Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Ketahuilah Bahaya Mencium Bayi Baru Lahir

Curhat Bidan - Paras bayi yang imut dan lucu sering kali membuat orang gemas dan ingin menciumnya. Namun, tahukan bunda jika mencium bayi baru lahir bisa sangat berbahaya ? Pasalnya bisa saja bayi bunda tertular kuman yang mudah ditularkan melalui ciuman, terutama di area bibir dan pipi. Meski tidak semua orang dapat menyebarkan kuman, namun hal ini bisa meningkatkan resiko bayi sakit. Apalagi bayi baru lahir sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna, sehingga dapat tertular penyakit dan infeksi lebih cepat. Selama beberapa minggu pertama, tubuh bayi baru lahir dapat memanfaatkan antibodi dari ibunya untuk imunitas sementara. Namun, imunitas tersebut masih rendah dan tetap membuatnya rentan terhadap virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit.



Bahaya yang Bisa Menimpa Bayi Baru Lahir Jika Dicium

Jika bunda membiarkan bayi bunda dicium, terutama oleh orang yang belum diketahui riwayat kesehatannya, maka bunda menempatkan si kecil dalam bahaya. Berikut ini merupakan bahaya yang bisa menimpa bayi jika dicium :

Virus Herpes Simplek (HSV) Tipe 1
HSV tipe 1 biasanya menular melalui kontak dengan kulit orang yang menderita penyakit herpes, misalnya setelah bayi dicium kerabat yang terkena herpes. Virus ini sangat menular, terutama melalui air ludah penderita herpes. Jika manyerang bayi baru lahir virus ini bisa menyebabkan infeksi parah, termasuk pada kulit, mulut, mata, paru-paru, hati, dan otak.  Virus ini juga bisa terus ada dalam tubuh bayi, sehingga bisa kambuh di kemudian hari.

Respiratory Syncytial Virus
Penyakit ini gejalanya mirip seperti flu. Jika dibiarkan pada bayi baru lahir, maka dapat menginfeksi paru-paru dan menyebabkan bronkiolitis bahkan pneumonia. Jika bayi bunda mengalami kesulitan bernapas seperti bagian dada tampak naik dan turun secara signifikan saat bernapas segera bawa bayi ke dokter.

Meningitis Bakteri
Meningitis yang disebabkan oleh bakteri merupakan kondisi serius dan bisa mengakibatkan kematian setelah beberapa jam terinfeksi. Bayi memiliki resiko terkena penyakit meningitis lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok usia lainnya. Bakteri yang dapat menyebabkan meningitis pada bayi adalah streptococcus group B, streptococcus pneumoniae, dan neisseria meningitidis. Bakteri tersebut menyebar melalui air ludah ketika seseorang mencium bayi. Kuman juga bisa menyebar melalui kontak dengan orang yang tinggal serumah dengan bayi.

Sariawan oleh Jamur Candida
Jamur candida penyebab sariawan dapat menular pada bayi melalui ciuman. Bayi yang berusia di bawah dua bulan tidak menutup kemungkinan dapat terserang sariawan karena infeksi candida. Infeksi jamur candida terjadi karena sistem kekebalan tubuhnya masih belum matang. Bayi yang mengalami sariawan biasanya akan rewel dan menolak untuk minum ASI. Sariawan pada bayi ini akan mengganggu pencernaannya.

Tips Menjaga Bayi Baru Lahir dari Penyakit

Untuk mencegah bayi tertular penyakit seperti di atas, bunda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • Selalu mencuci tangan sebelum menyentuh bayi baru lahir. Cuci tangan juga harus dilakukan setelah bersalaman dengan tamu yang berkunjung. Untuk meminimalisir kuman, cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air hangat.
  • Menyediakan hand sanitizer yang mengandung alkohol sebagai alternatif, terutama jika tidak memungkinkan untuk selalu cuci tangan. Gosokan cairan tersebut selamam 15-20 detik untuk hasil yang maksimal.
  • Mintalah pada tamu yang berkunjung untuk menjaga jarak dengan bayi dan untuk jangan menciumnya.
  • Jangan biarkan bayi berada dalam satu ruangan dengan orang yang menderita penyakit menular.
  • Hindari menyentuh atau mencium bayi di sekitar wajah dan tangan yang kadang dihisapnya.
  • Hindari membawa bayi ke tempat yang terlalu ramai seperti ke toko, restoran, mall, atau pasar.
  • Mengikuti jadwal vaksinasi sesuai anjuran dokter.

Memang sulit bagi orang tua untuk menjaga bayi baru lahir. Orang tua juga terkadang merasa segan untuk membatasi orang lain berinteraksi dengan bayi, karena tidak semua orang paham dengan menjaga kebersihan saat berinteraksi dengan bayi. Namun, jika anda mengingatkan dengan cara yang sopan mungkin mereka akan mengerti. Hal ini sangat penting dilakukan karena hal yang biasa kita anggap sepele, bisa saja sangat berahaya bagi bayi.

By Shofa Afiyah - Bayi Rabu, 22 Februari 2017 11:34:08

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Pemberian Susu Formula

    1 Balasan

    Bayi

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

  • Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari…

  • Bayi Mandi Air Dingin

    1 Balasan

    Bayi

    Halo Bu Bidan, saya mau bertanya, bolehkah bayi mandi dengan air dingin ? Sejak umur berapa bayi boleh dimandikan dengan air dingin ?

  • Bayi Usia 1 Bulan Terkena Pilek

    1 Balasan

    Bayi

    Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan…

  • Frekuensi BAB Pada Bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?


Bayi
Manfaat Berjemur Di Pagi Hari Bagi Bayi

Sinar matahari dipagi hari memiliki…

Bayi
Bayi Sering Terkaget - Kaget Saat Tidur

Bayi Sering Terkaget - Kaget…

Bayi
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dengan Mudah dan Aman

Mengatasi hidung tersumbat pada sang…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top