Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Baby Spa Mampu Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak


Bayi yang diberikan baby spa tentu akan berbeda tumbuh kembangnya dengan tumbuh kembang bayi yang tidak diberi baby spa. Hal ini dikarenakan rangkaian baby spa bertujuan merangsang saraf sensoris dan motoris bayi lebih dini dengan stimulus-stimulus tertentu sehingga bayi dapat tumbuh aktif serta lebih optimal baik secara fisik maupun mentalnya. 

Melalui kegiatan spa pada bayi dapat merasakan relaksasi karena ketika lahir bayi harus beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Bayi yang berada selama sembilan bulan terlindung di perut ibu yang gelap dan hangat, sedangkan ketika lahir harus menghadapi suhu yang dingin.

Proses perawatan baby spa sebaiknya ditangani oleh terapis yang berpengalaman. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan pilihan yang tidak mengakibatkan alergi pada bayi. Pengaturan dekorasi ruangan juga harus diperhatikan, beragam mainan untuk bayi dengan pertimbangan yang cermat dan warna-warna yang cerah untuk merangsang indra visual bayi.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari baby spa, maka sebaiknya baby spa dilakukan secara rutin yaitu seminggu dilakukan selama dua kali atau minimal satu minggu sekali.

 

Manfaat Baby Spa

1.    Pola tidur teratur, pengenalan terhadap lingkungan, serta ketenangan emosi yang lebih baik. Bayi yang dipijat selama kurang lebih 15 menit akan merasa lebih santai, tidur lebih lelap, dan lebih lama. Apabila bayi tidur lelap, perkembangan dan pertumbuhan bayi akan semakin baik.

2.    Merangsang dan menyeimbangkan hormon kortisol dan oksitosin. Hormon kortisol adalah hormon penyebab stres. Penurunan hormon kortisol akan membuat bayi lebih riang dan tidak suka menangis. Hormon oksitosin akan meningkat sehingga dapat menimbulkan rasa nyaman dan kasih sayang.

3.    Memperbaiki sistem imunitas bayi sehingga membuat bayi lebih sehat.

4.    Menstimulasi enzim-enzim yang ada di perut sehingga penyerapan nutrisi dalam tubuhnya lebih optimal.

5.    Merangsang hormon yang berpengaruh dalam meningkatkan nafsu makan bayi yaitu hormon gastrin dan insulin yang berperan penting dalam proses penyerapan makanan. Bila produksi kedua  hormon ini meningkat maka penyerapan makanan dan nafsu makan juga akan meningkat sehingga berat badannya akan naik.

6.    Memperlancar peredaran darah dan membantu menguatkan otototot bayi.

7.    Mencegah bayi mengalami kembung dan kolik.

8.    Mempengaruhi perkembangan motorik kasar yang membutuhkan keseimbangan dan koordinasi antara anggota tubuh dengan otot-otot besar, seperti otot lengan atau tungkai. Salah satu stimulasi motorik kasar yang bisa dilakukan yaitu bayi dalam posisi mengambang pada saat berenang yang memungkinkan eksplorasi tubuh sekaligus sehingga otot-otot akan terlatih dan terstimulasi secara optimal

9.    Mempengaruhi perkembangan motorik halus yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dan tangan. Stimulasi bisa dilakukan dengan cara kegiatan bermain secara rutin.

10.  Mempengaruhi perkembangan otak secara optimal. Stimulasi bisa dilakukan dengan cara dipijat. Sentuhan pada pijatan akan merangsang saraf dan otot untuk disampaikan ke otak sehingga merangsang tumbuh kembang fisik dan otak yang lebih baik. Semakin sering bagian otak tersebut mendapat stimulasi maka sinapsis akan sering diaktifkan sehingga menjadi semakin kuat.

11. Mempengaruhi personal sosial yang dalam hal ini adalah interaksi sosial.

12. Mempengaruhi kemampuan berbahasa yang mencerminkan kemampuan intelektual atau kecerdasannya. Komunikasi nonverbal sangat penting karena membantu perkembangan sel sensorik. Stimulasi bisa dilakukan pada saat memijat, ibu sebaiknya mengajak bayi berbicara dengan menerangkan kegiatan yang dilakukan, diiringi dengan ekspresi muka seperti tersenyum dan tertawa.

