×

Kenali Ciri-ciri Hamil Diluar Kandungan Sedini Mungkin

Bagikan Artikel :

Kenali Ciri-ciri Hamil Diluar Kandungan Sedini MungkinBidan Online,- Untuk pasangan yang sudah menikah tentunya mempunyai momongan menjadi hal yang sangat diharapkan dan membahagiakan. Namun ada kalanya apa yang direncanakan tak sesuai harapan, tidak sedikit wanita yang mengalami kehamilan diluar kandungan. Pada dasarnya kehamilan normal terjadi di saluran telur yang kemudian berjalan hingga ke rahim, namun pada kasus hamil diluar kandungan pembuahan tidak sampai ke rahim malah diam di saluran telur. Tentunya hal tersebut dapat berbahaya bagi ibu hamil jika tidak mendapatkan penanganan khusus. Maka dari itu sangat penting sekali mengetahui ciri-ciri hamil diluar kandungan sedini mungkin untuk mencegah berbagai komplikasi muncul.

Kenali Ciri-ciri Hamil Diluar Kandungan Sedini Mungkin – Bidan Online,- Untuk pasangan yang sudah menikah tentunya mempunyai momongan menjadi hal yang sangat diharapkan dan membahagiakan. Namun ada kalanya apa yang direncanakan tak sesuai harapan, tidak sedikit wanita yang mengalami kehamilan diluar kandungan. Pada dasarnya kehamilan normal terjadi di saluran telur yang kemudian berjalan hingga ke rahim, namun pada kasus hamil diluar kandungan pembuahan tidak sampai ke rahim malah diam di saluran telur. Tentunya hal tersebut dapat berbahaya bagi ibu hamil jika tidak mendapatkan penanganan khusus. Maka dari itu sangat penting sekali mengetahui ciri-ciri hamil diluar kandungan sedini mungkin untuk mencegah berbagai komplikasi muncul.

Dalam sitilah medis kehamilan diluar kandungan disebut juga dengan kehamilan ektopik. Yang merupakan kehamilan yang terjadi saat sudah terjadi ovulasi namun berkembang dan menempel di luar rahim. Diketahui kasus kehamilan ektopik ini tejadi sekitar 2% kehamlan di seluruh dunia. Dan biasanya kehamilan ektopik ini sering kali muncul di bagian tuba falopi, disamping itu hamil diluar kandungan juga dapat terjadi di indung telur, rongga perut, hingga leher rahim.

Ada beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan anda terkena hamil diluar kandungan seperti kebiasaan merokok, riwayat penyakit radang panggul, riawayat pernah mengalami hamil diluar kandungan sebelumnya, penyakit menular seksual, penggunaan obat kesuburan, adanya luka jaringan parut, bayi tabung, juga faktor usia 35 tahun keatas.

Lalu apa saja tanda-tanda hamil diluar kanduangan? sama dengan kehamilan normal biasanya tanda-tanda anda mengalami hamil diluar kandungan tidak muncul secara siginifikan. Namun ada gejala hamil diluar kandungan yang utama seperti adanya pendarahan vagina ringan, sakit perut di salah satu sisi, juga tidak munculnya siklus menstruasi. Diketahui gejala tersebut tidak dirasakan semua wanita yang mengalami kehamilan ektopik hanya sekitar 50% wanita yang mengalami gejala tersbeut. Adapun gejala lainnya yaitu:

  • Kram perut
  • Nyeri panggul
  • Mual dan juntah
  • Selangkangan terasa sakit, begitu juga dengan bahu dan leher
  • Rasa sakit saat buang air kecil dan buang air besar
  • Kepala pusing dan terasa seperti ingin pingsan

Pada dasarnya semua wanita memiliki potensi mengalami kehamilan diluar kandungan namun diketahui wanita yang memiliki masalah infeksi lebih beresiko mengalami kehamilan ektopik. Biasanya kehamilan diluar kandungan hanya bisa bertahan selama 5 sampai 10 minggu dan jalan yang harus diambil yaitu dengan melakukan aborsi. Karena jika tidak dilakukan penanganan yang cepat maka berpotensi menyebabkan sel telur pecah disertai dengan pendarahan. Jika anda mengalami beberapa gejala diatas ada baiknya segera periksa ke dokter agar terdeteksi di awal untuk mengjindari beberapa komplikasi yang lebih parah. 

Baca juga artikel lainnya:

Related Posts :

    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil

    Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

    Ketahui Penyebab Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil

    Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 19, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri Sendi kaku dan bengkak saat hamil

  • Oleh : Aryanto Id
  • 7 tahun, 10 bulan yang lalu

    siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Bercak Darah atau Flek Saat Hamil Usia 7 Minggu

  • Oleh : Asti Anisa
  • 7 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dan jika penis tidak berejakulasi apakah bisa hamil?(penis dan vagina bertemu 1 sama lain)

    Tanya Bidan