Asupan Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil

Saat wanita sedang hamil, wanita harus ekstra teliti dalam mengkonsumsi makanan yang dia makan. Hal ini karena sangat berpengaruh bagi kesehatannya dan juga kesehatan janin yang ada dalam kandungannya ini. Dengan mencukupi asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, maka anda akan mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya ini. Perlu diketahyi, bahwa ada beberapa jenis makanan yang memang sangat baik bagi kesehatan anda dan janin, atau juga ada beberapa jenis makanan yang justru sangat buruk bagi kesehatan janin anda ini. Hal ini akan menjadi salah satu hal yang memang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh anda ini. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan, dimana saat kita mengkonsumsi makanan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh maka otomatis kita akan terkena berbagai jenis masaah yang membahayakan kesehatan.

Agar ibu hamil ini memiliki kesehatan yang luar biasa, sebaiknya anda mengkonsumsi jenis asupan gizi seperti berikut ini :


  • Zat Besi

Hati, daging dan juga ikan merupakan salah satu dari beberapa jenis makanan yang mengandung kandungan zat besi. Kandungan yang ada di dalam makanan ini mampu membantu anda dalam membentukan sel darah merah dan bahkan juga merupakan salah satu jenis kandungan yang bisa mencegah datangnya masalah anemia pada ibu hamil ini.

  • Asam Folat

Salah satu dari beberapa asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil ini adalah jenis asupan asam folat. Asam folat ini merupakan jenis kandungan yang sangat penting dan perlu di penuhi oleh para ibu hamil, karena ini merupakan jenis kandungan yang memang mambantu fungsi saraf bayi yang ada di dalam kandungan anda ini. Jika kandungan ini tidak terpenuhi, maka kemungkinan besar anda kemungkinan anak lahir dengan beberapa kelainan ini akan dirasakan.

  • Vitamin

Untuk membantu mempertumbuhkan tulang bayi, menghindari kerusakan otak, melindungi jaringan dari otak, menjaga kesehatan gusi dan gigi ini perlu terpenuhi kandungan vitamin yang memang banyak. Semua jenis makanan ini sebenarnya sangat baik dan mengandung banyak vitamin, namun ada beberapa jenis makanan yang sangat disarankan dan dipercatya mengandung banyak vitamin seperti sayuran, buah, telur, susu, kuning dan juga hati ikan. Kandungan yang ada di dalam makanan ini sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.

  • Kalsium

Janin yang ada di dalam tubuh anda ini sangat perlu mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Hal ini sangat perlu di perhatikan karena kalsium ini merupakan salah satu jenis kandungan yang bisa membantu janin untuk pembentukan gigi danjuga tulang. Tidak hanya bagi bayi saja, namun kandungan ini juga sangat baik bagi para ibu hamil seperti mampu terhindar dari masalah osteoporosis, sehingga tulang anda menjadi kuat dan juga terjaga. Kalsium ini terkandung di dalam kacang kacangan, sayuran hijau dan juga susu.

  • Kalori

Biasanya,ibu hamil ini perlu mendapatkan tambahan kalori setidaknya 300-100kkal perharinya dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil. Jika anda bingung perlu mengkonsumsi makanan apa, sebaiknya anda mengkonsumsi jenis makanan 4 sehat 5 sempurna, di mana jenis makanan ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Protein

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kandungan protein merupakan jenis kandungan yang mampu membuat pembentukan sel darah. Konsumsi jenis makanan kacang kacangan, daging, tahu dan juga tempe karena di dalam makanan ini mengandung kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda ini.

Itulah beberapa asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung kandungan kandungan tersebut, maka anda akan terhindar dari berbagai jenis masalah keluhan kesehatan dan bahkan anda janin yang ada di dalam tubuh anda akan lahir dengan sempurna. Konsumsi makanan makanan ini agar anda mendapatkan manfaatnya ini.

Curhat Bidan | Hal Yang Bisa Menimbulkan Persalinan Prematur

Diskusi Dari: devy
devy

selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

Dijawab Oleh : devy
Diskusi Dari: Resti Yani Asyarry
Resti Yani Asyarry

Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

Dijawab Oleh : Resti Yani Asyarry
Diskusi Dari: Lisa Natali
Lisa Natali

Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara untuk mengatasi bau pada kelamin anak, anak saya perempuan umur 5 tahun mohon jawabannya

Dijawab Oleh : Lisa Natali
Diskusi Dari: Nandini
Nandini

Selamat siang,
Saya Nandini dan saat ini saya tengah hamil memasuki minggu ke 6. Bagi seorang ibu yang menginginkan kehamilannya tetap sehat, terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada janin. Apa yang seharusnya saya konsumsi. Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : Nandini
Diskusi Dari: Rati aulia
Rati aulia

Selamat siang ibu bidan, Saya sekarang sedang hamil 12 minggu, udah 3 hari ini daerah miss V saya mengeluarkan lendir seperti keputihan, terkadang tembus keluar celana, kira-kira itu kenapa ya bu? apakah tanda kalau kandungan saya berbahaya? karena sebelum lendir itu keluar, saya sering gendong anak kecil juga masih mengerjakan pekerjaan berat, saya juga minum minuman bersoda.

Seminggu sebelum ini terjadi, daerah miss V saya juga mengeluarkan flek kecoklatan kemerahan seperti darah, tapi bidan di dekat tempat tinggal saya itu tidak apa-apa. hanya saja disarankan untuk tidak sering berhubungan suami isteri dulu. Jadi, kandungan saya kira-kira ada masalah ga ya? apakah ada bahaya? apa boleh saya menggunakan cairan pembersih daerah V untuk menghilangkan lendir juga flek tadi?? ditunggu jawabannya ya bu, terima kasih

Dijawab Oleh : Rati aulia