Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Mengenali Setiap Pola BAB dan BAK Si Kecil

http://www.curhatbidan.com/Terima kasih atas kunjungan Anda kembali pada website CurhatBidan.Com. Dalam artikel kali ini saya akan mengulas sedikit mengenali pola BAB (Buang Air Besar), serta BAK (Buang Air Kecil) pada anak.



Pada umumnya, anak terutama yang masih bayi masih memiliki pola buang air yang berbeda terhadap bayi satu dan lainnya. Kondisi ini terjadi berkaitan dengan pola makan diantara bayi yang tentu saja memiliki perbedaan.

Pada bayi usia 3 bulan, mereka cenderung sering untuk buang air kecil, bahkan bisa dilihat jika ada yang sampai 1 jam sekali mengompol.

Namun, seiring bertambahnya perkembangan dan usia bayi, terutama setelah usianya kemudian sampai ke 12 bulan akan terjadi perubahan yaitu bisa 2 atau 3 jam dalam satu kali. Akan tetapi, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini terutama jika bayi mengalami kondisi seperti :

  • Bayi buang air kecil kurang dari 3 kali dalam waktu selama 24 jam.
  • Urin yang dikeluarkan berwarna lebih pucat.
  • Di bagian urin tersebut ditemukan adanya darah.
  • Saat mengalami buang air kecil, si kecil terlihat kesakitan.
Pola saat BAB (Buang Air Besar) pada bayi.

Sama saja pada pola BAB anak, hal ini juga ditentukan sebagaimana asupan makanan yang dikonsumsi. Pada umumnya, bayi akan mulai BAB 4 sampai 10 kali sehari. Memang termasuk cukup banyak, tapi tidak perlu khawatir karena dalam hitungan tersebut, masih termasuk BAB normal pada bayi.

Baru setelah 1 bulan pertama, frekuensi buang air besar akan berkurang dari misalnya 4 kali sehari, menjadi hanya  1 kali dalam sehari. Terlebih jika dipengaruhi makanan tertentu, terkadang bisa BAB hanya 1 kali dalam seminggu. Untuk kasus seperti ini disarankan ibu juga tidak perlu khawatir dengan bentuk pola buang air besar yang satu ini, karena hal tersebut masih terbilang normal.

Mengetahui Warna Serta Konsistensi Dari Feses Anak.

Tentang warna dan konsistensi yang dimiliki oleh feses (tinja), biasanya hal ini ada kaitannya dengan bentuk makanan yang dikonsumsi olehnya. Pada bayi yang masih mendapatkan asupan ASI ekslusif, biasanya konsistensi feses akan lembek, dengan warna kuning agak ketuaan serta beberapa bagian yang terlihat menyerupai biji. Hal ini akan berbeda jika terjadi pada kondisi feses dari bayi yang telah diberikan konsumsi susu formula, yang mana memiliki tekstur padat serta warnanya menjadi lebih kecoklatan.

Beragam kondisi bayi yang mana seperti halnya kesulitan dalam melakukan BAB adalah saat bayi mengejan, dengan wajahnya yang memerah untuk mengeluarkan feses tersebut. Bahkan sebagian dari  beberapa bayi buang air besar dengan disertai tangisan karena rasa sakit yang terjadi.

Lebih dari itu, adalah hal yang wajib untuk hal yang wajib diperhatikan adalah tentang tekstur yang dimilikinya. Apakah padat? jika memang iya, maka bayi tersebut dapat dikategorian mengalami sembelit.

Diare pada si buah hati.

Tidak hanya anak, bahkan bayi pun juga mengalami Diare. Diare pada bayi biasanya diiringi dengan frekuensi yang cukup sering dari waktu biasanya. Kondisi fesesnya pun akan lebih lembek dan berair.

Penting untuk ibu ketahui jika Diare pada bayi dapat menyebabkan dehidrasi.

 Dengan mengetahui bagaimana pola dari buang air pada si kecil, akan membuat Anda sebagai orangtua lebih memperhatikan dan waspada jika mengalami kejanggalan saat anak buang air. Agar, nantinya bisa langsung dilakukan penanganan dan tidak terlambat. 
 
 Semoga bermanfaat.

By Hani Handayani - Bayi Jum'at, 26 Januari 2018 13:41:58

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…

  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

    1 Balasan

    Bayi

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas…


Bayi
Manfaat Berenang Bagi Bayi Untuk Masa Pertumbuhan

Berenang merupakan suatu kegiatan yang…

Bayi
Bahaya Bayi Kedinginan dan Cara Mencegahnya

Mekanisme pengaturan suhu tubuh pada…

Bayi
Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Prematur

Pentingnya pemberian ASI untuk bayi…

Tanya Bidan
Top