Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tes Kesehatan untuk Pasangan yang Akan Menikah


Annisa Laila Salma

By Annisa Laila Salma
Senin, 08 Agustus 2016 10:14:23

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya, apakah benar jika pasangan yang mau menikah harus cek kesehatan dulu ? baik dari pihak laki-laki maupun perempuan ? karena, yang saya ketahui hanya pihak perempuan saja yang harus mengeceknya pada bidan terdekat untuk imunisasi dan lain-lain. Mohon penjelasannya bu. terimakasih.



Novita Ratnasari
Admin

By Novita Ratnasari
Senin, 08 Agustus 2016 13:54:51

Selamat siang juga mba Annisa. Biasanya kalau pemeriksaan lewat bidan itu kan khusus untuk persyaratan saat ini dan suntik TT juga, bagi perempuan. Alangkah lebih baik, pihak laki-laki pun menjalankan tes kesehatan terlebih dahulu.


Tes kesehatan yang sebaiknya dilakukan oleh keduanya ada 5, antara lain :



  1. Tes kematangan Usia : Anda sebaiknya jangan menikah saat belum menginjak 17 atau 18 tahun. Hal ini dikarenakan kondisi rahim yang belum matang, sehingga belum siap melakukan hubungan seksual.

  2. Tes kesuburan : Untuk memeriksa bagaimana kesehatan sperma dan ovarium. Penting dilakukan, terlebih untuk anda yang ingin secepat mungkin mendapatkan keturunan.

  3. Tes kesehatan darah : Untuk mengetahui apakah anda dan pasangan memiliki penyakit kelainan darah yang bisa menurun pada anak nantinya. Seperti penyakit hemofilia atau thalasemia.

  4. Tes genetik : Untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit genetik atau yang diwariskan pada keturunan selanjutnya.

  5. Tes Sexual Transmitted Diseases (STD) : Untuk mengetahui adanya penyakit menular seksual. Jika diketahui lebih dini, pengobatan bisa dilakukan dengan segera dan andapun bisa melakukan hubungan seksual yang sehat bersama pasangan tanpa takut adanya penularan penyakit.


Tes kesehatan yang dilakukan ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Semoga bermanfaat yah mba Annisa. Terimakasih



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top