Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Ketahui Pola Tidur Pada Bayi Baru Lahir

www.curhatbidan - Setelah masuk pada periode awal sehabis melakukan persalinan, maka pada sebian bayi yang akan tidur cukup lama pada hari-hari pertamanya. Bayi yang hanya bangun sebentar bahkan akan kurang menarik untuk menyusu, sedangkan pada bayi lainnya malah sebaliknya, akan bangun, rewel dan juga harus disusui. Dari kedua tipe tersebut memang termasuk nornmal. Pada siklus tidur bayi sangat berhubungan dengan berapa sering ia menyusu. Setelah menyesuaikan pada lingkungan baru maka bayi akan tidur sekitar 12 sampai 20 jam sehari. Pada awal periode tidurnya memang sangat singkat namun sering.


Aktivitas tidur pada bayi ternyata tidak hanya sekedar untuk mendapatkan waktu istirahat saja seperti layaknya yang dilakukan oleh orang dewasa. Tetapi melakukan banyak tidur, sang bayi juga akan mendapatkan pertumbuhan dan juga perkembangan yang maksimal. Ketika bayi tertidur, baik pada siang hari atau malam hari, maka didalam tubuhnya akan terjadi sekresi hormon pertumbuhan yang dapat memungkinkan sang bayi akan bertumbuh kembang dengan sehat. Selain itu juga, pada perkembangan fisik secara umumnya, waktu tidur dapat mempengaruhi pada perkembangan otak dan sistem saraf pusat bayi.

Menurut pakar kesehatan menunjukkan bahwa apabila bayi yang setidaknya tidur dua kali dalam sehari maka akan mengalami perkembangan otak jauh lebih baik serta lebih cepat untuk sehat. Karena itu dengan banyak tidur pada bayi maka bisa menjadi cerdas dalam menyerap berbagai informasi yang akan dibutukan. Bayi yang mendapatkan waktu tidur yang cukup banyak maka akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk aktifitas hariannya.

Selain pada perkembangan fisiknya, sang bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak untuk membuat suasana hatinya menjadi lebih baik. Sehingga sang bayi akan cenderung lebih sehat dan orang tua menjadi lebih tenang.

Tahapan Tidur Pada Bayi

  • Tidur Nyenyak / Dalam

Pada tahapan tidur ini sang bayi akan merasakan ketenangan dan rileks, pernapasannya berirama, atau terkadang berkedut namun jarang terbangun. Sang bayi akan terbangun hanya sebentar saja dan kemudian akan tertidur kembali.

  • Tidur Ringan

Pada kondisi ini merupakan keadaan yang paking umum terjadi pada bayi baru lahir. Mata bayi akan tertutup namun bergerak dibalik kelopak matanya. Pada tahap tersebut bayi akan bergerak, mengisap, atau tersenyum. Pada pernapasannya juga tidak teratur, bayi akan memberikan respons terhadap suara atau rangsangan.

Tahapan Bangun

  • Bangun Tenang

Pada tahap ini biasanya akan mendahului pada periode tidur panjang. Bayi akan bernapas secara teratur dan juga atentif untuk memusatkan perhatian pada apa yang ia dengar dan lihat.

  • Bangun Aktif

Pada tahap ini, rasa lapar, lelah, atau suara dapat mempengaruhi pada sang bayi. Ia tidak akan merasakan gelisah. Pada matanya yang terlihat terbuka namun tidak tampak jernih dan juga seatentif seperti pada tahap bangun tenang. Ketika sang bayi bangun pada tahap aktif maka waktunya untuk menenangkannya.

By Lia Amalia - Bayi Jum'at, 14 Juli 2017 13:55:43

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…

  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

    1 Balasan

    Bayi

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas…


Bayi
Ketahuilah Bahaya Mencium Bayi Baru Lahir

Mencium bayi yang baru lahir…

Bayi
Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi Dengan Tepat

Tidak semua ibu mampu memproduksi…

Bayi
Besarnya Manfaat Inisiasi Menyusu Dini

Proses naluriah bayi dalam mencari…

Tanya Bidan
Top