Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tips Untuk Memulihkan Tubuh Setelah Operasi Caesar

Bidan Online -, Semua ibu pasti ingin sekali melahirkan dengan cara yang sangat normal. Namun apa daya jika semua keinginan itu harus sirna karena bebeapa jenis hal yang membuat kita harus melakukan operasi sesar? Kondisi ini merupakan salah satu jenis kondisi yang memang perlu untuk selalu di perhatikan bagi kesehatan tubuh kita ini. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulihkan tubuh setelah operasi sesar, di antaranya adalah :



  • Hindari Membawa Barang Yang Berat
    Berbeda dengan para wanita yang melahirkan secara normal, mereka yang memiliki masalah dengan kelahiran yang normal ini akan merasakan adanya nyeri dan linu yang sangat luar biasa, sehingga tidak di sarankan untuk mengangkat berat yang berlebih.
  • Memperhatikan Masa Nifas
    Tips untuk memulihkan tubuh setelah operasi Caesar ini adalah dengan memperhatikan masa nifas. Saat sedang dalam masa nifas, anda sangat di sarankan untuk beristirahat dan menjauhi aktivitas aktivitas yang berat, karena mereka yang melahirkan secara sesar, akan memiliki fisik yang lebih rapuh di bandingkan dengan mereka yang melahirkan secara normal.
  • Jangan Berhubungan Seks Terlebih Dahulu
    Meskipun melahirkan secara sesar ini tidak keluar dari arah vagina, namun tetap mereka yang melahirkan secara sesar perlu mendapatkan kesehatan agar tubuh pulih, setidaknya 4 hingga 6 minggu setelah melahirkan.
  • Mencoba Bergerak
    Dengan berusaha bergerak namun dengan tahapan yang terbilang bertahap ini, akan segera memulihkan tubuh mereka yang telah melakukan operasi sesar.
  • Mengkonsumsi Teh
    Biasanya, saat setelah operasi sesar ini, anda akan merasakan perut yang kembung. Kondisi ini sebenarnya bisa di atasi hanya dengan menggunakan teh peppermint hangat.
  • Istirahat Yang Cukup
    Dengan tidaur minimal 8 jam per harinya, maka kondisi tubuh anda akan cepat pulih, dan anada akan mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya setelah operasi ini.
  • Minum Yang Cukup
    Air merupakan salah satu minuman yang memang di sarankan bagi kesehatan. Saat anda ingin memiliki kesehatan yang sesunggunya, anda tinggal minum dan dapatkan banyak manfaat saat anda mengkonsumsinya.
  • Konsultasi Dengan Bidan
    meski sudah melahirkan, kita tetap perlu memperhatikan hal ini. Mereka yang meiliki tubuh setelah operasi ini perlu berkonsultasi dengan bidan atau dokter agar mengetahui bagai mana posisi yang nyaman untuk menyusui ini.
  • Rawat Bekas Jahitan
    Setelah anda melakukan operasi, anda sangat perlu memperhatikan kebersihan pada bagian bekas jahitan. Selalu berikan antiseptik, agar jahitan ini tidak terkena berbagai jenis kuman. Hindari menggaruk bekas jahitan, karena bisa jadi ini menyebabkan gatal yang sangat luar biasa.

                                                      Baca Juga : Tips Yang Disarankan Bagi Mereka Yang Ingin Cepat Hamil

By Eva Nurlela - Kehamilan Rabu, 23 Agustus 2017 14:45:29

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat mlm... Saya kisnani..sekarang saya hamil jalan 4 bulan...kemaren keluar dri vagina gumpalan seperti keju, besarnya seperti kuku dan tekstuenya keras...apakah itu pertanda ada gangguan dijanin saya... Terimakasih..

  • Vagina terasa sangat berat, keluar flek

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi. Saat ini sy sedang memasuki usia kehamilan ke 38. 3 hari yg lalu sy diperiksa dalam oleh dokter kandungan saya dengan memasukkan kedua jarinya ke dlm vagina saya.…

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Malam bu bidan, saya via 23 thn. Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah. Kenapa itu yaa bu bidan

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Saya sudah telat 17 hari, pas di hari ke 11 saya coba di tes tapi hasil nya negative, saya blm cek lagi takutknya negative, pertanyaannya mungkinkah saya hamil dok, terimakasih

  • Kehamilan

    1 Balasan

    Kehamilan

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih


Kehamilan
Posisi Tidur yang Baik Dan Benar Selama Hamil

Memasuki usia kehamilan trisemester kedua,…

Kehamilan
Risiko Tinggi pada Kehamilan dengan Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan komplikasi yang…

Kehamilan
Inilah Fakta Menarik Aktivitas Janin Dalam Kandungan

Ternyata banyak hal yang menakjubkan…

Tanya Bidan
Top