×

Penularan Gonore pada Bayi Baru Lahir

Bagikan Artikel :


Gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum dan tenggorokan atau bagian putih mata (konjungtiva) dan bagian tubuh yang lain. Gonore adalah infeksi bakteri yang dapat ditularkan melalui seks genital, oral, atau anal. Ini juga bisa menyebar dari seorang wanita yang terinfeksi ke bayinya saat melahirkan. Masa inkubasi (waktu yang diperlukan untuk mengembangkan infeksi) biasanya dua hingga 10 hari setelah terpapar.

Pada ibu hamil, penyakit menular seksual gonore dapat memengaruhi kehamilan dan bayi yang baru lahir. Namun tidak perlu khawatir karena bukan tidak mungkin untuk memiliki kehamilan yang aman dan sehat saat mengalami kencing nanah (gonore). Anda perlu penanganan yang intensif dan disiplin dengan dokter untuk pencegahan infeksi pada bayi.

Tanda Gejala Gonore

1. Rasa terbakar saat buang air kecil

2. Meningkatnya keputihan yang abnormal

3. Pendarahan vagina tidak teratur

4. Gatal dan nyeri pada anus

5. Pendarahan dari anus (untuk pria dan wanita)

6. Gerakan usus yang menyakitkan (untuk pria dan wanita) Umumnya, jika diobati, gonore dapat sepenuhnya dihilangkan. Namun, efek jangka panjang dapat terjadi dengan perawatan yang tertunda.

Efek Gonore pada Wanita Jangka Panjang

Bagi wanita yang mengidap penyakit gonore yang tidak diobati akan dapat menyebar melalui rahim ke tubafalopi. Saluran tuba menghubungkan ovarium ke rahim dan mengangkut telur yang telah dibuahi selama kehamilan. Jika gonore yang tidak diobati menyebar daerah ini, hasilnya adalah penyakit radang panggul (PID). Penyakit radang panggul menyebabkan jaringan parut yang dapat memblokir saluran tuba, menyebabkan kehamilan ektopik, infertilitas, dan nyeri panggul kronis.

Mencegah Penularan Gonore Selama Kehamilan

Untuk mencegah komplikasi selama kehamilan, Anda disarankan mengikuti skrining untuk gonore saat hamil pada kunjungan kehamilan pertama Anda. Jika Anda merasa gejala-gejala seperti terjangkit gonore atau penyakit menular seksual lainnya, segera pergi ke dokter atau rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan tes laboratorium. Tes laboratorium akan menggunakan sampel berupa lender dari leher rahim. Jika hasilnya positif, tes tersebut akan diulang dalam dua sampai empat pekan kemudian.

Pemeriksaan ini harus dilakukan oleh kedua belah pihak, Anda dan pasangan Anda, untuk mencegah kemungkinan penyakit seksual menular kembali didapatkan dari pasangan yang tidak diobati. Selain itu, suami istri yang sedang menjalani terapi pengobatan tidak boleh melakukan hubungan seksual sampai pengobatan benar-benar selesai dan dinyatakan tidak lagi mengidap infeksi ini.

Gonore dapat diobati dengan antibiotik yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Pengobatan juga harus dilakukan kepada pasangannya. Sedangkan bayi yang lahir dari ibu dengan gonore akan diobati matanya segera setelah lahir untuk mencegah infeksi. Jika infeksi mata berkembang, bayi dapat diobati dengan antibiotik.

Risiko pada Bayi dari Ibu yang Terinfeksi Gonore

Gonore, jika tidak diobati, dapat menyebabkan peningkatan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Selain itu, gonore dapat ditularkan dari ibu ke bayi yang baru lahir selama persalinan per vaginam, yang dapat menyebabkan infeksi mata yang parah jika tidak ditangani.

Penanganan Bayi Baru Lahir dari Ibu dengan Gonore

Jika Anda mengalami infeksi gonore (kencing nanah) saat melahirkan, Anda bisa menularkan bakteri ke bayi Anda. Gonore pada bayi baru lahir paling sering mempengaruhi mata. Sebagai tindakan pencegahan bahwa semua bayi baru lahir harus diberikan obat tetes mata atau salep segera setelah lahir.
Jika tidak ditangani, infeksi gonore pada bayi dapat menyebabkan kebutaan atau menyebar ke bagian lain dari tubuh bayi, menyebabkan masalah seperti infeksi darah atau sendi dan meningitis.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 23, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Difungsi ereksi

  • Oleh : Bagas Atmojo
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu saya Bagas saya ingin menanyakan difungsi ereksi. Saya sudah ada gejala yang ibu sampaikan di yautube. Mr p tidak berdiri pada pagi loyo dan susah untuk ereksi kembali. Saya sering mestrubrasi dengan ornani sehari satu kali. Terahkir saya hari Jumat kemarin setelah itu saya merasakan aneh dengan keadaan saya karena pas waktu menstrubasi itu pas puncak puncaknya saya kepikiran dengan masalah kerjaan dan ahkirnya langsung mengerut Mr p saya dan sudah bget untuk berdiri kembali padahal saya udah mau puncaknya setelah itu saya menstrubasi lagi susah bget berdiri dan ahkirnya berdiri saya kocok trus dan alhasil keluar dan setelah itu besok nya. Mr p saya mengalami difungsi ereksi.. saya binggung dan panik kadang sedih dan sampai sekarang masih seperti itu hasrat nafsu menghilang saya harus gimana ini bu

  • Oleh : Bagas Atmojo
  • Menstruasi yang tidak teratur

  • Oleh : herry sinaga
  • 6 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan,

    aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu.

    hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan, dan menyebabkan susah hamil atau tidak?

    atau daya da kelainan hormon atau bagaimana bu? dan cara mengatasinya bagaimana agar jika ada kelainan saya bisa mengobatinya sejak dini bu bidan.

    terimakasih

    Jaga Produksi

  • Oleh : Miftahul Fikri
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya duda yang ingin tanya bagaimana cara jaga kesuburan sperma di masa duda?

    gatal gatal saat hamil

  • Oleh : heidi8931881
  • 7 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

    Tanya Bidan