Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Deteksi Kesehatan Bayi Melalui Ukuran Lingkar Kepala

Selamat di Bidan Online pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu Deteksi Kesehatan Bayi Melalui Ukuran Lingkar Kepala. Pada umumnya setelah beberapa menit setelah kelahiran bayi, dokter akan melakukan pemeriksaan organ tubuh bayi, seperti pemeriksaan jumlah jari tangan dan kaki termasuk ukuran lingkar kepala bayi yang baru lahir. Kepala bayi yang baru saja lahir bisa dipengaruhi oleh proses persalinan, namun meskipun demikian Anda tidak perlu cemas dan khawatir karena hal ini bersifat sementara.

Biasanya lingkar kepala bayi yang baru saja lahir yaitu 35cm dan berbentuk lonjong, meskipun perbedaan proses persalinan bisa membedakan bentuk kepala bayi Anda saat dilahirkan dan pada bayi yang alhir secra normal seringkali memiliki bentuk yang lebih lonjong dari bayi yang dilahirkan melalui proses caesar.



Mungkin sampai sekarang masih banyak orang yang belum mengenai bahwa lingkar kepala bisa mendeteksi kesehatan bayi. Seringkali aktifitas pemeriksaan pertumbuhan lingkar kepala dan kondisi ubun - ubun diabaikan oleh beberapa orang tua. Padahal sebaiknya saat anak Anda mendapatkan pemeriksaan berat dan tinggi badan baik di posyandu atau saat mendapatkan imunisasi sebaiknya lakukan pengukuran lingkar kepala bayi secara rutin untuk mengetahui perkembangan otak anak Anda.

Untuk mengamati kembang tumbuh anak sebaiknya lakukan sejak dini dan salah satunya untuk menghindari gangguan yang bisa dideteksi dari ukuran kepala anak di bawah usia 3 tahun. Sehingga pemeriksaan tidak hanya dilakukan untuk mengetahui berat badan dan tinggi badan anak saja.

Melakukan pengukuran lingkar kepala maka Anda bisa mengetahui gangguan perkembangan otak atau kesehatan lainnya dan dengan mengetahui sejak dini maka lebih mudah untuk mendapatkan pengobatan. Jadi pengukuran lingkar kepala merupakan pemeriksaan yang sama pentingnya dengan pemeriksaan yang lain.

Sebagian orang ada yang mengkaitkan ukuran lingkar kepala dan kecerdasan si anak padahal faktanya kedua hal tersebut tidak berkaitan sama sekali. Umumnya volume otak bayi yang baru lahir yaitu 350 gram dan volume otak bayi ini bisa dipengaruhi oleh diameter kepala bayi meskipun Anda harus ingat bahwa kecerdasan otak dan ukuran lingkar kepala tidak ada kaitannya.

Setiap bayi memiliki ukuran lingkar kepala yang berbeda dan biasanya para medis akan menentukan batas normal untuk bayi dengan mengukur lingkar kepala menggunakan skala Nellhaus. Ukuran lingkar kepala bayi yang normal yaitu 30-37 cm dan ukuran ini akan semakin bertambah pada pertumbuhan usia 0-3 bulan yaitu sampai 2 cm sedangkan pada usia 4-6 bulan biasanya akan mengalami pertumbuhan 1 cm perbulan. Selanjutkan di usia 6-12 bulan mengalami pertumbuhan 0,5 cm setiap bulannya dan terakhir usia anak balita hanya bertambah 50 cm sedangkan di usia 12 tahun ke atas ukurannya akan menetap.

Mendeteksi kesehatan dengan melalui lingkar kepala menggunakan skala Nellhaus dibedakan menjadi dua yaitu makrosefali dan mikrosefali. Pada kasus maikrosefali ukuran lingkar kepala akan lebih kecil dibandingkan dengan standar deviasai dari ukuran normal dan sedangkan apabila bayi mengalami kondisi dimana ukuran kepala bayi lebih besar dibandingkan dengan normalnya maka dinamakan makrosefali.

Walaupun pada kasus makrosefali sangat kecil pertumbuhan lingkar kepalanya tetapi ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan dengan cermat serta minta bantuan ahli medis untuk mengetahui lebih tepat penanganan apabila diperlukan.

Dengan demikian informasi mengenai mendeteksi kesehatan bayi melalui lingkar kepala semoga penjelasan dari kami bisa bermanfaat dan menjadi referensi yang baik untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di webiste kami.

Artikel Lainnya :


By Euis Lisnawati - Bayi Rabu, 24 Mei 2017 08:24:24

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

    0 Balasan

    Bayi

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas…

  • Asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • Botol asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada.…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya pada saat lahir sudah ada bayangan giginy dua di bawah, saat usia dua hari bayangan itu semakin jelas dan muncul.. Nah pada saat usia 5 bulan gigi tersebut…


Bayi
Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif Dengan Aman

Kulit bayi yang memiliki kulit…

Bayi
Bayi
Kenali Penyakit Diabetes Melitus Menyerang Bayi

Kenali penyakit diabetes melitus menyerang…

Tanya Bidan
Top