Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Pengaruh Pola Tidur Terhadap Kecerdasan Bayi

Curhat Bidan - Saat menjadi orang tua untuk pertama kalinya banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya kualitas tidur bayi. Bayi yang memiliki kualitas tidur yang baik tumbuh kembangnya akan optimal. Bunda perlu membenuk pola tidur si kecil agar bayi mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika pola tidur bayi sudah teratur, ia tidak akan mudah terbangun serta dapat tidur lebih lama dan lebih nyenyak.


Menurut National Sleep Foundation, bayi baru lahir setidaknya harus tidur 14-17 jam dalam sehari untuk mendukung tumbuh kembangnya dengan baik. Banyak ahli mengungkapkan bahwa tidur bagi bayi sangat berperan dalam perkembangan kecerdasan otaknya. Selain itu, saat bayi tidur tubuhnya akan membentuk hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini erat kaitannya dengan kesehatan fisik si kecil karena berhubungan dengan pertumbuhan tulang, mengatur metabolisme tubuh, memperbarui dan memperbaiki sel-sel tubuh, dan membuat tumbuh kembang otak bayi lebih optimal. Membiasakan bayi anda tidur siang juga sangat baik. Tidur siang dapat memberikan perasaan yang tenang dan dapat memulihkan kembali energi bayi anda sehingga fungsi otak pada bayi dapat bekerja dengan baik.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat tergantung pada pola tidur. Tanpa tidur yang cukup bayi tidak akan tumbuh secara optimal. Karena pada saat inilah terjadi perbaikan sel-sel otak. Bayi akan mudah sakit karena daya tahan tubuhnya menurun. Selain itu, kemampuan berpikir bayi pun akan terhambat. Konsentrasi dan kemampuan motorik bayi pun akan terganggu. Hal ini bisa berpengaruh pada kehidupannya di masa mendatang.

Tips Mengatur Pola Tidur Bayi

Agar bayi memiliki pola tidur yang teratur, ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan, diantaranya :

  • Atur waktu tidur bayi dengan cara melakukan ritual pengantar tidur seperti menyanyikan lagu, membersihkan tubuhnya, atau mengganti pakaiannya. Ajak bayi bermain atau mengobrol jika waktunya untuk terjaga. Dengan ini bayi akan mengetahui kapan waktunya tidur dan terjaga.
  • Jika si kecil sudah cukup lama tidur, bunda diasarankan untuk membangunkannya saat tiba waktunya makan atau menyusui. Idealnya tiap dua jam sekali. Hal ini dilakukan agar bayi dapat terpenuhi nutrisinya dan mendapat waktu istirahat yang cukup.
  • Berikan ASI pada bayi saat menjelang tidur malam. Ini akan membantunya terlelap tidur dan akan terbiasa dengan pola tidur ini.
  • Matikan lampu di malam hari ketika waktunya tidur, agar bayi mengenal perbedaan siang dan malam.

Pola tidur yang baik sangat penting untuk bayi, karena dapat memberikan dampak yang positif terhadap kesehatan mental, emosi, dan sistem kekebalan tubuhnya. Dalam mengatur pola tidur bayi, bunda harus melakukannya secara bertahap dan jangan dipaksakan. Dengan demikian lama-kelamaan  tidur bayi akan semakin teratur. Bayi pun akan bisa tidur dengan sendirinya jika sudah waktunya.

By Shofa Afiyah - Bayi Rabu, 08 Maret 2017 14:02:47

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • bayi usia 2 bulan sudah 4 hari tidak mau pup

    1 Balasan

    Bayi

    bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

  • Mencret dan perut kembung

    0 Balasan

    Bayi

    Selamat malam bu bidan, Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi…

  • Cara mengatasi perut kembung dan mengeras pada bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

  • Penyakit Kuning

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat siang, saya mau bertanya. Biasnya penyakit kuning ini berpengaruh kepada rambut gak dok? Ko anak saya setelah di rawat akibat penyakit kuning rambutnya rontok terusnya, malah setiap hari semakin…

  • Bayi usia 3 bulan belum bisa miring dan tengkurap

    1 Balasan

    Bayi

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring…


Bayi
Pilihan Menu Finger Food untuk Bayi

Sekitar usia 8 atau 9…

Bayi
Faktor Penyebab Mata Bayi Lengket

Bagi Anda yang sedang mencari…

Bayi
Waspada Penyakit Lumpuh Otak Menyerang Bayi

Bunda, Waspada Penyakit Lumpuh Otak…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top