Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak

Mata adalah salah satu panca indra yang memiliki peran penting bagi setiap orang. Maka dari itu, kita wajib memelihara kesehatan mata, apalagi pada anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Anak-anak tidak sama dengan orang dewasa, kesehatan mata mereka masih rentan karena mereka masih dalam proses pertumbuhan sehingga harus benar-benar diwaspadai dan diperhatikan asupan makanannya.

Sering tidak kita sadari banyak sekali penyakit mata yang mengintai, mulai dari katarak, miopi, rabun jauh, prebiopi, kelelahan mata, iritasi, dll. Nah, padahal banyak sekali cara agar mata sehat dan terhindar dari penyakit yang bisa kita lakukan, tidak harus mahal. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menjaga kesehatan mata pada anak-anak.

Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak


Hindari melihat terlalu dekat
Ajaklah buah hati Anda untuk memandang jauh dan banyak beraktivitas di luar rumah. Ibu juga sebaiknya menjaga si kecil untuk tidak melihat terlalu dekat.

Posisi membaca benar
Saat Anda mengajarkan anak membaca, ingatkanlah anak untuk duduk dalam posisi yang baik. Hindari membaca dalam keadaan berbaring atau posisi miring. Selain itu, larang anak membaca atau bermain game di ruangan yang cahayanya kurang terang.

Hindari menonton TV terlalu dekat
Sebaiknya para orang tua larang jika buah hati Anda menonton TV terlalu dekat, jarak atntara si kecil dan TV yang dianjurkan adalah 4x diagonal TV.

Pemandangan di Kendaraan

Hindari anak bermain game disaat mobil sedang melaju, sebaiknya arahkan buah hati Anda untuk melihat-lihat aktivitas di luar mobil daripada waktu perjalanan dihabiskan untuk bermain game atau membaca buku di tempat bergerak.

Istirahatkan mata
Jangan paksa mata untuk bekerja terlalu lama. Misalnya saat membaca 1 jam, istirahatkan mata setidaknya 10 menit.

Bijak Memakai Gadget
Menurut dr. Florence Meilani Manurung, spesialis mata dari Jakarta Eye Center, biasanya ia akan menyarankan pasiennya untuk memberikan ijin buah hati memakai gadget, maksimal 2 jam setiap minggu. Apabila orang tua disiplin menerapkan hal tersebut, maka dapat berdampak baik pada kesehatan mata anak.

Asupan vitamin A yang cukup
Ajarkan buah hati Anda untuk rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Misalnya wortel, pepaya dan alpukat. Atau Anda juga memberikan buah hati Anda suplemen yang mengandung vitamin A. Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan mata anak Anda ke spesialis mata.

Nah, jadi itulah moms beberapa tips menjaga kesehatan mata buah hati. Semoga bermanfaat yah moms, dan bagi Anda yang berminat untuk bertanya pada kami, silahkan tanyakan di form tanya bidan dan kami akan menjawabnya. Dan semoga artikel kami membantu Anda dalam mendapatkan informasi tepat untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Terimakasih

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Natasha
Natasha

Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

Dijawab Oleh : Natasha
Diskusi Dari: Indri Zilvia Inssan
Indri Zilvia Inssan

Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

Dijawab Oleh : Indri Zilvia Inssan
Diskusi Dari: Maharani
Maharani

Selamat sore bu bidan, kenapa yah setiap menjelang menstruasi saya jadi mudah marah dan lebih sensitif? bagaimana sih cara mengatasi PMS itu bu bidan? Terimakasih:)

Dijawab Oleh : Maharani
Diskusi Dari: Nina Nuraeni
Nina Nuraeni

Selamat Pagi,
Saya Nina saya mau bertanya, bagaimana Cara Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan pada Ibu Hamil ?

Dijawab Oleh : Nina Nuraeni
Diskusi Dari: Naima Ulfatunnisa
Naima Ulfatunnisa

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

Dijawab Oleh : Naima Ulfatunnisa