Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Benarkah Payudara Besar Lebih Berpeluang Terkena Kanker Payudara ?


Memiliki payudara yang besar, padat dan berisi memang dambaan hampir semua wanita. Hal ini karena wanita merasa dengan bentuk payudara seperti itu akan terlihat lebih seksi dan menarik. Namun, pada kenyataannya, memiliki payudara besar bisa membuat seorang wanita justru lebih rentan terkena kanker payudara.

Menurut dr.Saptadi Setia Basuki, Sp.B.Onk, semakin besar ukuran payudara, makin besar pula jaringan payudara yang dimiliki. Karena jaringannya besar ini berarti sel-selnya juga lebih banyak. Sel-sel ini jika mengalami mutasi genetik bisa bermutasi menjadi sel kanker.

 

Besarnya Payudara Dikaitkan dengan Faktor Obesitas

Ukuran payudara yang lebih besar lebih sering terjadi pada obesitas yang dikaitkan dengan kanker payudara pada wanita sebelum dan sesuadah menopause. Wanita dengan payudara besar memiliki stadium penyakit yang lebih lanjut karena payudara wanita gemuk yang lebih besar dapat membuat sulit untuk mendeteksi penyakit dini dengan pemeriksaan SADARI. Hasil buruk dari kanker payudara pada obesitas dapat dikaitkan dengan ukuran tumor yang lebih besar. 

 

Payudara Kecil Lebih Mudah di Deteksi

Wanita yang payudaranya kecil, lebih mudah di deteksi secara dini. Sekecil apapun benjolannya, teraba dengan cepat. Jadi bisa diketahui dengan cepat dan tidak terlambat ditangani. Sedangkan wanita yang cenderung memiliki payudara ukuran besar, sulit mendeteksi benjolan yang masih ukuran kecil. Selain itu bentuk payudara yang besar juga sulit di-mamografi. Dengan begitu, cenderung ditemukan saat kankernya sudah memasuki stadium akhir.

 

Ukuran Payudara yang Berpeluang Terkena Kanker

Peluang terkena kanker antara payudara kecil dan besar sama. Hanya saja, payudara besar lebih sulit mendeteksi benjolan kecil karena lemak yang terkandung di dalamnya lebih banyak, sehingga ditemukannya saat sudah stadium 3 atau 4 dan sudah menyebar. Selain pemeriksaan SADARI, payudara yang berukuran besar bisa melakukan USG jika mencurigai adanya risiko kanker. 

By Citra Dewi Amd.Keb - kesehatan reproduksi Selasa, 15 Mei 2018 14:33:30

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Menstruasi yang terlalu lama

    1 Balasan

    kesehatan reproduksi

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai…

  • Memperlancar haid

    1 Balasan

    kesehatan reproduksi

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas…

  • kebidanan

    1 Balasan

    kesehatan reproduksi

    Bu bidan saya kemarin menikah dan melakukan hub intim bersama suami saya tapi ga keluar darah. Katanya kalo ga keluar darah saat malam pertama ga perawan. Mohon penjelasanya


kesehatan reproduksi
kesehatan reproduksi
kesehatan reproduksi
Dampak Video Porno dalam Sensitivitas Kegiatan Seksual

Dengan berulang kali menonton video…

Tanya Bidan
Top