Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tidak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri

Bidan Online -, Tidak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri-, Me time atau waktu untuk sendiri, tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja melainkan bayi juga membutuhkan waktu untuk sendiri dan waktu sendiri untuk bayi berbeda dengan orang dewasa jadi Anda jangan meninggal bayi Anda tanpa pengawasan atau Anda membiarkan bayi Anda menangis.

Pengertian dari istilah me time sendiri adalah memberikan kesempatan pada Anda untuk memanjakan diri dari rutinitas, sedangkan me time pada bayi adalah waktu untuk istirahat.



Pada umumnya saat bayi sedang terjaga, Anda dan keluarga terkadang pernah berhenti mengajaknya bermain dan hal ini cukup baik untuk stimulasi bayi tapi beberapa kali Anda bisa membiarkan bayi Anda untuk merasakan waktunya sendiri tanpa melakukan berbagai macam stimulasi atau reaksi.

Untuk beberapa bayi, mereka juga memerlukan me time meskipun hanya beberapa menit saja dengan tujuan yang berbeda - beda. Meskipun tujuan utamanya untuk membuat istirahat atau menghibur diri sendiri. Tidak jauh berbeda dengan orang dewasa yang membutuhkan waktu sendiri untuk menghilangkan rasa penat atau stress dan begitu juga dengan bayi Anda yang setiap kali Anda ajak bermain dan berceloteh membutuhkan waktu tenang meskipun hanya untuk beberapa menit.

Beberapa tanda bayi membutuhkan me time diantaranya saat Anda ajak bermain atau berceloteh, bayi sering mengalihkan kontak mata dan terkadang disertai dengan gelengan kepala, tangan bayi sering menggeliat atau bahkan sampai menangis.

Tanda - tanda di atas harus didukung oleh kesehatan bayi yang baik dan kondisi lingkungan yang bersahabat seperti tidak kepanasa, kedinginan dan tidak nyaman. Apabila faktornya memang bukan karena masalah kesehatan, cobalah berikan waktu me time untuk bayi kemudian meletakan bayi Anda di atas matras untuk menikmati waktu tenangnya.

Berikut di bawah ini beberapa cara memberikan me time untuk bayi :

  • Anda bisa menemani bayi Anda tapi bukan untuk mengajaknya bermain melainkan hanya mengawasinya saja. Misalnya saat Anda sedang menulis, maka Anda bisa memberikan mainan bayi dan membiarkannya bermain sendiri.
  • Anda tidak perlu terburu - buru mengajak bayi Anda bermain, jika bayi sedang sendiri tidak perlu terburu - buru mengajaknya bermanin. Jangan khawatir bayi Anda sedang menikmati waktu me time nya sendiri dan hal yang harus Anda lakukan yaitu tetap berada di sampingnya dengan melakukan kegiatan Anda.
  • Kurangi kebisingan dan aktifitas, Anda bisa mengurangi suara kegaduhan yang ditimbulkan oleh tv, musik atau lingkungan yang bisa menganggu bayi Anda. Biarkan bayi Anda menikmati waktunya sendiri sehingag dia senang dengan waktunya sendiri dan melakukan kegiatannya sendiri dalam beberapa waktu.
  • Membiarkan bayi menikmati bangun tidurnya, saat bayi Anda bangun tidur dan tidak menangis sebaiknya Anda tidak perlu terburu - buru menggendongnya melainkan Anda bisa membuatnya menjadi lebih tenang.
  • Beberapa aktifitas di atas bisa Anda terapkan untuk memberikan waktu sendiri pada bayi dan masih dalam pengawasan Anda tentunya karena bayi masih membutuhkan pengawasan dari orang dewasa.


Baca Juga :

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 14 Maret 2017 08:57:08

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Cari nama anak

    1 Balasan

    Nama Bayi

    Cari nama anak muslim awalan a

  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…


Bayi
Bayi
Ketahui Cara Perawatan Bayi Baru Lahir

Cara merawat bayi baru lahir…

Bayi
Kapan Makanan Pendamping ASI Mulai diberikan ?

Sebagian bunda mengalami khawatir adanya…

Tanya Bidan
Top