Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Manfaat Penyangga Perut Atau Maternity Belt Untuk Ibu Hamil

Manfaat Penyangga Perut Atau Maternity Belt Untuk Ibu Hamil - Bidan Online,- Selama masa kehamilan tidak hanya nutrisi makanan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil nyatanya ada berbagai perlengkapan kehamilan yang wajib anda miliki. Memasuki usia kehamilan trimester kedua dan ketiga tentunya ukuran perut ibu hamil semakin membesar dan salah satu perlengkapan ibu hamil yang wajib di miliki yaitu penyangga perut atau lebih dikenal dengan maternity belt. Maternity belt ini merupakan sabuk perut bagi ibu hamil yang di desain secara khusus. Fungsi utama dari maternity belt ini yaitu untuk membantu menyangga perut ibu hamil saat memasusi trimester kedua dan ketiga. Lalu apa lagi manfaat penyangga perut untuk ibu hamil ini simak ulasan berikut ini.


Penyangga perut ibu hamil banyak digunakan karena memberikan rasa nyaman saat hamil. Terlebih lagi dengan beban perut yang semakin berat maka penyangga perut ini sangat di butuhkan. Penyangga perut yang digunakan ibu hamil saat memasuki trimester kedua dan ketiga ini dapat membantu memberikan kenyamanan dalam beraktifitas sehari-hari terlebih lagi mengurangi rasa sakit pada punggung, panggul, dan pinggul.

Penyangga perut ibu hamil memang memberikan manfaat bagi ibu hamil. Namun juga ingat penyangga perut ini tidak disarankan untuk digunakan setiap saat hanya sesekali saja. Para ibu hamil dapat menggunakan penyangga perut saat bepergian jauh menggunakan kendaraan ataupun saat melakukan kegiatan yang cukup padat. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat penyangga perut atau maternity belt bagi ibu hamil:

  • Membantu punggung dan panggul ibu hamil terbebas dari rasa pegal dan nyeri karena beban tubuh tidak sepenuhna tertunpu pada pinggang dan panggul
  • Menjaga postur tubuh ibu hamil agar tidak menjadi bungkuk
  • Menjaga posisi kepala janin di dalam kandungan agar tetap di bagian bawah perut
  • Membuat ibu hamil merasa nyaman saat beraktifitas

Penyangga perut untuk ibu hamil nyatanya memiliki jenis yang berbeda-beda tentunya itu disesuiakan dengan usia kehamilan. Berikut ini beberapa jenis penyangga perut ibu hamil:

  • Belly Belt merupakan penyangga perut ibu hamil yang sangat cocok digunakan pada saat usia kehamilan memasuki trimester pertama.
  • Maternity Belt merupakan penyangga perut ibu hamil yang sangat cocok di gunakan saat memasuki trimester kedua. Bentuknya menyerupai ikat pinggang dengan bantalan di bagian depan. Dibuat menggunakan bahan yang elasrtis sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran perut yang semakin membesar.
  • Prenatal cradle merupakan penyangga perut yang sangat cocok digunakan ibu hamil trimester kedua dan ketiga. Namun desainnya memang berbeda dengan penyangga belly belt dan Maternity Belt bentuknya tidak seperti ikat pinggang namun dibuat seperti celana.
  • Support Harness merupakan penyangga perut yang di desain tidak hanya dapat menyangga perut saja namun juga pinggul dan panggul. Dan tentunya jenis ini lebih banyak di minati ibu hamil karena memberikan rasa nyaman.

Penyangga perut akan sangat membantu bagi ibu hamil dengan kondisi seperti saat hamil kembar, ibu hamil yang sering nyeri punggung, ibu hamil yang sering mengalami rasa sakit di bagian tulang belakang yang menyebabkan kram hingga kesemutan, juga ibu hamil yang aktif bekerja pada trimester kedua dan ketiga.  Adapun beberapa hal yang harus di perhatikan ibu hamil. Dalam memilih penyangga perut ibu hamil tentunya tidak boleh sembarangan, berikut ini beberapa tips memilih dan menggunakan penyangga perut ibu hamil yang benar.

  • Pilihlah penyangga perut dengan bahan yang elastis, menyerap keringat, juga tidak membuat panas
  • Tidak di sarankan untuk menggunakan penyangga perut setiap saat karena dapat berakibat pada otot perut
  • Hanya gunakan penyangga perut saat ibu hamil merasa pegal, nyeri, saat terasa lelah, juga saat bepergian jauh

Itulah beberapa manfaat sabuk pengaman bagi ibu hamil, tentunya dengan mengetahui lebih jauh mengenai maternity belt dapat membantu para ibu hamil merasa nyaman apalagi memasuki usia kehamilan yang semakin tua.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Cara Mencegah Stretch Mark Dan Selulit Saat Hamil
Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil
Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar
Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin

By Fitriani - Ibu Hamil Jum'at, 12 Mei 2017 11:44:48

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Pemeriksaan kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Malam bu,bulan kemarin saya melakukan pemeriksaan usg dan diketahui usia kandungan sy sudah 10minggu.hari ini jadwal saya melakukan pemeriksaan lagi di usia kehamilan 14minggu.yg ingin sy tanyakan apakah harus melakukan…

  • paha ngilu saat hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun…

  • Makan semangka

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

  • pre-eklampsia

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

  • Sesak napas dan cepat lelah saat hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil 17 minggu. Akhir-akhir saya sering sekali merasa sesak napas dan cepat lelah. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah hal…


Ibu Hamil
Ibu Hamil
Tips Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat Dan Selamat

Menjadi impian setiap ibu hamil…

Ibu Hamil
Tanya Bidan
Top