13.  Menyehatkan organ tubuh dan mengoptimalkan kemampuan organ sensoris, seperti indra peraba, penciuman, penglihatan, pendengaran serta keseimbangan. Berenang dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi karena gravitasi air tidak telalu besar sehingga bisa melatih otot-otot lebih efektif.

 

Tahapan Baby Spa

Baby Spa memiliki 3 tahap

Tahap Pijat Bayi

Pijat bayi adalah mengurut bagian tubuh untuk melemaskan otot sehingga peredaran darah lancar yang dilakukan pada seluruh permukaan tubuh bayi. Seni pijat adalah terapi sentuhan kulit dengan menggunakan tangan. Pijat meliputi manipulasi terhadap jaringan atau organ tubuh dengan tujuan pengobatan serta sebagai istilah yang digunakan untuk menggambarkan gerakan manipulasi tertentu dari jaringan lunak tubuh. Manfaat Pijat Bayi salah satunya adalah

·   meningkatkan berat badan dan pertumbuhan, bayi yang dipijat secara teratur sejak lahir sering memperoleh peningkatan berat badan yang lebih cepat dari bayi lainnya mungkin karena pijatan merangsang produksi hormonhormon pertumbuhan.

·     Stimulasi sentuh dapat merangsang semua sistem sensorik dan motorik yang berguna untuk pertumbuhan otak, membentuk kecerdasan emosi, intrapersonal dan untuk merangsang kecerdasan-kecerdasan lain.

·     Meningkatkan daya tahan tubuh, pemijatan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan dengan pijat dapat meningkatkan kekebalan sel pertumbuhan alami

·     Meningkatkan konsentrasi bayi dan membuat bayi tidur lelap. Hal ini disebabkan pijatan dapat mengubah gelombang otak. Umumnya bayi yang dipijat akan tertidur lebih lelap, meningkatkan kesiagaan (Alertness) dan konsentrasi. Perubahan ini terjadi dengan cara menurunkan gelombang alpha dan meningkatkan gelombang beta serta tetha yang dapat dibuktikan dengan penggunaan EEG (Electro Enchephatograp).

·   Membina ikatan kasih sayang orang tua dan anak (bounding). Sentuhan dan pandangan kasih sayang orang tua pada bayinya akan mengalirkan kekuatan jalinan kasih diantara keduannya. Pada perkembangan anak, sentuhan orangtua adalah dasar perkembangan komunikasi yang akan memupuk cinta kasih secara timbal balik.

·     Meningkatkan produksi ASI Teknik pemijatan bayi yang tepat akan meningkatkan beberapa hormon saluran cerna, oleh sebab itu bayi akan cepat merasa lapar dan sering minum ASI. Tentu saja itu memberikan umpan balik kepada ibu. Makin sering ASI diisap oleh bayi, sehingga merangsang produksi ASI yang semakin lancar.

Tahap Senam Bayi 

Senam bayi merupakan latihan untuk membantu stimulasi pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf dan motorik bayi secara optimal. Melalui senam bayi, kedekatan (bounding) antara ibu dan bayi akan semakin kuat. Dengan senam bayi juga bisa mengetahui perkembangan yang salah pada bayi secara dini sehingga dapat dilakukan tindakan antisipasi yang tepat agar bayi tumbuh normal. Senam bayi sangat penting untuk menguatkan otot-otot dan juga sendi-sendi pada bayi sebagai persiapan bayi untuk duduk, berdiri, dan berjalan. Senam bayi dilakukan berdasarkan pola perkembangan bayi. Manfaat Senam Bayi salah satunya adalah  

·      Menguatkan otot-otot dan persendian

·      Meningkatkan perkembangan motorik.

·      Meningkatkan fleksibilitas atau daya kelenturan tubuh.

·      Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan.

·      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan fungsi tubuh.

