Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Waktu Yang Tepat Memandikan Bayi Bunda

Selamat datang dan terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung ke website Bidan Online, situs kesehatan yang memberikan berbagai informasi termasuk waktu yang tepat memandikan bayi bunda . Bayi boleh dimandikan kapan saja selama waktunya tidak bertabrakan dengan waktu tidur atau makannya. Hingga saat ini waktu untuk memandikan bayi yaitu pagi hari sekitar jam 09.00 sampai 11.00 . Namun karena adanya alasan seperti pekerjaan rumah yang belum selesai atau hal lainnya, sehingga kebanyakan orang tua memandikan bayinya saat siang atau sore hari. Bahkan ada sebagian orang tua yang memandikan bayi nya malam hari sebagai ritual agar bayi mereka bisa tidur dengan nyenyak.

Meskipun hal ini memang bukan menjadi masalah yang besar tapi tetap bunda harus memastikan si kecil tidak kedinginan saat dimandikan. Oleh karena itu memilih waktu yang tepat bisa membuat si kecil juga mandi dengan senang. Namun, bunda juga harus menetapkan waktu mandinya sehingga si kecil bisa terbiasa dengan kegiatan yang satu ini.


Waktu Yang Tepat Memandikan Bayi Bunda

Bayi yang baru lahir dan berusia 3 bulan lebih rentan terkena udara dingin. Maka dari itu, sebaiknya bunda memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat kuku jika pagi atau malam hari. Setelah mandi keringkan hingga benar - benar kering sehingga si kecil tidak kedingingan. Jika cuaca sedang hujan di malam hari dan bunda ingin memandikan si kecil juga aman selama bunda bisa memastikan si kecil tidak akan kedinginan. Kecuali bagi bayi yang baru lahir dan tali pusarnya saja belum di lepas tidak disarankan.

Bayi yang tali pusarnya belum di lepas, tidak boleh mandi dalam bak mandi bayi sekalipun airnya hangat. Kondisi ini karena tali pusarnya tidak boleh terkena air. Jika ada tali pusar yang sampai terkena air maka peluang terjadinya infeksi akan semakin besar dan maka dari itu memandikan bayi bisa dengan cara mengusap dengan menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Memandikan Bayi Setelah Diberi Susu

Sebagian orang tua ada yang memandikan si kecil setelah memberikan ASI, hal ini aman dilakukan. Tetap yang terpenting, barikan jeda waktu antara menyusui atau memberikan si kecil susu formula dengan waktu mandi untuk menjaga agar si kecil tidak dalam keadaan terlalu kenyang saat dimandikan. Jika perut bayi tertekan tanpa sengaja ketika sedang kenyang, dia bisa muntah.

Memandikan bayi merupakan hal yang harus bunda lakukan tanpa adanya gangguan seperti menelpon atau terdesak karena adanya kegiatan lainnya. Mak dari itu carilah waktu yang kosong dan tepat sehingga bunda bisa memandikan si kecil dengan tenang dan fokus.

Berapa kali sehari bayi mandi ?

Meskipun idelanya memandikan bayi 2-3 kali sehari untuk mencegah kulit bayi kering, namun di negara Indonesia yang memiliki iklim tropis ini bayi dimandikan 2 kali sehari. Udara di Indonesia cenderung lembab dan panas sehingga mandi dua kali sehari bisa membuat bayi menjadi lebih nyaman terlebih saat cuaca sedang panas.

Baca Juga :

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 24 Oktober 2017 14:04:32

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Asi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada.…

  • tumbuh gigi saat lahir

    1 Balasan

    Bayi

    Anak saya pada saat lahir sudah ada bayangan giginy dua di bawah, saat usia dua hari bayangan itu semakin jelas dan muncul.. Nah pada saat usia 5 bulan gigi tersebut…

  • Program kehamilan

    1 Balasan

    Bayi

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan

  • Masalah bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan


Bayi
Tips Memotong Kuku Bayi yang Baik dan Tepat

Tips Memotong Kuku Bayi yang…

Bayi
Tips Mengatasi Infeksi Telinga Pada Bayi dan Pencegahannya

Tips mengatasi infeksi telinga pada…

Bayi
Ketahui Cara Perawatan Bayi Baru Lahir

Cara merawat bayi baru lahir…

Tanya Bidan
Top