Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari untuk Kualitas Seksual


Untuk mengerti gairah seksual maka kita perlu melihatnya dari faktor fisik, psikologis, sosial, dan hubungan. Gairah seksual yang rendah sebagian besar di alami  oleh wanita. Menurunnya gairah seksual wanita dapat diakibatkan oleh berbagai hal, mulai dari naik-turunnya hormon, efek samping pil KB, kurang tidur dan kelelahan, ataupun karena sudah menginjak usia menopause.

Padalah kita tahu bahwa hubungan seksual adalah suatu kebutuhan pada kehidupan terutama dalam sebuah pasangan. Hal mudah untuk mempertahankan gairah seksual adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mampu meningkatkan gairah seksual. Nutrisi yang baik sangat penting dalam produksi hormon yang sehat untuk menjaga libido dan meningkatkan kualitas seksual.

Menurut penelitian, makanan kaya protein dapat membantu memberi dorongan seksual, sekaligus meningkatkan jumlah waktu yang Anda habiskan dalam berhubungan seksual. penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh dari makanan yang dikonsumsi dengan kesehatan seksual.

 

Makanan Pendorong Gairah Seksual.

1)    Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden merupakan sumber utama dari omega-3. Selain mengurangi peradangan tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung, omega-3 juga dapat membantu menaikkan kadar dopamin di dalam otak yang bisa meningkatkan gairah seks.

2)    Cokelat

Cokelat mengandung aphrodisiac dan magnesium yang bisa membuat Anda jadi lebih rileks. Terlebih cokelat hitam yang mengandung senyawa phenylethylamine. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal American Diabetic Association, senyawa tersebut memiliki fungsi untuk melepaskan endorfin untuk meningkatkan hasrat seksual. Bahkan, menurut hasil scan otak dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris diketahui bahwa mengonsumsi cokelat memberikan manfaat yang lebih besar untuk otak daripada sekedar berciuman.

3)    Bayam

Menurut sejumlah peneliti dari Jepang, bayam merupakan salah satu sumber makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual karena diperkaya oleh magnesium. Magnesium berfungsi terutama untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke organ reproduksi menjadi lebih lancar dan membuat Anda lebih mudah bergairah. Selain bayam, sayuran hijau lainnya seperti brokoli, kubis, kale, kol, dan pok choy juga mengandung folat, nutrisi penting untuk meningkatkan gairah seksua baik pada wanita maupun pria.

4)    Tiram

Termasuk makanan pembangkit gairah seksual yang sudah terkenal sejak zaman Romawi kuno. Tiram mengandung zinc yang sangat tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan gairah seksual dengan membantu produksi jumlah sperma dan produksi hormon testosteron.

Selain itu, tiram bisa mengoptimalkan fungsi sistem saraf, sebab asam lemak omegatiganya cukup tinggi. Tiram juga mengandung dopamine, yakni hormon yang dikenal bisa meningkatkan gairah seksual dan dihasilkan saat Anda orgasme.

5)    Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ternnyata mampu meningkatkan gairah seksual terutama kacang almond dan kacang mete. Kandungan seng dan Omegatiga yang memperlancar aliran darah, sehingga bisa meningkatkan libido. Makanan-makanan ini juga memiliki kadar dopamin tinggi, yang membantu memicu gairah dengan cara yang sama seperti cokelat.

6)    Alpukat

Buah ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, karena memiliki lemak sehat tak jenuh tunggal dan vitamin B6, yang semuanya membantu menjaga energi dan dorongan seksual Anda tetap tinngi. Alpukat juga merupakan sumber omega 3 yang bagus.

7)    Jahe

Manfaat jahe telah diakui di seluruh dunia selama berabad-abad sebagai obat. Jahe bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan flu, selain itu jahe mampu meningkat libido. Jahe menghangatkan darah dan berfungsi sebagai stimulan sistem peredaran darah, sehingga meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

 

Manfaat Vitamin Untuk Seksualitas

Vitamin-vitamin yang terdapat di dalam makanan tentunya sangat berkhasiat untuk tubuh karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat melancarkan sirkulasi dalam darah

1.      Vitamin A

Bukan hanya untuk mata, vitamin A juga berperan penting untuk meningkatkan gairah seks, karena meningkatkan produksi hormon seksual Anda. Agar gairah lebih menggelora, sebaiknya vitamin ini dikonsumsi oleh Anda dan pasangan.

