Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Benjolan Di Belakang Telinga Bayi

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu Benjolan Di Belakang Telinga Bayi yang ternyata meskipun tidak begitu banyak bayi yang mengalaminya dan lebih sering ditemukan pada orang dewasa tapi ternyata pada bayi juga bisa. Berikut informasi selengkapnya.


Benjolan Di Belakang Telinga Bayi 

Jika tanpa sengaja Anda menemukan benjolan - benjolan kecil pada telinga bayi dan benarkah benjolan ini akan berubah menjadi lebih besar serta bisa membahayakan kondisi kesehatan putra Anda. Masalah kesehatan seperti ini bisa terjadi akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening yang berfungsi untuk memproduksi sel sel darah putih dan memiliki fungsi untuk melawan mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Biasanya kelenjar seperti ini sering ditemukan pada bagian anggota tubuh yang lain seperti ketiak, leher, lipatan paha, jantung, samping kanan dan kiri. Jika Anda membiarkannya, kelenjar ini bisa bertambah besar.

Benjolan yang berada di belakang telinga bayi atau lebih dikenal dengan kelenjar getah bening ini disebabkan karena masalah sistem kekebalan tubuh sehingga jika terjadi adanya infeksi bisa mengakibatkan pembengkakan semakin besar. Jika dalam keadaan normal kelenjar getah bening biasanya tidak akan terasa namun apabila ukurannya sudah melebihi 1 cm maka akan  dicurigai sebagai kelenjar getah bening.

Namun jika kelenjar getah bening sampai terkena infeksi maka bisa membesar dan biasanya infeksi ini akibat adanya kuman streptokokus pada anak yang mengakibatkan demam serta pilek sehingga pembengkakan di bagian rahang semakin membesar.

Di bawah ini beberapa jenis penyakit yang kemungkinan akan timbul akibat dari kelenjar getah bening diantaranya :

Infeksi Akut

Terjadinya pembesaran kelenjar getah bening bisa mengakibatkan infeksi menjadi akut di sekitar daerah kepala dan leher. Biasanya pembengkakan terjadi saat tubuh sedang mengalami demam yang menimbulkan konsistensi lunak serta kemerahan dan hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi dengan bakteri meskipun hal ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

Infeksi Kronik

Penyebab pembengkakan kelenjar juga bisa diakibat micobacterium tuberculosa dan hal ini berhubungan dengan paru paru meskipun ada juga yang mengalami infeksi ini dan memiliki paru paru yang sehat.

Kanker Primer

Kanker yang satu ini biasanya akan sembuh jika terdeteksi lebih dini dan sebelum pembengkakan semakin besar serta lebih cepat mendapatkan pertolongan. 

Maka dari itu sangat disarankan jika Anda menemukan adanya benjolan seperti itu segera dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat dan menghindari adanya penyakit yang bertambah buruk.

Baca juga :

By Euis Lisnawati - Bayi Rabu, 08 November 2017 08:30:46

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…

  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

    1 Balasan

    Bayi

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas…


Bayi
Makanan Sehat Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Bayi yang sudah berusia 6…

Bayi
Tips Mengenalkan Telur Sebagai Makanan Bayi

Bunda bagi Anda yang belum…

Bayi
Benarkah Penyebab Bayi Tidur Mendengkur Karena Alergi ?

Bunda jangan khawatir jika menemukan…

Tanya Bidan
Top