Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Normalkah Kaki Bayi Berbentuk Huruf O ?

Curhat Bidan - Pernahkan bunda memperhatikan bentuk kaki bayi bunda ? Kaki bayi yang mungil dan kecil cenderung berbentuk huruf O. Kondisi ini sering menjadi perhatian para orang tua dan terkadang membuat mereka panik. Sebenaranya sangat normal jika kaki bayi berbentuk huruf O. Begitu juga ketika ia berdiri, jari-jari kakinya menghadap ke depan dan kedua mata kaki saling bersentuhan.


Penyebab Kaki Bayi Berbentuk Huruf O

Secara fisiologis kaki bayi pada saat lahir memang berbentuk huruf O. Hal ini dikarenakan pada saat berada dalam rahim ibu, bayi berada dalam posisi meringkuk. Dimana kedua kakinya tertarik sedikit ke atas dengan telapak kaki yang saling berhadapan. Posisi ini merupakan bagian adaptasi janin pada rahim ibu yang sempit agar terasa nyaman, dan posisi ini akan bertahan sampai bayi dilahirkan.

Sesekali bunda harus membiarkan bayi bertelanjang kaki, agar kaki bayi bisa bergerak bebas untuk mendorongnya melenturkan dan meregangkan otot kaki. Sebaiknya bunda juga jangan membiasakan membedong bayi. Jika bayi dibedong terlalu kuat dan dilakukan dalam jangka waktu lama, maka pergerakan kaki bayi menjadi terkekang, sehingga bayi menjadi lebih pasif.

Seiring bertambahnya usia lama kelamaan kaki bayi akan lurus dengan sendirinya pada saat berusia 1-2 tahun. Orang tua biasanya baru menyadari kaki anak bengkok saat mulai belajar berdiri dan berjalan. Pada masa perkembangan ini bunda sebaiknya perhatikan dengan baik perkembangan kaki si kecil. Jika lebih dari 2 tahun kakinya belum lurus, maka bisa jadi mengindikasikan adanya kelainan. Pada beberapa kasus kaki bayi yang berbentuk huruf O bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin D atau kondisi yang disebut dengan penyakit blount (kelainan pertumbuhan tulang), atau bisa juga disebabkan oleh faktor genetik.

Sebaiknya bunda periksakan ke dokter jika setelah usia 2 tahun merasa kaki bayi yang bengkok tidak ada perubahan atau bertambah bengkok. Tes darah bisa dilakukan untuk mendeteksi kekurangan vitamin D dan penyinaran dengan sinar X untuk mendeteksi penyakit blount. Oleh karena itu, sebaiknya bunda memberikan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup terutama vitamin D pada bayi dan rajin memeriksa kondisi bayi. Pengobatan untuk kaki berbentuk huruf O jarang dibutuhkan, tapi pembedahan bisa dilakukan untuk  memperbaiki lengkungan pada kaki. Kebanyakan ahli ortopedi saat ini tidak menyarankan penggunaan alat penunjang kaki (brace) karena bisa menyebabkan masalah pertumbuhan fisik.

Sekian artikel curhat bidan kali ini, semoga bermanfaat.

By Shofa Afiyah - Bayi Rabu, 03 Mei 2017 10:24:28

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada.…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya pada saat lahir sudah ada bayangan giginy dua di bawah, saat usia dua hari bayangan itu semakin jelas dan muncul.. Nah pada saat usia 5 bulan gigi tersebut…

  • Program kehamilan

    1 Balasan

    Bayi

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan

  • Masalah bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan


Bayi
Tips Jitu Supaya Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Merawat bayi memang tidaklah mudah,…

Bayi
Manfaat Madu Untuk Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas

Madu memang sangat bermanfaat karena…

Bayi
Bagian Pemijatan Pada Bayi Yang Benar dan Manfaatnya

Pemijatan pada bayi merupakan salah…

Tanya Bidan
Top