Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Cara Merawat Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupannya

Saat ini kampanye 1000 hari kehidupan pertama terus digalakkan di Indonesia. Pada usia nol sejak di dalam kandungan hingga dua tahun merupakan periode penting. Periode ini disebut dengan masa keemasan (golden age) bagi anak. Pada masa ini pula pertumbuhan otak pada anak sangat pesat.

Asupana makanan yang tepat untuk anak di usia 1000 hari kelahirannya menjadi periode penting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Maka dari itu, kenali 4 hal penting yang wajib Anda lakukan untuk menjadikan anak Anda cerdas, seperti yang dikutip saat promosi kesehatan dinas kesehatan Kota Depok. Berikut ini cara merawat anak di 1000 hari pertama kehidupannya.

Cara Merawat Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupannya


Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
Ini adalah tahap pertama kali bayi dilahirkan dan sangat penting. Biarkan bayi meraba dan merayap di dada ibu untuk menemukan puting ibu. Beri bayi kesempatan menyusu sendiri segera lahir selama minimal 1 jam.

Beri ASI Eksklusif
Kenapa bayi harus diberi ASI eksklusif? Karena ASI berperan penting dalam tumbuh kembang bayi dan menjaga bayi tetap sehat dan cerdas. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan lebih tangguh terhadap penyakit, daya tahannya jauh lebih bagus. Berikan ASI kepada bayi hingga usianya menginjak 6 bulan.

MP ASI (Makanan Pendamping ASI)
Setelah bayi usia 6 bulan, maka ibu bisa memberikan asupan makanan pendamping ASI, namun tetap berikan ASI pada anak hingga usianya menginjak 2 tahun.

Ajarkan Anak Hidup Bersih

Bagi para orang tua, sebaiknya terapkan hidup sehat pada anak sejak usia dini dengan cara mengajarkannya untuk hidup bersih, apalagi pada saat anak sudah mulai merangkak dan berjalan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pengajaran dengan cara mengajarkan buah hati Anda untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan.

Berikan Asupan Makanan Bergizi
Dalam periode emas ini, sebaiknya Anda sebagai orang tua untuk memberikan asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi, karena hal ini bisa menunjang kecerdasan anak. Selain itu, ajarkan pula anak untuk menyantap makanan dengan gizi seimbang dengan makanan kaya vitamin, mineral dan serat dari buah dan sayuran.

Nah, maka dari itu penting sekali informasi kesehatan ini bagi para ibu muda yang kini sedang merawat buah hati tercintanya. Semoga artikel di curhat bidan ini bisa memberikan pelajaran berharga dan bermanfaat untuk Anda semua, dan terimakasih telah mengunjungi situs kami.

By Ayu Anggraeni - Anak Kamis, 23 Februari 2017 15:48:37

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

    2 Balasan

    Anak

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah.…

  • cara mengatasi alergi dingin

    1 Balasan

    Anak

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa…

  • Tips cara menjemur bayi yang benar

    1 Balasan

    Anak

    Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang…

  • Anak Batuk

    1 Balasan

    Anak

    Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan…

  • Cara mengatasi bau pada kemaluan anak

    1 Balasan

    Anak

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara untuk mengatasi bau pada kelamin anak, anak saya perempuan umur 5 tahun mohon jawabannya


Anak
anak
Anak
Gejala Cacingan Pada Anak-Anak Yang Perlu Diwaspadai

Cacingan dalam istilah sehari-hari adalah…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top