Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Camilan Sehat Untuk Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Muda

Camilan Sehat Untuk Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Muda - Bidan Online,- Trimester pertama kehamilan merupakan masa dimana tubuh calon ibu menyesuaikan dengan berbagai perubahan saat hamil. Adanya perubahan hormon saat hamil tentunya bisa menyebabkan beberapa keluhan pada ibu hamil salah satunya mual dan muntah. Ya rasa mual dan muntah memang sering kali dikeluhkan wanita hamil trimester pertama, dan tentu saja hal tersebut membuat tidak nyaman. Bahkan mual dan muntah saat hamil menyebabkan ibu hamil enggan makan atau minum karena rasa eneuk. 

Memasuki trimester pertama beberapa wanita hamil memang mengalami hal yang berbeda pada tubuhnya. Ya produksi hormon progesteron dan HCG (Human Chorionic Gonadotropin) pada saat itu akan meningkat. Salah satu perubahan yang dialami wanita hamil yaitu rasa mual dan ingin muntah. Mual muntah saat hamil disebut juga dengan morning sickness dimana hal tersebut memang wajar di alami ibu hamil. Meskioun tergolong keluhan yang wajar mual dan muntah saat hamil bisa rata-rata menyebabkan ibu hamil enggan untuk makan karena tidak bernafsu.

Pada saat hamil tentunya asupan makanan menjadi poin penting dalam menunjang kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Nah untuk mengatasi mual muntah saat hamil agar tidak menyebabkan tidak bernafsu makan ada beberapa camilan sehat yang bisa para ibu hamil konsumsi. Tentunya selain kaya akan nutrisi camilan ini memiliki manfaat untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil.

Kacang almond

Para ibu hamil tentunya sudah tidak asing bukan dengan kacamng almond. Ya kacang yang satu ini memang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap bahkan menjadi salah satu camilan yang bagus untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan kolesterol. 

Tidak hanya itu saja nyatanya mengkonsumsi kacang almond dapat mencegah rasa mual saat hamil. Diketahui kacang almond mengandung protein nabati yang cukup tinggi dengan khasiat membuat ibu hamil lebih bertenaga. Selain kandungan protein, kacang almond juga mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk membantu mengatasi stres juga mengatasi mual pada ibu hamil. Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi mual saja, nyatanya kacang almond baik juga untuk kesehatan janin yaitu mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan pembentulkan tulang dan gigi bayi serta bagus untuk pembentukan sel kulit dan rambut bayi.

Apel hijau

Apel hijau dengan rasa yang segar nyatanya bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk mengatasi mual saat hamil. Tentunya bukan tanpa alasan diketahui apel hijau mengandung vitamin C dengan manfaat meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan pencernaan, hingga mencegah konstipasi/sembelit. Nah ibu hamil merasakan mual muntah maka cairan dalam tubuh akan berkurang, kandungan air dalam apel hijau dapat membantu mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hail tidak mengalami dehidrasi.

Yoghurt

Yoghurt juga memiliki rasa yang segar sangat pas di konsumsi ibu hamil untuk mengatasi mual. Tidak hanya itu nyatanya yoghurt mengandung probiotik memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah bakteri dalam usus sehingga pencernaa tidak akan terganggu. Kandungan bakteri baik pada yoghurt dapat membantu mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil. Untuk mendapatkan manfaat yoghurt diatas pastikan untuk memilih yoghurt organik dan alami hindari mengkonsumsi yoghurt dengan kandungan gula atau pemanis.

Labu

Camilan sehat selanjutnya yang bisa anda pilih untuk mengatasi mual saat hamil yaitu labu. Faktanya labu mengandung nutrisi yang sangat lengkap untuk menunjang kesehatan ibu dan janin. Diketahui labu mengandung magnesium yang sangat bagus untuk mengatasi mual serta muntah saat hamil. Labu juga bisa menjadi sumber karbohidrat sehat untuk ibu hamil agar senantiasa bertenaga. Anda dapat membuat camilan sehat dari labu dengan cara langsung di rebus atau di campur dengan agar-agar.

Biskuit

Biskuit menjadi pilihan cailan sehat terakhir untuk membantu mengatasi mual dan muntah saat hamil. Diketahui biskuit mengandung karbohidrat yang cukup tinggi bermanfaat untuk mengatasi morning sickness. Tentunya bukan tanpa alasan kandungan karbohidrat pada biskuit dapat membantu penyerapan asam lambung sehingga mual dan muntah adapat teratasi. Biskuit juga menjadi sumber karbohidrat untuk mencegah ibu hamil merasa letih dan lesu.

Itulah beberapa camilan sehat yang bisa ibu hamil pilih untuk memgatasi mual dan muntah. Namun ingat pastikan anda memilih makanan yang tidak hanya memiliki manfaat bagi ibu hamil saja namun juga bagi kesehatan janin dalam kandungan.

Baca juga artikel lainnya:

Cara Menurunkan Tekanan Darah Atau Hipertensi Saat Hamil

Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

Ketahui Penyebab Lidah Terasa Pahit Pada Ibu Hamil Muda

By - Kehamilan Kamis, 24 Agustus 2017 15:38:40

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sering merasa nyeri dan geli

    1 Balasan

    Kehamilan

    Pagi bu. Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu? Mohon penjelasannya.

  • Mempertanyakan apakah keguguran apa tidak

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

  • Cepat hamil selepas kb

    1 Balasan

    Kehamilan

    Salamualikum Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

  • Menstruasi yang tidak teratur

    1 Balasan

    Kehamilan

    Selamat pagi bu bidan, aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu. hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan,…

  • Keputihan selama kehamilan berbahayakah

    1 Balasan

    Gangguan Kehamilan

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2…


Kehamilan
Efek Samping Mengkonsumsi Makanan Pedas Saat Hamil

ibu hamil senantiasa dalam keadaan…

Kehamilan
Tips Menjalani Kehamilan Bagi Ibu Penderita Diabetes

Lantas bagaimana cara merawat kehamilan…

Kehamilan
Tips Sehat Menjaga Kehamilan Anak Kembar

Bayi yang sehat saat lahir…

Tanya Bidan
Top