×

Bunda, Kenali Ciri Lapar Palsu Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Bunda, Kenali Ciri Lapar Palsu Pada Bayi -, Bidan Online -, Pada usia bayi yang sudah 6 bulan maka pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sangat disarankan karena di samping pencernaan bayi yang sudah sempurna juga mengajarkan bayi secara bertahap untuk mengenal tekstur dan rasa yang berbeda dari variasi makanan. Makanan pendamping ini bisa Bunda buat sendiri di rumah dengan menu makanan berbeda pada bayi. Sangat disarankan untuk mengolah makanan tanpa menggunakan bahan kimia agar menjaga makanan pilihan makanan menu makanan bayi.

Pemberian MPASI tidak selamanya akan berjalan lancar karena seringkali makanan yang sudah Anda olah jutru malah ditolak oleh sang bayi. Namun jika sang bayi sering menolak makanan pendamping asi kemungkinan bayi Anda mengalami lapar palsu.

Taukah Anda terkadang bayi sering memberikan ciri lapar palsu atau haus palsu dan hal ini akan mengira ibu bawa bayi membutuhkan ASI bahkan di malam hari saat bayi terlihat lapar membuat ibu menyusui meluangkan waktunya untuk memenuhi kebutuhan bayi. Padahal kemungkinan bayi Anda sedang mengalami lapar palsu.

Related Posts :

    Lapar palsu yang sering terjadi pada bayi juga kerap membuat banyak ibu khawati jika ASI tidak bisa mencukupi kebutuhan bayi dan seringkali ibu memberikan susu formula karena ibu hamil akan menyebabkan bayi kurang mendapatkan makanan karena seringkali bayi terlihat seperti lapar.

    Berikut di bawah ini beberapa ciri lapar palsu pada bayi yang harus Anda perhatikan :

    • Terburu – buru minum susu sehingga anak Anda tidak sabar saat mendapatkan ASI yang sebenarnya bahwa bayi Anda tidak sedang mengalami lapar atau haus sehingga tidak perlu mengkhawatirkan bahwa ASI Anda tidak akan mencukupi kebutuhan bayi.
    • Sering menete kurang lebih 1,5 jam dan membuat Anda terjaga serta mengira bahwa bayi Anda sedang mengalami lapar atau haus. Anda juga berulang kali menawarkan untuk mendapatkan ASI padahal rentan waktu yang tidak berselang lama dari proses menyusui akhir ke menyusui selanjutnya.
    • Terkadang bayi sering melakukan kebiasaan ngepeng ke payudara dan padahal bayi tidak mengisap ASI tapi sulit untuk melepaskan ASI padahal bayi Anda tidak menyusui. Hal seperti ini menjadi salah satu ciri bahwa bayi Anda sedang mengalami lapar atau haus palsu.
    • Dan yang terakhir ciri bayi yang mengalami lapar palsu yaitu menunjukan gerakan tubuh yang tidak berhubungan langsung dengan rasa lapar dan beberapa tanda yang bukan menjadi ciri bayi lapar atau haus diantaranya sering menjulurkan lidah, refleks mengisap, bayi memasukan jari ke mulutnya dan terakadang Anda mengecap mulu bayi. Kondisi ini menjadi gejala bahwa bayi Anda tidak sedang kelaparan.

    Demikian pembahasan mengenai kenali lapar palsu pada bayi yang harus Anda ketahui untuk mengurangi rasa khawatir bahwa ASI yang Anda berikan pada bayi Anda tidak akan cukup.

    Artikel Lainnya :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 20, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    membangkitkan nafsu makan ibu hamil muda

  • Oleh : erin dianawati
  • 7 tahun, 1 bulan yang lalu

    bu bidan, saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangkitkan nafsu makan pada ibu hamil muda,

    Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    hamil 1 bulan

  • Oleh : Chiika Jocom
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    dok saya mau tanya bulan lalu juni tanggal 13 saya berhubungan dan sempat turun haid tanggal 20an dan bulan juli ini saya tidak haid sudah di taspack hasil nya positif, apakah saya hamil karena berhubungan tanggal 13 bulan juni atau ?

  • Oleh : Chiika Jocom
  • Insomnia Akut

  • Oleh : Alfiyah
  • 7 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

  • Oleh : Alfiyah
  • Kehamilan

  • Oleh : ANGGUN
  • 6 tahun yang lalu

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

    Tanya Bidan