Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

3 Tips Aman Menambah Berat Badan Si Kecil

Selamat datang di website Bidan Online, situs kesehatan yang mengupas segala bentuk jenis masalah kesehatan dan referensi mengenai kesehatan bayi yang bermanfaat dan penting untuk Anda simak. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai 3 Tips Aman Menambah Berat Badan Si Kecil. Berikut di bawah ini penjelasan selengkapnya.

Setiap bayi yang lahir kedunia ini pastinya memiliki berat badan yang berbeda, meskipun rata - rata berat badan bayi baru lahir yaitu antara 2500 - 4500 gram. Salah satu faktor yang ikut serta menentukan berat badan bayi adalah Genetik (faktor keturunan), kesehatan ibu saat mengandung si kecil dalam janin dan nutrisi yang diberikan oleh ibu. Pada dasarnya berat badan bayi terdaftar dalam grafik dan bisa menjadi panduan ibu yaitu Kartu Menuju Kesehatan atau KMS dan dengan adanya grafik yang bisa membantu Anda sebagai acuan berat badan bayi. Normalnya berat badan bayi akan meningkat pada bulan ke 4 dari saat bayi Anda lahir.




Namun, Anda tidak bisa hanya melihat dari berat badan saja melainkan juga harus memperhatikan tinggi atau panjang bayi dan lingkar kepala untuk mengetahui ukuran tengkorak dan otak bayi dalam pertumbuhan yang normal sehingga dokter bisa medeteksi dini pertumbuhan abnormal pada bayi.

Jadi Anda tidak bisa langsung mengatakan  bahwa bayi Anda mengalami masalah dengan berat badannya karena tidak cukup hanya memperhatikan berat badan saja tapi harus dengan faktor lainnya. Jika hasilnya ditemukan bahwa berat badan bayi menunjukan kategori kurus maka Anda harus segera mencari tahu apa penyebabnya.

Faktor Penyebab Bayi Kurus

Ada beberapa hal yang bisa memicu bayi lahir dengan berat badan tidak normal baik kurang atau lebih. Berikut di bawah ini faktor penyebab bayi kurus :

  • Ketidakseimbangan nutrisi yang diberikan pada bayi, peranan ibu sangat besar untuk menentukan asupan nutrisi yang sesuai untuk kebutuhan gizi bayi Anda dan sangat disarankan agar cermat saat memberikan MPASI.
  • Bayi yang sudah memasuki masa pertumbuhan tinggi badan sehingag gerak adan aktifitas yang aktif dilakukan oleh si kecil berusia lebih dari 6 tahun juga bisa menyebabkan terjadinya penurunan berat badan dan hal ini bisa dikatakan normal.
  • Mengalami masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan atau penyerapan makanan, diare sehingga menurunkan nafsu makannya dan mempengaruhi berat bayi.
  • Namun jika peningkatan berat badan bayi Anda tergolong cukup lamban mengalami kenaikan maka berikut di bawah ini cara alami untuk membantu meningkatkan berat badan bayi Anda.

3 Tips Aman Menambah Berat Badan Si Kecil

Berikan Asupan Asi Berkualitas

Untuk meningkatkan berat badan pada bayi yang berusia di bawah usia 6 bulan maka pemberikan asi berkualitas sangat disarankan. Asi berkualitas didapat dari asupan makanan ibu menyusui, lengkapi dengan nutrisi harian dan sebaiknya hindari stres.

Jadwal Pemberikan ASI

Pada umumnya usia bayi yang mulai memasuki MPASI atau 6 bulan ke atas akan mengurangi minum ASI dan hal ini masih dikatakan wajar karena asupan nutrisi lain sudah didapatkan dari MPASI. Maka dari itu, agar bayi tetap mendapatkan nutrisi dari ASI, Anda bisa menjadwalkan pemberian MPASI sebanyak 2-3 kali sehari dalam porsi yang sesuai untuk bayi Anda. Hal terpenting dalam memberikan MPASI untuk si kecil yaitu memperhatikan gizi dan nutrisi, terutama kalori Anda bisa menambahkan minyak sayur atau keju ke dalam MPASI agar makanan lebih menarik atau variatif dan disenangi oleh bayi.

Komposisi MPASI Yang Benar

Jika Anda ingin meningkatkan berat badan bayi maka sebaiknya perhatikan jenis bahan MPASI untuk bayi Anda. Membuat MPASI dengan komposisi karbohidrat dan laut serta sayur yang sebanding atau 50:50 sehingga Anda juga bisa memberikan cemilan sehat dua kali sehari menjelang siang dan sore hari.

Demikian informasi mengenai 3 Tips Aman Menambah Berat Badan Si Kecil semoga penjelasan dari kami bermanfaat serta menjadi referensi untuk Anda yang sedang mencari cara menambah berat badan si kecil dengan aman.

Baca Juga :

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 18 Juli 2017 13:11:33

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • Botol asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada.…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya pada saat lahir sudah ada bayangan giginy dua di bawah, saat usia dua hari bayangan itu semakin jelas dan muncul.. Nah pada saat usia 5 bulan gigi tersebut…

  • Program kehamilan

    1 Balasan

    Bayi

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan


Bayi
Mengenal Kelainan Galaktosemia Pada Bayi

Dengan mengenal kelaianan galatosemia pada…

Bayi
Tips Jitu Supaya Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Merawat bayi memang tidaklah mudah,…

Tanya Bidan
Top