Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Makanan Sehat Ibu Hamil Supaya Otak Janin Tumbuh Baik

Bidan Sehat - Nutrisi pada saat hamil di trisemester pertama tentu harus dipastikan baik dan mencukup kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Seperti halnya menurut Michael K Georgieff, MD dari  University of Minnestoa, nutrisi dan juga pertumbuhan otak janin berpengaruh sekali.



Dikutip dalam tulisan yang diterbitkan oleh The American Journal of Nutrition, masalah pada otak janin rentan terjadi pada saat ibu hamik muda. Dan asupan nutrisi yang buruk ini bisa mengakibatkan masalah padaa otak janin, seperti diantaranya pada pusat memori, visual, sampai dengan pendengarannya.
Makanan Sehat Ibu Hamil Supaya Otak Janin Tumbuh Baik

Kemudian jenis makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil muda ?  Seperti yang diungkapkan oleh Harvard Medical School dengan semakin banyaknya ibu hamil makan ikan, maka semakin tinggi pula skor bayinya nanti dalam tes pekembangan mental.

Dilanjutkan oleh Lisa Eliot, PhD, asisten profesor di University of Medicine and Science Chicago, yang mana mengungkapkan bahwa omega 3 dari ikan ini bisa mempengaruhi perkembangan sel otak dan juga janin. Namun sayangnya, hampir semua jenis ikan laut yang mana dijadikan komoditi telah mempunyai  kandungan merkuri. Jadi alangkah baiknya selang seling untuk jadwal makan menu ikan dengan menu protein dan juga omega 3 dari sumber makanan lainnya.

Kandungan zat besi juga menjadi salah satu nutrisi yang mana kreap tidak tercukupi akan kebutuhannya.  Bahkan sebelum hamil, ibu kemungkinan sudah kurang dalam mendapatkan asupan zat besi. Padahal zat besi ini akan sangat membantu anda dalam sirkulasi oksigen kedalam janin. Janin yang kurang oksigen maka akan mengalami pertumbuhan otak yang buruk.

Untuk asupan zat besi bisa untuk kita dapatkan dari daging sapi, ayam, dan juga kacang kacangan. Tak hanya dengan jenis makanan yang perlu untuk diperhatikan, porsi makan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh ibu.

Pada saat hamil, maka ibu memerlukan kenaiakan berat badan, supaya berat badan tidak berlebihan. Dan ternyata ada hubungan yang erat mengenai berat badan dengan IQ anak. Akibat adanya kenaikan berat badan yang berlebihan, Ibu jadi rentan dalam mengalami masalah kehamilan dan ini termasuk dalam kelahiran prematur dan preeklamsia.

Kelahiran yang premature memang akan beresiko pada gangguan mental anak. Saat lahir lebih awal, maka artinya ada bayi yang masih mengalami kekurangan nutrisi. Dan hal ini menyebabkan adanya masalah dan resiko yang bisa menghadang bayi, hal ini termasuk jug dalam infeksi disetelah kelahirannya.

By Nita Tri Mustika - Ibu Hamil Sabtu, 08 Juli 2017 08:43:45

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Ibu Hamil
Tips Membedakan Kontraksi Palsu atau Melahirkan Bagi Ibu Hamil

Kontraksi sering kadang kala terjadi…

Ibu Hamil
Ibu Hamil
Tips Cara Mengejan yang Baik Saat Proses Melahirkan

Melahirkan secara normal memerlukan tenaga…

Tanya Bidan
Top