×

Manfaat Rambut Pubis dan Cara Merawatnya

Bagikan Artikel :


Pada saat pubertas, terdapat peran kelenjar androgen adrenal yang bertanggung jawab dalam memulai pertumbuhan rambut pubis. Setelah masa pubertas rambut pubis akan terus tumbuh seiring berjalanya waktu. Namun hasil pengamatan ilmiah menemukan bahwa setelah mencapai panjang tertentu, rambut pubis akan berhenti tumbuh. Kemudian rambut pubis akan gugur, dan akan tumbuh rambut baru. Batas tumbuh rambut pubis setiap orang berbeda. Tetapi rata-rata mencapai panjang 5cm. Seiring pertambahan usia, dan semakin berkurangnya hormon reproduksi, rambut pubis akan menipis.

Membiarkan rambut pubis dalam keadaan panjang 5 cm memang membuat tidak nyaman. Keadaan yang sangat lembab akan memudahkan bakteri tumbuh berkembang di sektar vulva sehingga membuat gatal dan berbau. Mencukur rambut pubis secara teratur untuk kesehatan organ reproduksi dianjurkan, asalkan tidak mencukur habis karena rambut pubis berperang menjaga kondisi kelembaban organ reproduksi luar. Mencukur rambut pubis tidak seperti saat mencukur rambut halus di wajah atau kaki. Anda membutuhkan lebih banyak kesabaran dan perhatian khusus karena area genital sangat sensitif.

Alat Yang Dibutuhkan untuk Mencukur Rambut Pubis

a. Sisir, gunting kecil khusus grooming

b. Alat cukur manual dengan kepala berlekuk (pivoting razor)

c. Krim atau gel cukur, jangan gunakan sabun

d. Minyak cukur (tanpa parfum)

e. Pelembap biasa (tanpa pewangi), atau gel lidah buaya

f. Kaca

Bedakan peralatan cukur rambut pubis dengan peralatan cukur rambut tubuh lainnya. Ada bakteri dan ragi tertentu yang hidup di area selangkangan. Risikonya, bakteri dan ragi ini bisa menyebabkan jamur, seperti kadas atau kurap, yang menyebar.

Langkah-langkah Mencukur Rambut Pubis

a) Pangkas rambut pubis terlebih dahulu dengan gunting kecil

Rambut pubis memiliki tekstur yang lebih tebal, kasar, dan cenderung keriting. Saat mencukur rambut panjang dan keriting ini, mata pisau cukur akan menarik batang rambut sehingga memudahkan untuk tumbuh kembali ke dalam kulit, dan menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, terburu-buru bercukur dapat menyebabkan luka cukur, gatal, atau rambut kesat (stubble). Sebelum mulai memangkas, gosok gunting dengan alkohol untuk mensterilkan mata pisaunya. Pangkas rambut pubis, tapi jangan sampai permukaan kulit untuk menghindari potensi rambut yang tumbuh ke dalam.

b) Awali dengan mandi airhangat

Awali dengan mandi air hangat untuk membuat proses bercukur lebih mudah dan tidak abrasif, serta menghindari dari risiko luka gores. Suhu hangat saat mandi memungkinkan kulit untuk melunak, dan meluruhkan minyak dan kotoran. Selain itu, air akan secara alami bertindak sebagai pelumas untuk melemaskan folikel rambut dan mencegah rambut tertarik. Setelah itu, keringkan dan tunggu beberapa menit untuk membiarkan kulit pulih.

c) Oleskan krim atau gel cukur

Pastikan kulit dalam kondisi lembap, tapi tidak terlalu basah. Jika memiliki kuas cukur, aplikasikan krim atau gel cukur dalam gerakan melingkar untuk mengangkat rambut dan mendapatkan hasil cukur yang lebih presisi. Tanpa kuas, cukup gunakan tangan Anda.

d) Mulai bercukur

Arahkan pisau cukur searah dengan lajur pertumbuhan rambut, jangan melawan arus. Menghadap kaca dan ditemani oleh pencahayaan ruang yang baik, gunakan tangan non-dominan Anda untuk menarik kulit genitalia Anda hingga tegang. Cukur perlahan dan jangan menekan pisau cukur. Hal ini akan membantu menghindari rambut kesat (stubble) dan rambut bertumbuh ke dalam. Metode ini juga akan mengurangi risiko iritasi atau bintil merah, karena mata pisau tidak akan menarik rambut ke arah yang berlawanan dengan arus tumbuhnya. Jangan mencukur di area yang sama terlalu sering. Bilas bersih alat cukur setiap kali selesai satu kali usapan dan sebelum memulai kembali.

