Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

bagaimana cara merawat kulit bayi baru lahir


Sheila Marwah

By Sheila Marwah
Sabtu, 16 Juli 2016 13:19:17

Selamat siang bu bidan, saya mau nanya bagaimana cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Bulan lalu saya melahirkan dan masih bingung untuk perawatan kulit anak saya. Saya takut salah pakai produk untuk bayi karena kulit bayi baru lahir katanya sangat sensitif mohon di jawab ya bu bidan terima kasih sebelumnya



Admin
Visitor

By Admin
Sabtu, 16 Juli 2016 14:21:37

Selamat siang juga mba sheila marwah. Kondisi kulit bayi baru lahir yang masih lembut dan sangat halus ini memang sangat sensitif. Akibatnya jika salah dalam perawatannya maka akan menyebabkan iritasi. Penggunaan prooduk peratawan bayi yang tidak tepat dan tidak hati sering kali menyebabkan munculnya beberapa masalah kulit seperoti kulit kering, lecet, juga ruam. Tentunya bunda di haruskan untuk lebih paham bagaimana cara yang benar dalam perawatan kulit bayi baru lahir. Masalah kulit tersebut memang sangat cepat memberikan respon karena sistem kekebalan bayi baru lahir yang masih rendah. Maka dari itu beberapa trik untuk merawat kulit nbayi baru lahir yang benar.

Jangan mandi terlalu sering
Untuk bayi baru lahir terlalu sering bersentuhan dengan air akan menghilangkan kadar minyak alami di sel kulitnya. Minyak alami kulit akan sangat membantu dalam menjaga kelembaban kulit bayi sehingga terhindar dari kulit kering. Untuk membersihkannya cukup dengan mengelapnya menggunakan handuk basah 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jika ingin menggunakan sabun pilihlah sabun cair mild khusus bayi tidak perih di mata juga sangat baik untuk menjaga kelembaban kulitnya.

Lindungi kulit bayi dari sinar matahari
Hindari bayi anda terpapar sinar matahari langsung pada pukul 10 pagi sampai 4 sore. Sinar UV pada jam tersebut tidak baik untuk kondisi kulit bayi baru lahir yang sangat lembut dan sensitif. Jika bunda terpaksa membawanya ke luar aplikasikan tabir surya khusus bayi yang memiliki SPF 15. Oleskan tabir surya tersebut setiap 2 jam sekali.

Gunakan pelembab cream
Untuk mengihindari kulit kering pada bayi baru lahiir tentunya bunda harus pintar dalam memilih pelembab kulit bagi bayi. Pilihlah pelembab cream tanpa pewangi dan oleskan pada kulit bayi setelah mandi. Hindari penggunaan pelembab kulit yang berbentuk lotion, hal tersebut dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit bayi.

Perawatan kulit kepala
Kondisi kulit kepala bayi tentunya menjadi sorotan para bunda. Bunda sering kali mendapati kondisi kulit kepala bayi yang mengelupas juga kering atau juga di penuhi dengan bercak tebal dan berminyak. Untuk perawatan kulit kepala bayi baru lahir yang sangat tepat yaitu rutin mencuci rambut bayi menggunakan sampo khusus bayi. Lakukan pjatan lembut untuk membersihkan sisik bercak di kulit kepalanya. Bisa juga menggunakan sisir bayi kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

Itulah beberapa trik dalam merawat kulit bayi baru lahir selain itu gantilah popok setiap popok basah dan kotor dan pastikan kondisi kulit bayi kering sebelum menggunakan popok. Pilihlah deterjen khusus bayi yang tidak berwarna juga wangi untuk mencuci baju-baju bayi anda.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top