Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur

Selamat datang dan terima kasih sudah berkunjung ke website Bidan Online. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik, inspiratif dan tentunya memiliki manfaat yang baik terlebih bagi Anda yang memiliki bayi prematur yaitu 5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur, berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Tidak ada orang tua yang menginginkan kelahiran bayi nya prematur dan sayangnya ada sebagian orang tua yang mengalami hal ini. Jika bayi lahir sebelum usia 37 minggu maka bisa dikatakan itu merupakan bayi prematur.


5 Hal Penting Mengenai Kelahiran Bayi Prematur


Fakta Bayi Prematur

Berdasarkan data dari WHO tahun 2013, kurang lebih 1.5 juta bayi terlahir prematur setiap tahunnya di dunia dan jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan Negara Indonesia sendiri berada dalam urutan 5 dari 10 negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak di seluruh dunia. Sebagian dari Anda juga mungkin mengetahui bahwa penyebab meninggalnya bayi baru lahir di bawah usia 4 tahun adalah kaerna prematur sedangkan penyebab kedua yaitu pneumonia untuk anak di bawah usia 5 tahun.

Ciri - Ciri Bayi Prematur

  • Memiliki ukuran tubuh lebih kecil dengan berat badan di bawah 2.5 kg
  • Kulit tipis dan rapuh
  • Memiliki banyak lanugo atau rambut halus di tubuhnya
  • Suhu tubuh berubah menjadi lebih rendah
  • Mengalami masalah dengan pernafasan
  • Kurangnya refleks dalam menyedot dan menelan

Faktor Pemicu Kelahiran Bayi Prematur

Sebenarnya untuk penyebab secara pasti kelahiran bayi prematur belum bisa diketahui secara jelas. Tapi penyebabnya lebih besar pada ibu yang sebelumnya sudah pernah mengalami kelahiran bayi prematur, kelahiran kembang, jarak dengan kehamilan kurang dari 6 bulan dan mengalami keguguran atau aborsi berulang, infeksi pada ibu hamil serta ibu yang merokok dan mengkonsumsi obat - obatan.

Komplikasi Bayi Prematur

Bayi yang terlahir sebelum usia 37 minggu dimana pembentukan tubuh belum sempurna dan komplikasi akan lebih mudah terjadi. Masalah kesehatan yang seringkali dialami oleh bayi prematur  yaitu masalah pernafasan dimana paru paru bayi berfungsi engan baik dan umumnya dibantu dengan alat untuk melahirkan.

Tidak hanya itu saja, komplikasi lainnya terjadi pada jantung, metabolisme serta daya tahan (immune system). pencernaan dialami bayi prematur atau SIS (kematian mendadak pada bayi) yang bisa saja terjadi. Masalah seperti perkembangan perilaku, psikologis, pendengaran dan penglihatn juga lebih rentan dialami oleh bayi prematur.

Penanganan Kelahiran Bayi Prematur

Bunda, sebenarnya kelahiran bayi prematur bisa dicegah dengan injeksi saat kehamilan dan membantu perkembangan paru paru serta janin apabila diketahui adanya masalah tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan perawatan khusus di bagian NICU atau Neonatal Intensive Care Unit.

Sebagian bayi ada yang membutuhkan peralatan medis seperti disinari jika bilirubin tinggi atau pemberian antibiotik apabila bayi mengalami infeksi. Bahkan sekarang ada metode lain yaitu “Kangaroo mother care” (bayi dipeluk ibu agar mengalami skin-to-skin contact dan pemberian ASI yang sering)  dan ini sangat efektif jika diterapkan pada bayi prematur yang lebih sehat.

Meskipun orang tua mengalami tantangan yang cukup berat dari berbagai segi, namun kelahiran bayi prematur juga ternyata banyak menginspirasi banyak orang.

Baca Juga :

By Euis Lisnawati - Bayi Selasa, 05 Desember 2017 13:51:28

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…

  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

    1 Balasan

    Bayi

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas…


Bayi
Bayi
Manfaat Mengkonsumsi Ikan Untuk Meningkatkan Imunitas Bayi

Tau tidak bunda, manfaat mangkonsumsi…

Tanya Bidan
Top