Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Mengenal Penyakit Hernia Pada Bayi

Selamat berkunjung di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah pening yaitu mengenal penyakit hernia pada bayi. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat. Untuk mewujudkan hal itu ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan salah satunya dengan mencegah dan mengobati secara dini.




Penyakit Hernia Pada Bayi

Hernia pada bayi bisa terjadi di dua bagian tubuhnya, hernia pada pusar atau dikenal dengan sebutan umbilikalis dan bagian paha atau hernia inguinalis. Pada bagian tubuh lain seperti sekat rongga dada atau perut, kemungkinan juga bisa ditemukan adanya benjolan tapi tidak bisa terlihat langsung gejalanya yaitu pada bagian hernia pusar dan paha yang berdekatan dengan kantung buah pelir. Penyakit hernia pada bayi dan orang dewasa tentunya memiliki perbedaan sendiri, dimana hernia yang terjadi pada bayi karena tidak tertutupnya lubang ketika di dalam kandungan.

  • Hernia Umbilikalis

Jenis penyakit hernia yang pertama ini terjadi karena adanya perkembangan selama janin berada di dalam kandungan dimana ditemukan celah diantara otot perut yang mengakibatkan tali pusar ke dalam. Normalnya lubang tersebut akan mengalami penutupan secara sempurna tapi dalam sebagian kasus pada bayi, proses penutupan ini tidak terjadi dengan sempurna dan ini yang menjadi salah satu penyebab bayi sering menangis sehingga bagian pusar terlihat seperti membesar.

  • Hernia Lipatan Paha

Biasanya jenis hernia yang satu ini terjadi pada bayi laki - laki karena saluran tempat turun buah pelir terdapat di rongga perut ke kantung pelir tetap terbuka ketika lahir dan ukuran lubangnya cukup besar sehingga usus bayi akan turun mengikuti buah pelir dan terjadilah sebuah benjolan. Hernia yang satu ini sering dikali dianggap hidrokel sehingga membutuhkan bantuan medis untuk memastikannya. Meskipun seperti itu hernia yang terjadi pada lipatan dada sangat jarang terjadi, 30% bayi lahir prematur yang mungkin mengalami kondisi seperti ini.

Hernia pada bayi alangkah baiknya ditangani sedini mungkin sehingga tidak menyebabkan komplikasi yang bisa membahayakan bayi. Kasus penyakit ini juga berbeda - beda ada yang membutuhkan tindakan operasi ada juga yang tidak.

Dengan melakukan pemeriksaan secara medis maka bisa membantu untuk mendapatkan penanganan secara lanjut pada hernia dan bayi. Apabila lubang hernia sudah 1,5 cm maka kemungknan lubang untuk menutup dengan sendirinya sangat kecil sehingga harus dilakukan operasi.

Operasi menjadi salah satu metode yang baik sebagai pengobatan hernia lipatan dada pada bayi, karena resiko terjadinya jepitan jauh lebih besar sehingga dengan melakukan operasi akan mengurangi gangguan komplikasi dan umumnya operasi akan dilakukan hernia menetap sampai usia bayi 3 bulan.

Setelah bayi melakukan operasi, orang tua juga harus tetap memantau kondisi kesehatan bayi untuk mengurangi terjadinya kemungkinan peningkatan dalam perut.

Baca Juga:

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 04 April 2017 08:01:36

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…

  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

    1 Balasan

    Bayi

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas…


Bayi
Kenali Penyakit Diabetes Melitus Menyerang Bayi

Kenali penyakit diabetes melitus menyerang…

Bayi
Bayi
Ketahuilah Bahaya Mencium Bayi Baru Lahir

Mencium bayi yang baru lahir…

Tanya Bidan
Top