Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tips Jitu Supaya Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

www.curhatbidan.com - Bagi orang tua baru, terkadang merawat sang buah hati yang masih kecil mungkin akan kesulitan apalagi jika sang buah hati merupakan anak pertama. Pada dasarnya, dengan merawat sang buah hati yang masih bayi ataupun anak-anak memang sangat dibutuhkan ekstra sabar. Para orang tua harus bersabar saat memberinya makan dan minum, memandikannya saat pagi dan sore, serta menidurkannya saat malam hari.

Karena merawat bayi memang sangat dibutuhkan kesabaran yang ekstra dari orang tua, salah satunya seperti pola tidur sang bayi yang tidak menentu. Jam tidur pada bayi memang masih belum teratur, dan hal seperti inilah yang dapat membuat waktu tidur si kecil menjadi berkurang.


Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mencoba beberapa tips supaya bayi tidur dengan cukup serta nyenyak pada malam hari, diantaranya :

  • Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

Memandikan bayi dengan air hangat merupakan cara yang paling mudah dan jitu supaya bayi tidur dengan nyenyak. Air hangat yang dapat membuat tubuh bayi menjadi rileks serta menenangkan. Saat ia tenang, maka bisa dipastikan ia bisa istirahat atau tidur dengan baik. Tidak lupa juga untuk kombinasikan dengan pijatan lembut supaya tubuh bayi semakin rileks.

  • Berikan Susu Sebelum Tidur

Sebelum tidur pastikan bayi ada dalam kondisi kenyang. Sebelum ia terlelap tidur, berikan ia susu. Jangan biarkan ia ada dalam keadaan lapar, karena hal tersebut akan mengganggunya dan akan membuat ia menjadi rewel ketika sedang tidur.

Baca juga : Penyebab Kenapa Bayi Tidak Mau Minum ASI Beserta Solusinya

  • Pastikan Tempat Tidur Bersih dan Wangi

Usahakan supaya tempat tidur selalu bersih dan wangi. Karena kebersihan tempat tidur akan menjadi jaminan yang utama agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Buat suasana atau tempat tidur nyaman dan wangi. Jika perlu, berikan wewangian alami supaya si kecil merasakan rileks saat sedang tidur.

  • Temani Bayi Ketika Sedang Tidur

Bayi yang ditemani oleh orang tuanya akan lebih tenang dan lebih nyaman saat tidur. Tidak hanya semakin nyenyak, akan tetapi bayi juga akan mendapatkan tumbuh berkembang fisik maupun psikologis yang baik.

  • Lampu

Berikan suasana yang paling nyaman dan tenang saat bayi sedang tidur dimalam hari. Untuk menciptakan suasana yang nyaman maka salah satunya yaitu dengan keberadaan lampu. Usahakan bayi tidur dibawah lampu yang hangat, hindari untuk menidurkan bayi dibawah sinar lampu yang terlalu terang karena hal tersebut dapat mengganggu kenyamanannya. Berikan lampu yag redup untuk sang bayi tetapi dapat memberikan kehangatan dan rasa nyaman.

  • Gunakan Popok Dengan Daya Serap Tinggi

Selain bayi terbangun karena disebabkan oleh rasa haus atau lapar, bayi juga akan akan terbangun karena merasa tidak nyaman dengan penggunaan popok yang sedang dikenakannya. Namun jika Anda lebih suka si kecil dengan popok kain dibandingkan dengan popok yang sekali pakai, sebaiknya Anda juga lebih sering mengganti popoknya, karena popok yang kotor akan mengumpulkan bakteri serta dapat menimbulkan timbulnya iritasi pada kulit bayi.

Itulah beberapa tips jitu supaya bayi tidur nyenyak dimalam hari. Pastikan waktu tidur untuk bayi konsisten, bila perlu berikan musik pengantar tidur untuk sang bayi. Semoga bermanfaat.

By Lia Amalia - Bayi Jum'at, 01 September 2017 10:19:57

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • Botol asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada.…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya pada saat lahir sudah ada bayangan giginy dua di bawah, saat usia dua hari bayangan itu semakin jelas dan muncul.. Nah pada saat usia 5 bulan gigi tersebut…

  • Program kehamilan

    1 Balasan

    Bayi

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan


Bayi
Manfaat Tidak Terduga Dari Kebiasaan Bayi Menghisap Jari

Sebenarnya kebiasaan bayi menghisap jari…

Bayi
Penyebab Step Pada Bayi dan Solusi Paling Aman

Step merupakan suatu kondisi yang…

Tanya Bidan
Top