu laser atau kombinasi dengan laser dan operasi. Melakukan pemeriksaan dini bisa mengetahui tanda lahir anak dan membantu Anda untuk melakukan penanganan dini.

Jadi bagi Anda yang menemukan tanda merah pada anak atau disebut dengan Strawberry  Hemangioma jangan terburu - buru khawatir karena masing - masing kondisi anak berbeda - beda. Begitu juga dengan strawberry hemangioma tidak semuanya harus dilakukan dengan cara laser atau operasi ada juga yang menghilang dengan sendirinya.

Baca Juga :

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 21 Februari 2017 07:25:43

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…

  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

    1 Balasan

    Bayi

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas…


Bayi
Faktor Penyebab Bayi dengan Bibir Sumbing

Bayi yang terlahir dengan cacat…

Bayi
Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi Dengan Aman dan Benar

Pada saat membersihkan telinga pada…

Tanya Bidan
Top