2.      Vitamin B3

Vitamin ini punya tugas penting saat bercinta, yaitu meningkatkan aliran darah ke alat kelamin Anda. Aliran darah yang meningkat di area tersebut akan membantu Anda mencapai orgasme.

3.      Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan vitamin peningkat libido karena membantu mengendalikan produksi prolaktin yang tinggi dalam tubuh. Kadar prolaktin yang tinggi merupakan salah satu faktor penyebab perempuan sulit hamil, karena menghambat kesuburan perempuan dan mencegah terjadinya ovulasi.

4.      Vitamin B12

Vitamin B12 juga termasuk dalam vitamin yang meningkatkan gairah seks. Vitamin ini bekerja maksimal untuk para pria. Kandungan bahan aktif ini akan membantu memperbesar pembuluh darah di kelamin sehingga berpotensi membantu ereksi penis.

5.      Vitamin C

Vitamin C berperan untuk mensintesis hormon yang bisa meningkatkan gairah seks, kesuburan, dan membantu Anda agar lebih mudah terangsang.

6.      Vitamin E

Vitamin ini dikenal bagus untuk kulit, dan dianggap sebagai vitamin seks. Ini disebabkan karena vitamin E mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke alat kelamin Anda sehingga membantu meningkatkan produksi hormon seks

 

Makanan yang Mampu Mengurangi Gairah Seksual

 

a)    Roti Putih

produk karbohidrat olahan ini bisa mengurangi jam durasi hubungan seksual karena karbohidrat olahan bisa menurunkan kandungan seng dua pertiga. Sedangkan seng penting untuk meningkatkan seksualitas pada pria.

b)    Ganja

Seseorang yang mengonsumsi ganja akan membunuh dorongan seks selama 24 jam karena efeknya membuat seseorang kehilangan gairah.

c)    Alkohol

Alkohol berperan sebagai depressor di tubuh. Sehingga, menekan metabolisme, produksi hormon, dan stimulasi saraf.

d)    Gula

Mengonsumsi banyak gula akan menyebabkan perut buncit. Dalam jangka panjang, hal itu bisa mengurangi dorongan seksual. Karena gula darah tinggi menginduksi pelepasan insulin di tubuh, yang mengurangi produksi testosteron, hormon yang meningkatkan dorongan seksual Anda. Lemak perut yang membandel diketahui menghasilkan estrogen, yang bisa menurunkan gairah seks.

e)    Licorice

Tanaman akar manis Licorice cita rasanya yang khas dari asam glycyrrhizic, mengurangi produksi testosteron di dalam tubuh.

f)     Mint

Mint memang bagus untuk napas segar, tapi mentol dalam mint diketahui mengurangi kadar testosteron.

 

By Citra Dewi Amd.Keb - Seksualitas Rabu, 21 Maret 2018 13:53:46

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Hamil

    1 Balasan

    Seksualitas

    saya melakukan onani, kemudian saya mandi, ganti baju memakai sepatu lalu berkendara 15 menit kemudian tangan kanan saya jari telunjuk dan tengah menyentuh bagian atas vagina istri saya dan istri…

  • Kontrasepsi

    1 Balasan

    Seksualitas

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa).…

  • Pil Kontrasepsi

    1 Balasan

    Seksualitas

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa).…


Seksualitas
Menstruasi Jangan Jadikan Kendala Melakukan Hubungan Seksual

Bagi pasangan suami istri menstruasi…

Seksualitas
Waspada Maraknya Penyimpangan Seksual di Tempat Umum

Perilaku seksual adalah segala tingkah…

Seksualitas
Bolehkah Pendertia Stroke Aktif Melakukan Hubungan Seksual?

Stroke merupakan salah satu penyakit…

Tanya Bidan
Top