Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Kenali Cara Mencegah Meningitis Neonatal Pada Bayi

Selamat datang di Bidan Online, situs kesehatan yang memberikan sejumlah informasi seputar masalah kesehatan bayi, anak dan ibu hamil. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Kenali Cara Mencegah Meningitis Neonatal Pada Bayi.



Kenali Cara Mencegah Meningitis Neonatal Pada Bayi

Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada area membran meninges dimana mengelilingi serta melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Pada bayi yang baru lahir kondisi meningitis ini akan menjadi kondisi yang serius dan jika tidak segera di tangani bisa mengakibatkan kematian.

Penyakit yang satu ini biasanya lebih sering ditemukan pada bayi yang baru saja lahir. Penyebabnya bisa diakibatkan oleh virus dan bakteri atau infeksi. Jenis virus yang bisa mengakibatkan munculnya meningitis pada bayi dikenal dengan coxsackie dan herpes simplex. Sedangkan bakteri yang bisa menyerang bayi baru lahir diantarnaya kelompok B yaitu Streptococcus, bakteri E.Coli Haemophilus influenza atau Listeria dan ini juga dikenal dengan HiB. Bahayanya bakteri ini menularkan banyak plasenta saat bayi ada dalam rahim selama proses persalinan.

Gejala Meningitis Neonatal

Beberapa gejala yang bisa ditimbulkan terkadang nampak tidak terlalu jelas tapi beberapa gejala ini bisa menjadi acuan untuk para ibu ketika mendeteksi apakah anak mereka terjangkit penyakit mematikan atau tidak. Pada umumnya bayi dan anak yang mengalami gangguan kesehatan ini merasakan sering lesu, kehilangan, nafsu makan, muntah, ruam, menggigil, kesulitan bernapas, demam tinggi, sakit kuning serta bayi juga merasakan kejang - kejang.

Cara Mencegah Meningitis Neonatal

Bagi bayi yang baru lahir, pencegahan biasanya bergantung pada perawatan postnatal dan prenatal serta menghindari berbagai jenis makanan yang bisa terkontaminasi bakteri Listeria atau E.Coli saat masa kehamilan. Sebagai tindakan pembantu untuk menghindarkan resiko bayi terjangkit virus atau bakteri yang bisa menagkibatkan munculnya meningitis neonatal maka dokter melakukan tes grup B strep saat calon ibu memasuki minggu terakhir untuk masa kehamilannya.

Jika memang saat itu diketahui terdapat bayi terinfeksi virus maka calon ibu bisa mengkonsumsi obat - obatan anti-viral sebelum menjelang persalinan atau memilih menempuh bedah caesar untuk mencegah infeksi virus bayi.


Baca Juga :

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 17 Oktober 2017 08:13:58

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada.…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya pada saat lahir sudah ada bayangan giginy dua di bawah, saat usia dua hari bayangan itu semakin jelas dan muncul.. Nah pada saat usia 5 bulan gigi tersebut…

  • Program kehamilan

    1 Balasan

    Bayi

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan

  • Masalah bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan


Bayi
Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi

Bahayakah tanda lagir merah pada…

Bayi
Kenali dan Waspadai Terhadap Kondisi Bayi Kuning

Saat bayi kita sedang mengalami…

Bayi
Tips Menerapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

Mungkin sebagian besar orang tua…

Tanya Bidan
Top