Related Posts :

    e) Bilas bersih

    Setelah mencukur bersih, bilas area genitalia Anda untuk menghapus sisa-sisa krim cukur guna menghindari gatal-gatal. Keringkan dengan baik, tepuk-tepuk dengan handuk bersih dan jangan digosok.

    f) Oleskan pelembap

    Anda dapat mencegah gatal dan iritasi dengan mengaplikasikan after-shave lotion, atau pelembap biasa tanpa parfum. Parfum akan mengiritasi kulit. Pilih produk pelembap yang mengandung lidah buaya, atau gunakan gel lidah buaya lidah buaya bersifat menyembuhkan, untuk mengurangi sensasi gatal dan iritasi.

    Pertolongan Pertama pada Luka Iris/Gores

    Jika Anda tidak sengaja tergelincir saat bercukur, jangan panik. Pastikan untuk membersihkan daerah genitalia Anda secara menyeluruh dengan sabun dan air hangat, serta alkohol. Jika luka goresnya dangkal, cukup berikan sedikit tekanan dengan selembar tisu bersih yang dibasahkan. Tekan selama 10-15 menit tanpa dibuka. Ini akan menghentikan perdarahan minor.

    Jika perdarahan tidak berhenti setelah 15 menit, atau jika darah tampak mengucur keluar dari dalam luka Anda, segera dapatkan bantuan medis. Luka dalam mungkin akan memerlukan jahitan untuk menutup luka.

    Manfaat Mencukur Rambut Pubis

    1) Mencukur rambut pubis dengan tepat dapat membantu proses pembersihan produk kelenjar minyak atau keringat. Produk kelenjar ini dapat menyebabkan area kelamin menjadi lembab serta bakteri penyebab gatal, bengkak, dan kemerahan menjadi mudah berkembang biak.

    2) Rambut pubis yang tipis akan mencegah bersarangnya tungau
    atau kutu kelamin (Phthirus Pubis). Kalau terlalu tebal, pembersihan organ kelamin akan terganggu karena air yang kamu gunakan untuk membasuh tidak akan sampai ke organ tersebut.

    3) Rambut pubis yang tidak dicukur dapat membuat keringat tertahan dan menyebakan kelembaban meningkat. Pada akhirnya juga bisa menyebabkan infeksi bahkan keputihan. Nah, kalau dicukur, partikel kotoran dan sel-sel kulit mati jadi lebih mudah dibersihkan.

    4) Rambut pubis yang dicukur akan membuat organ reproduksi luar terlihat lebih bersih dan menarik bagi pasangan. Mencukur rambut pubis bisa meningkatkan gairah seksual saat sedang melakukan hubungan seksual.

    5) Rambut pubis yang terpotong pendek dan rapi akan membuat penis terlihat lebih besar saat ereksi. Ukuran penis akan terlihat optimal saat sedang melakukan hubungan seksual.

    6) Darah menstruasi yang tertinggal atau keputihan yang banyak akan menimbulkan rasa gatal pada kelamin jika belum di cukur. Berbeda jika rambut pubis sudah dicukur, akan lebih tipis dan lebih mudah saat harus membersihkannya.

    Mencukur rambut pubis memang memberikan manfaat yang cukup besar, asal tidak mencukurnya sampai habis dan dilakukan dengan berhati-hati. Mencukur rambut pubis sebenarnya menyehatkan, pertumbuhan jamur dan kuman pun akan terhambat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 23, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara menunda kehamilan

  • Oleh : Sumarni
  • 5 tahun yang lalu

    Assalamu allaikum…bu bidan.sy mau tanya.sya sdah 8 blan hbis mlahirkan.tpi suami dan ibu mertua sya kurang stuju dngan KB.tpi sya ragu tkut hamil lgi.agar sya tdak hmil lgi,bgaimana caranya dok?terimakasi

    Botol asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 6 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Haid

  • Oleh : Datulda
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum
    Bubid knapa ya
    Tanggal haid sya gak perna sama
    Pasti beda² kadang maju kadnag mundur

  • Oleh : Datulda
  • Masalah BAB

  • Oleh : 3215086001930005 Dedeh mahmudah
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan,anak saya usia 6 bulan,sudah di beri MPASI,,awal Minggu pertama bab lancar,tapi sekrang sudah seminggu belum BAB,bahaya tidak Bu untuk kesehatan anak saya.??? Tolong jawaban nya ya

  • Oleh : 3215086001930005 Dedeh mahmudah
  • Tanya Bidan