Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Cara mengatasi gigi anak berantakan


Fani

By Fani
Selasa, 19 Juli 2016 15:07:18

Selamat pagi, bu bidan saya mau curhat dong anak saya sekarang umur 5 tahun giginya cenderung hitam-hitam dan berantakan sekali. Anak saya juga susah bila di suruh sikat gigi bu bidan, saya takut nanti gigi anak saya makin berantakan saat tumbuh gigi baru. Gimana cara mengatasinya yah bu bidan ? Ditunggu balasan nya yah bu bidan



Risma Wulansari
Admin

By Risma Wulansari
Sabtu, 23 Juli 2016 09:12:11

Hallo, selamat pagi juga Bu Fani.


Untuk permasalahan merawat gigi, seperti yang kita ketahui pada masa kanak-kanak gigi yang tumbuh disebut gigi susu dan gigi susu akan copot/terlepas pada waktunya. Setiap anak memiliki pertumbuhan gigi yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi anak rusak atau hitam-hitam salah satunya disebabkan terlalu banyak konsumsi makanan yang manis-manis seperti permen. Sedangkan untuk penyebab gigi berantakan yaitu :



  • Gigi susu yang susah lepas/copot

  • Terdapat jumlah gigi yang tumbuh berlebihan

  • Kebiasaan menggigit jari

  • Mengalami trauma pada gigi susu depan sehingga pertumbuhan gigi tetap menjadi berubah arah

  • Letak pertumbuhan gigi tetap tidak benar

  • Ukuran gigi lebih besar dari biasanya

  • Kurang panjang lengkung gigi sehingga gigi tumbuh ke arah langit-langit

  • Mengalami keterlambatan klasifikasi gigi geraham tetap

  • Panjang lengkung rahang yang abnormal.


Nah ada beberapa cara ampuh yang bisa bunda praktekan di rumah mengenai Tips Merawat Gigi Anak agar Tumbuh Rapi diantaranya :



  1. Hentikan kebiasaan mengisap dot

  2. Biasakan menyikat gigi

  3. Hindari mengkonsumsi makanan manis

  4. Perbanyak asupan nutrisi dan vitamin yang lengkap

  5. Kunjungi dokter gigi secara rutin


Bila si kecil susah diajak sikat gigi, sebaiknya bunda coba belikan produk sikat gigi dan pasta gigi sesuai dengan kesukaan si kecil tapi perhatikan juga kandungan fluoride di dalam nya aman ya bunda dan cukup berikan si kecil pasta gigi hanya sebesar bisi jagung saja tidak boleh banyak-banyak. Peran orang tua juga sangat besar dalam mengajarkan anak sikat gigi usahakan bunda dan ayah di rumah juga memberikan contoh yang baik, karena bila ayah dan bunda jarang sikat gigi atau malah malas sikat gigi, si kecil pun akan demikian. Semoga anda puas dengan jawaban kami :) 



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top