Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

6 Cara Melatih Bayi Belajar Tengkurap Dengan Mudah

www.curhatbidan.com - Pada perkembangan bayi yang dimulai dari sejak lahir hingga usia 2 tahun memang sangat menyenangkan untuk diamati. Perkembangan pada organ tubuh bayi setelah lahir yang berjalan cukup baik dapat membantu dalam perkembangan tubuh bayi yang normal. Bagi orang tua tentu sangat senang saat kemampuan fisik dan juga motorik bayi terus meningkat dengan dalam waktu yang cepat. Akan tetapi ada juga bagi orang tua yang merasakan khawatir karena bayi yang memiliki kemampuan lambat. Perkembangan bayi memang berbeda-beda termasuk saat bayi sudah mulai belajar tengkurap. Dan pada masalah perkembangan ini paling sering terjadi pada bayi prematur.

Tengkurap merupakan suatu aktivitas bayi yang harus dilatih sejak usia satu bulan. Bertujuan untuk dapat melatih pada kekuatan leher, punggung, serta otot-otot tubuh bagian atas lainnya. Akan tetapi alangkah baiknya, salah satu syarat supaya bayi bisa tengkurap adalah saat sang bayi sudah bisa memiliki otot leher yang kuat, dalam arti sang bayi sudah bisa menegakkan kepala mereka tanpa adanya bantuan dari orang lain.

Tetapi memang bayi tidak suka tengkurap berlama-lama apalagi jika ia masih dalam tahap belajar. Rasa bosan akan menjadi penyebab bayi sehingga akan menjadi rewel jika tengkurap cukup lama. Idealnya bayi tengkurap dalam waktu selama 15 menut dalam sehari. Dan disarankan dalam waktu tersebut menjadi beberapa kesempatan. Lalu bagaimana cara orang tua untuk melatih bayi belajar tengkurap?


Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih bayi belajar tengkurap :

1. Latihan Menopang Tubuh Bayi dengan Bantal

Dengan menempatkan bantal disamping tubuh bayi. Maka ia akan mencoba untuk menegakkan leher mereka yang kemudian akan berusaha berguling alami dengan bantal tersebut. Saat sudah seperti ini cobalah untuk melatih bayi tengkurap dengan cara membantu pada bagian kakinya. Biasanya bayi akan bergerak lebih kuat untuk tengkurap, dan akan terus belajar hingga ia merasa lelah. Dari kebiasaan ini pun sangat baik saat akan mengajarkan bayi belajar duduk, supaya perkembangan bayi bisa sesuai.

2. Menahan Tubuh Bayi Pada Perut Anda

Cara ini dapat membantu pada bagian punggung dan leher bayi menjadi lebih kuat. Apabila sudah terbiasa dengan posisi tersebut maka melakukan tengkurap akan lebih mudah. Anda dapat membuat bayi memiliki bagian otot lebih kuat sehingga sang bayi juga siap untuk belajar tengkurap.

3. Pijat Bayi

Dengan memberikan pijatan pada bayi dapat membantu untuk belajar tengkurap lebih cepat. Pijatan bayi yang dilakukan pada beberapa titik tubuh akan membuat bayi menjadi mudah untuk tengkurap. Ada sebuah fakta bahwa jika rangsangan pada bagian syaraf tubuh bayi dapat membuat sang bayi memiliki perkembangan motorik dengan lebih cepat dibandingkan dengan bayi yang tidak pernah mendapatkan pijatan. Pastikan bayi mendapatkan pijatan dengan benar sehingga bayi akan lebih sehat.

4. Berikan Mainan yang Menarik Hati

Suasana hati si kecil memang sulit untuk diprediksi. Dalam mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan mainan-mainan yang menarik hati si kecil supaya tidak cepat bosan serta mampu dalam memperbaiki suasana hatinya. Berikan mainan yang berwarna cerah dan berbunyi. Biarkan si kecil berusaha dalam meraihnya. Atau Anda bisa gunakan bola kecil untuk menarik perhatiannya supaya bayi tetap nyaman saat berada dalam posisi tengkurap. Karena posisi tersebut dapat membantu si kecil untuk merangsang kemampuan dalam mengangkat badannya serta bergerak.

5. Tempatkan Cermin di Depan Bayi

Dengan memberikan mainan seperti cermin maka dapat membantu bayi menjadi lebih cepat tengkurap. Karena ia bisa membuat terlihat sama dengan cermin atau melihat bayangan dari berbagai posisi yang berbeda. Atau Anda bisa memberikan mainan lainnya supaya merasa terinovasi dalam bergerak pada mainan tersebut.

6. Melatih Keseimbangan dengan Lembut

Saat mencoba dalam menempatkan perut pada bagian dada si kecil maka lakukan dengan penuh kesabaran. Biasanya bayi akan merasa senang, tetapi pada waktu selanjutnya mereka justru akan menangis. Apabila mengalami hal tersebut maka untuk segera merubah posisi si kecil menjadi lebih nyaman. Bayi yang mungkin merasa tertekan dengan posisi tahap awal, namun biasanya akan lebih senang sehingga mereka akan belajar tengkurap dengan sendirinya. Perlu diketahui bagi orang tua, lakukan dengan waktu yang singkat sehingga sang bayi akan merasa nyaman dan perut bayi terhindar dari kembung.

Kunci melakukan cara untuk melatih bayi belajar tengkurap dengan alami adalah dengan kesabaran. Para orang tua tidak biasa memaksakan bayi untuk tengkurap karena pada dasarnya bayi memiliki perasaan saat akan memiliki kemajuan. Semoga bermanfaat !

By Lia Amalia - Bayi Jum'at, 08 September 2017 11:07:03

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • Botol asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada.…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya pada saat lahir sudah ada bayangan giginy dua di bawah, saat usia dua hari bayangan itu semakin jelas dan muncul.. Nah pada saat usia 5 bulan gigi tersebut…

  • Program kehamilan

    1 Balasan

    Bayi

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan


Bayi
Cara Mudah Mengatasi Bayi Yang Sering Cegukan

Cegukan merupakan suatu reaksi diafragma…

Bayi
Kenali dan Waspadai Terhadap Kondisi Bayi Kuning

Saat bayi kita sedang mengalami…

Tanya Bidan
Top