Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Bunda, Kenali Ciri Lapar Palsu Pada Bayi

Bunda, Kenali Ciri Lapar Palsu Pada Bayi -, Bidan Online -, Pada usia bayi yang sudah 6 bulan maka pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sangat disarankan karena di samping pencernaan bayi yang sudah sempurna juga mengajarkan bayi secara bertahap untuk mengenal tekstur dan rasa yang berbeda dari variasi makanan. Makanan pendamping ini bisa Bunda buat sendiri di rumah dengan menu makanan berbeda pada bayi. Sangat disarankan untuk mengolah makanan tanpa menggunakan bahan kimia agar menjaga makanan pilihan makanan menu makanan bayi.



Pemberian MPASI tidak selamanya akan berjalan lancar karena seringkali makanan yang sudah Anda olah jutru malah ditolak oleh sang bayi. Namun jika sang bayi sering menolak makanan pendamping asi kemungkinan bayi Anda mengalami lapar palsu.

Taukah Anda terkadang bayi sering memberikan ciri lapar palsu atau haus palsu dan hal ini akan mengira ibu bawa bayi membutuhkan ASI bahkan di malam hari saat bayi terlihat lapar membuat ibu menyusui meluangkan waktunya untuk memenuhi kebutuhan bayi. Padahal kemungkinan bayi Anda sedang mengalami lapar palsu.

Lapar palsu yang sering terjadi pada bayi juga kerap membuat banyak ibu khawati jika ASI tidak bisa mencukupi kebutuhan bayi dan seringkali ibu memberikan susu formula karena ibu hamil akan menyebabkan bayi kurang mendapatkan makanan karena seringkali bayi terlihat seperti lapar.

Berikut di bawah ini beberapa ciri lapar palsu pada bayi yang harus Anda perhatikan :

  • Terburu - buru minum susu sehingga anak Anda tidak sabar saat mendapatkan ASI yang sebenarnya bahwa bayi Anda tidak sedang mengalami lapar atau haus sehingga tidak perlu mengkhawatirkan bahwa ASI Anda tidak akan mencukupi kebutuhan bayi.
  • Sering menete kurang lebih 1,5 jam dan membuat Anda terjaga serta mengira bahwa bayi Anda sedang mengalami lapar atau haus. Anda juga berulang kali menawarkan untuk mendapatkan ASI padahal rentan waktu yang tidak berselang lama dari proses menyusui akhir ke menyusui selanjutnya.
  • Terkadang bayi sering melakukan kebiasaan ngepeng ke payudara dan padahal bayi tidak mengisap ASI tapi sulit untuk melepaskan ASI padahal bayi Anda tidak menyusui. Hal seperti ini menjadi salah satu ciri bahwa bayi Anda sedang mengalami lapar atau haus palsu.
  • Dan yang terakhir ciri bayi yang mengalami lapar palsu yaitu menunjukan gerakan tubuh yang tidak berhubungan langsung dengan rasa lapar dan beberapa tanda yang bukan menjadi ciri bayi lapar atau haus diantaranya sering menjulurkan lidah, refleks mengisap, bayi memasukan jari ke mulutnya dan terakadang Anda mengecap mulu bayi. Kondisi ini menjadi gejala bahwa bayi Anda tidak sedang kelaparan.

Demikian pembahasan mengenai kenali lapar palsu pada bayi yang harus Anda ketahui untuk mengurangi rasa khawatir bahwa ASI yang Anda berikan pada bayi Anda tidak akan cukup.

Artikel Lainnya :

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 20 Juni 2017 09:43:08

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • tumbuh gigi saat lahir

    0 Balasan

    Bayi

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada.…

  • bayi usia 2 bulan sudah 4 hari tidak mau pup

    1 Balasan

    Bayi

    bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

  • Mencret dan perut kembung

    0 Balasan

    Bayi

    Selamat malam bu bidan, Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi…

  • Cara mengatasi perut kembung dan mengeras pada bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

  • Penyakit Kuning

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat siang, saya mau bertanya. Biasnya penyakit kuning ini berpengaruh kepada rambut gak dok? Ko anak saya setelah di rawat akibat penyakit kuning rambutnya rontok terusnya, malah setiap hari semakin…


Bayi
Inilah Cara Bedong Bayi yang Aman

Hal yang harus diperhatikan dalam…

Bayi
Ketahui 9 Manfaat ASI Untuk Bayi Baru Lahir

ASI merupakan makanan utama bayi…

Bayi
Pilihan Menu Finger Food untuk Bayi

Sekitar usia 8 atau 9…

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top