Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Normalkah Kaki Bayi Berbentuk Huruf O ?

Curhat Bidan - Pernahkan bunda memperhatikan bentuk kaki bayi bunda ? Kaki bayi yang mungil dan kecil cenderung berbentuk huruf O. Kondisi ini sering menjadi perhatian para orang tua dan terkadang membuat mereka panik. Sebenaranya sangat normal jika kaki bayi berbentuk huruf O. Begitu juga ketika ia berdiri, jari-jari kakinya menghadap ke depan dan kedua mata kaki saling bersentuhan.


Penyebab Kaki Bayi Berbentuk Huruf O

Secara fisiologis kaki bayi pada saat lahir memang berbentuk huruf O. Hal ini dikarenakan pada saat berada dalam rahim ibu, bayi berada dalam posisi meringkuk. Dimana kedua kakinya tertarik sedikit ke atas dengan telapak kaki yang saling berhadapan. Posisi ini merupakan bagian adaptasi janin pada rahim ibu yang sempit agar terasa nyaman, dan posisi ini akan bertahan sampai bayi dilahirkan.

Sesekali bunda harus membiarkan bayi bertelanjang kaki, agar kaki bayi bisa bergerak bebas untuk mendorongnya melenturkan dan meregangkan otot kaki. Sebaiknya bunda juga jangan membiasakan membedong bayi. Jika bayi dibedong terlalu kuat dan dilakukan dalam jangka waktu lama, maka pergerakan kaki bayi menjadi terkekang, sehingga bayi menjadi lebih pasif.

Seiring bertambahnya usia lama kelamaan kaki bayi akan lurus dengan sendirinya pada saat berusia 1-2 tahun. Orang tua biasanya baru menyadari kaki anak bengkok saat mulai belajar berdiri dan berjalan. Pada masa perkembangan ini bunda sebaiknya perhatikan dengan baik perkembangan kaki si kecil. Jika lebih dari 2 tahun kakinya belum lurus, maka bisa jadi mengindikasikan adanya kelainan. Pada beberapa kasus kaki bayi yang berbentuk huruf O bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin D atau kondisi yang disebut dengan penyakit blount (kelainan pertumbuhan tulang), atau bisa juga disebabkan oleh faktor genetik.

Sebaiknya bunda periksakan ke dokter jika setelah usia 2 tahun merasa kaki bayi yang bengkok tidak ada perubahan atau bertambah bengkok. Tes darah bisa dilakukan untuk mendeteksi kekurangan vitamin D dan penyinaran dengan sinar X untuk mendeteksi penyakit blount. Oleh karena itu, sebaiknya bunda memberikan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup terutama vitamin D pada bayi dan rajin memeriksa kondisi bayi. Pengobatan untuk kaki berbentuk huruf O jarang dibutuhkan, tapi pembedahan bisa dilakukan untuk  memperbaiki lengkungan pada kaki. Kebanyakan ahli ortopedi saat ini tidak menyarankan penggunaan alat penunjang kaki (brace) karena bisa menyebabkan masalah pertumbuhan fisik.

Sekian artikel curhat bidan kali ini, semoga bermanfaat.

By - Bayi Rabu, 03 Mei 2017 10:24:28

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Cari nama anak

    0 Balasan

    Nama Bayi

    Cari nama anak muslim awalan a

  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…


Bayi
Mengenal Penyakit Hernia Pada Bayi

Setiap orang tua pasti menginginkan…

Bayi
Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi Dengan Tepat

Tidak semua ibu mampu memproduksi…

Bayi
Pilihan Menu Finger Food untuk Bayi

Sekitar usia 8 atau 9…

Tanya Bidan
Top