Cara Dan Tips Jitu Untuk Mengatasi Anak Yang Picky Eater

Mengatasi anak yang picky eater atau anak sulit makan dan cenderung memilih makanan, seperti tidak mau makan selagi makanan kesukaannya tidak di hidangkan sering kali mejadi masalah tersendiri bagi para orang tua. Kondisi tersebut sering kali terjadi pada saat anak mulai di perkenalkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang padat. Terutama pada anak usia 6 bulan hingga anak berusia 6 tahun. Bahkan kondisi ini pun tak jarang dapat terbawa hingga kelak mereka tumbuh dewasa.

Masalah picky eater ini sebaiknya segera diatasi dengan segera. Karena jika anak memiliki kebiasaan ini berkepanjangan, maka dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan anak. Dan bisa jadi anak mengalami kekurangan gizi, karena asupan gizinya kurang seimbang. Hal tersebut jelas dapat mempengaruhi petumbuhan si kecil.

Ada beberapa hal yang dapat menjadikan anak picky eater seperti si anak sedang kehilangan napsu makan, mengikuti pola makan di lingkungannya termasuk kebiasaan makan orang tuanya sendiri. Maka dari itu, jika anak anda mengalami picky eater sebaiknya mulai dari diri anda terlebih dahulu. Dan jika perlu anda juga bisa menerapkan beberapa tips jitu menghadapi anak yang picky eater berikut ini.

Cara dan tips jitu untuk mengatasi anak yang picky eater

Ada beberapa tips maupun cara yang cukup jitu untuk menghadapi atau mengatasi anak yang picky eater:

Buat suasana senyaman mungkin saat anak makan
Menciptakan suasana yang nyaman sewaktu anak makan adalah hal yang cukup penting. Termasuk meluangkan waktu untuk makan bersama di meja makan keluarga, sehingga anak bisa merasakan kebersamaan dan merasa nyaman. Hal tersebut bertujan untuk menumbuhkan minat anak supaya bersedia untuk menyantap makanan yang telah di sediakan. Jika anda tidak bisa meluangkan waktu setiap hari untuk makan bersama, maka setidaknya minimal satu minggu sekali anda harus meluangkan waktu untuk makan bersama keluarga di akhir pekan.

Atur jadwal makannya secara teratur
Jadwalkan makan anak secara teratur 3 kali dalam sehari. dengan 3 kali jadwal mengonsumsi makanan berat dan juga 2 kali jadwal makanan penutup. Usahakan berikan makanan dengan porsi takaran dan gizi yang seimbang yaitu empat sehat lima sempurna.

Hidangkan menu makanan yang variatif dan juga menarik untuk si kecil
Anak yang picky eater juga bia di sebabakan akibat mereka bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Dan bisa juga di sebabkan karena bentuk makanan yang kurang menarik untuk anak. Maka dari itulah, sebaiknya orang tua lebih mengerti akan keinginan sang anak. Atau anda juga bisa langsung menanyakan kepadanya menu apa yang ia inginkan untuk hari ini, atau juga anda bisa langsung menyajikan makanan untuknya dengan varian menu yang variatif dan juga menarik.

Berikan cemilan ringan yang sehat
Jika anda inginr memberikan cemilan pada anak, sebaiknya tidak memilih cemilan yang mengandung karbohidrat tinngi terlebih saat mendekati jam makan anak. Hal tersebut di karenakan anak dapat merasa kenyang yang pada akhirnya aak tidak mau makan. Maka dari itu sebaiknya berikan cemilan sehat yang rendah kalori seperti biskuit, buah, sayur dan jenis cemilan lainnya yang rendah akan kandungan karbohidratnya.

Biarkan saja
Jika si picky eater ini masih saja susah makan meski anda telah menerapkan berbagai tips diatas, maka tidak ada salahnya untuk membiarkan ia tidak makan. Karena toh jika nanti jika ia sudah lapar, ia pun akan kan mengambil makanan yang ada di atas meja makan yang telah anda hidangkan sebelumnya. Sehingga anda tidak perlu khawatir dan tkut anak anda kelaparan. Karena mereka sendiri memiliki inisiatif tersendiri untuk bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka sendiri.

Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai cara dan tips jitu untuk mengatasi anak yang suka picky eater ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan khusunya para orang tua yang kini di hadapkan dengan permasalahan yang serupa.

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Rachel
Rachel

Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh : Rachel
Diskusi Dari: Cheriesa Maradeka Kusuma
Cheriesa Maradeka Kusuma

Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

Dijawab Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
Diskusi Dari: Dini
Dini

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

Dijawab Oleh : Dini
Diskusi Dari: Elhazima
Elhazima

Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

Dijawab Oleh : Elhazima
Diskusi Dari: Fani Laura
Fani Laura

Halo Bu Bidan, saya mau tanya setelah saya keguguran mengkonsumsi obat aborsi. Saya mengalami pendarahan tapi hanya berlangsung selama 2 hari, saya mau tanya apa rahim saya sudah bersih atau belum bu bidan ? Apa saya perlu melakukan kuret ? Satu hari setelah keguguran saya merasa mual dan muntah bu bidan, makasih sebelumnya 🙂

Dijawab Oleh : Fani Laura