·      Memperkuat interaksi antara orang tua dan anaknya.

·      Memperlancar peredaran darah dan memperkuat jantung.

·      Memudahkan orang tua mendeteksi secara dini adanya gangguan atau hambatan pertumbuhan dan perkembangan.

·      Meningkatkan kemampuan bayi merespon rangsang dari lingkungan.

·    Memberi kesempatan kepada bayi untuk bereksplorasi dengan bagian tubuhnya sendiri.

Tahap Renang Bayi

Selain menyenangkan, berenang merupakan kegiatan yang bermanfaat. Menurut penelitian, bayi yang diajari berenang memiliki keseimbangan tubuh dan daya memegang lebih baik. Manfaat Renang Bayi

·    Berenang sejak lahir sangat baik untuk kesehatan dan pengembangan bayi serta pengenalan awal akan mencegah bayi mengalami ketakutan air yang dapat berkembang di kemudian hari dalam masa kanak-kanak.

·      Air membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan (sensitivitas vestibular). 

·      Mengembangkan kemampuan motorik, keterampilan sosial dan kecerdasan.

·      Memperkuat jantung, paru-paru, sistem pernapasan dan membantu perkembangan otak.

·      Belajar untuk merespon perintah dapat membuat bayi lebih tajam secara mental dan meningkatkan tingkat pemahaman.

·      Berenang secara teratur dalam air hangat baik relaks bayi Anda dan merangsang nafsu makan, menyebabkan tidur meningkat dan pola makan baik

·      Mencegah fobia air di kemudian hari. Orangtua sebaiknya melakukan intervensi berenang pada bayi sejak dini pada anaknya agar tidak fobia terhadap air.

 

Waktu yang Tepat dilakukan Baby Spa

a)     Usia minimal bayi untuk baby spa adalah 2-6 bulan karena diusia tersebut kepala bayi sudah kuat dan tegak.

b)     Bayi sudah memiliki berat badan minimal 5 kg.

c)     Pada saat pergi ke baby spa, pastikan bukan jam tidur si Kecil.

d)     Pilih jadwal pemijatan 1 jam setelah makan atau minum susu.

e)     Bila saat akan melakukan baby spa, si Kecil tertidur, tunggu sampai si Kecil bangun. Hindari membangunkan si Kecil saat karena bisa membuatnya trauma atau kaget dan membuat kualitas tidur si Kecil menjadi berkurang.

f)      Bila Bunda sudah menjadwalkan si Kecil untuk baby spa tetapi ternyata si Kecil dalam kondisi kurang sehat, sebaiknya Bunda mencari tahu terlebih dahulu penyebab sakitnya, karena tidak semua pemijatan dapat membuat bayi menjadi lebih rileks.

g)     Amati dan kenali posisi yang nyaman pada bayi saat ingin dipijat. Jika si Kecil tidak dalam posisi tubuh yang nyaman, hal itu akan membuatnya cepat bosan. Tidak semua bayi mau menerima untuk dipijat setiap saat.

h)     Pastikan Bunda dan Ayah mempunyai waktu yang cukup untuk menemani si Kecil baby spa karena ada kemungkinan memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Bila terburu-buru, hal ini bisa memengaruhi rasa nyaman si Kecil.

i)       Jadwalkan si Kecil untuk baby spa minimal satu bulan sekali atau bila memungkinkan seminggu sekali.

 

By Citra Dewi Amd.Keb - Bayi Jum'at, 23 Maret 2018 11:33:26

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit tifes

    1 Balasan

    Bayi

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit...tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya…

  • Sulit makan MpAsi....,,

    1 Balasan

    Bayi

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau…

  • Disentri

    1 Balasan

    Bayi

    Cara mengatasi disentri dok

  • Masalah gigi bayi

    1 Balasan

    Bayi

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak…

  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

    1 Balasan

    Bayi

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas…


Bayi
Cara Mudah dan Aman Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Seiring dengan bertambahnya usia, bayi…

Bayi
Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif Dengan Aman

Kulit bayi yang memiliki kulit…

Tanya Bidan
Top