Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Apakah Bercak Putih Pada Lidah Bayi Berbahaya ?

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting mengenai kesehatan bayi yaitu bercak putih yang kerap terjadi pada bayi dan membuat ibu - ibu muda menjadi khawatir akan kondisi kesehatan bayinya. Berikut informasi mengenai Apakah Bercak Putih Pada Lidah Bayi Berbahaya ? Bagi Anda yang bertanya - tanya silahkan untuk meneruskan membaca informasi dari kami.

Apabila bunda sangat mengkhawatirkan kondisi bayi Anda yang memiliki bercak putih di lidah, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab bayi Anda mengalami lidah berwarna putih atau disebut dengan oral thrust. Rongga mulut bayi yang kering dan menyebar menjadi lapisan putih tidak berbahaya tetapi apabila dibiarkan bisa mengganggu proses pemberian ASI. Dan yang menjadi salah satu penyebab bercak putih di lidah bayi adalah infeksi jamur Candida Albicans.




Pada dasarnya infeksi pada lidah bayi ini bisa terjadi karena rongga mulut dan lidah bayi yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu penyebabnya juga bisa diakibatkan oleh peradangan pada bagian payudara ibu yang sedang menyusui, apabila ibu menyusui mengkonsumsi antibiotik setelah selesai melahirkan maka peluang terjadinya bercak putih pada bayi menjadi semakin besar. Dan, penyebab yang terakhir bercak putih pada bayi diakibatkan oleh kurangnya kebersihan baik ibu dan bayi seperti menyediakan botol susu yang kurang bersih atau kurang menjaga kebersihan tangan pada ibu yang sedang menyusui.

Apabila bunda bertanya - tanya apakah bercak putih pada lidah bayi berbahaya ? Maka bunda tidak perlu cemas berlebihan karena dalam beberapa kasus infeksi jamur bisa sembuh dengan sendirinya meskipun harus menunggu dalam waktu yang lebih lama dan bagi Anda yang memiliki masalah lidah bayi terdapat bercak putih maka bisa melakukan cara penanganan seperti di bawah ini :

  • Untuk bayi Anda yang selesai mendapatkan ASI, bersihkan mulutnya dengan menggunakan air hangat dan pastikan suhunya tidak terlalu panas sehingga aman untuk kulit bayi yang masih sensitif. Anda juga bisa menggunakan kasa steril yang sudah dibasahi dengan air hangat lalu membersihkan mulut bayi dengan cara mengusapnya.
  • Jika Anda memberikan bayi Anda empeng maka rajinlah membersihkan empeng. Apabila tidak sering dibersihkan maka bakteri dan jamur yang menempel akan langsung masuk ke dalam mulut bayi. Anda bisa memberihkan empeng bayi dengan merendamkannya ke dalam air panas sebelum memberikannya pada bayi Anda.
  • Sedangkan apabila bayi Anda mendapatkan susu formula maka Anda bisa memberikan susu formula jika berat bayi sudah ideal maka bisa dihentikan di malam hari dan menggantinya dengan air putih tetapi apabila mendapatkan penolakan maka Anda bisa menggantinya dengan membilasnya menggunakan air putih.

Demikian informasi mengenai bercak putih pada lidah bayi, semoga bisa membantu Anda yang mungkin sedang cemas atau mengkhawatirkan kondisi bayi Anda. Serta, bagi Anda yang kesulitan dalam mengatasi lidah bayi yang berwarna putih, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sehingga diberikan obat antijamur untuk bagian mulut bayi yang terkena infeksi.

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 02 Mei 2017 10:53:33

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Cari nama anak

    0 Balasan

    Nama Bayi

    Cari nama anak muslim awalan a

  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…


Bayi
Manfaat Berjemur Di Pagi Hari Bagi Bayi

Sinar matahari dipagi hari memiliki…

Bayi
Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif Dengan Aman

Kulit bayi yang memiliki kulit…

Bayi
Tanya Bidan
Top