Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Mengenal Penyakit Hernia Pada Bayi

Selamat berkunjung di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah pening yaitu mengenal penyakit hernia pada bayi. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat. Untuk mewujudkan hal itu ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan salah satunya dengan mencegah dan mengobati secara dini.




Penyakit Hernia Pada Bayi

Hernia pada bayi bisa terjadi di dua bagian tubuhnya, hernia pada pusar atau dikenal dengan sebutan umbilikalis dan bagian paha atau hernia inguinalis. Pada bagian tubuh lain seperti sekat rongga dada atau perut, kemungkinan juga bisa ditemukan adanya benjolan tapi tidak bisa terlihat langsung gejalanya yaitu pada bagian hernia pusar dan paha yang berdekatan dengan kantung buah pelir. Penyakit hernia pada bayi dan orang dewasa tentunya memiliki perbedaan sendiri, dimana hernia yang terjadi pada bayi karena tidak tertutupnya lubang ketika di dalam kandungan.

  • Hernia Umbilikalis

Jenis penyakit hernia yang pertama ini terjadi karena adanya perkembangan selama janin berada di dalam kandungan dimana ditemukan celah diantara otot perut yang mengakibatkan tali pusar ke dalam. Normalnya lubang tersebut akan mengalami penutupan secara sempurna tapi dalam sebagian kasus pada bayi, proses penutupan ini tidak terjadi dengan sempurna dan ini yang menjadi salah satu penyebab bayi sering menangis sehingga bagian pusar terlihat seperti membesar.

  • Hernia Lipatan Paha

Biasanya jenis hernia yang satu ini terjadi pada bayi laki - laki karena saluran tempat turun buah pelir terdapat di rongga perut ke kantung pelir tetap terbuka ketika lahir dan ukuran lubangnya cukup besar sehingga usus bayi akan turun mengikuti buah pelir dan terjadilah sebuah benjolan. Hernia yang satu ini sering dikali dianggap hidrokel sehingga membutuhkan bantuan medis untuk memastikannya. Meskipun seperti itu hernia yang terjadi pada lipatan dada sangat jarang terjadi, 30% bayi lahir prematur yang mungkin mengalami kondisi seperti ini.

Hernia pada bayi alangkah baiknya ditangani sedini mungkin sehingga tidak menyebabkan komplikasi yang bisa membahayakan bayi. Kasus penyakit ini juga berbeda - beda ada yang membutuhkan tindakan operasi ada juga yang tidak.

Dengan melakukan pemeriksaan secara medis maka bisa membantu untuk mendapatkan penanganan secara lanjut pada hernia dan bayi. Apabila lubang hernia sudah 1,5 cm maka kemungknan lubang untuk menutup dengan sendirinya sangat kecil sehingga harus dilakukan operasi.

Operasi menjadi salah satu metode yang baik sebagai pengobatan hernia lipatan dada pada bayi, karena resiko terjadinya jepitan jauh lebih besar sehingga dengan melakukan operasi akan mengurangi gangguan komplikasi dan umumnya operasi akan dilakukan hernia menetap sampai usia bayi 3 bulan.

Setelah bayi melakukan operasi, orang tua juga harus tetap memantau kondisi kesehatan bayi untuk mengurangi terjadinya kemungkinan peningkatan dalam perut.

Baca Juga:

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 04 April 2017 08:01:36

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Cara mengatasi perut kembung dan mengeras pada bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

  • Penyakit Kuning

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat siang, saya mau bertanya. Biasnya penyakit kuning ini berpengaruh kepada rambut gak dok? Ko anak saya setelah di rawat akibat penyakit kuning rambutnya rontok terusnya, malah setiap hari semakin…

  • Bayi usia 3 bulan belum bisa miring dan tengkurap

    1 Balasan

    Bayi

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring…

  • Pijat Bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

  • Pemberian susu formula pada bayi prematur

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4…


Bayi
Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi pada Bayi

Alergi merupakan salah satu masalah…

Bayi
Normalkah Kaki Bayi Berbentuk Huruf O ?

Kaki bayi yang mungil dan…

Bayi
Bolehkah Bayi Tidur Dalam Posisi Tengkurap ?

Bayi yang tidur dalam posisi…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top