Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Apakah Perlu Bayi di Bedong ?


Karlina

By Karlina
Rabu, 10 Agustus 2016 11:04:07

Assalamu'alaikum bu bidan,
Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
terima kasih ditunggu balasannya bu bidan



Curhat Bidan
Admin

By Curhat Bidan
Selasa, 30 Agustus 2016 07:45:36

Wa'alaikum salam bu Karlina


Selamat yah bu atas kehamilan nya, sebenarnya membedong bayi baru lahir itu tidak wajib bahkan tidak dianjurkan karena takutnya si kecil jadi tidak bisa banyak bergerak bebas. Selain itu ada beberapa bahaya yang dapat mengintai bila membedong bayi seperti kepanasan, displasia panggul, infeksi pernafasan bahkan kematian mendadak.


Bayi di bedong boleh namun lebih baik jika bayi sedang tidur, supaya tidur nya lebih nyenyak dan mengatasi refleks kejut atau refleks moro yang bisa dialami bayi baru lahir pada saat tidur lelap. Bedong dapat membantu bayi mengatasi refleks kekjut tersebut sehingga bayi akan tidur kembali dan merasa seperti di peluk. Membedong juga dapat membantu ibu yang pertama kali menyusui apabila bayi sering bergerak sehingga ibu sulit menempatkan dalam posisi yang benar dan nyaman. Dengan bayi di bedong maka bayi akan lebih tenang dan mudah untuk belajar menyusui. Dengan membedong juga akan menenangkan bayi ketika rewel dan sulit tidur sehingga bayi akan nyaman istirahat tanpa gangguan.


Bila bayi berontak ketika di bedong, sebaiknya biarkan saja tidak perlu di paksakan. Bedong boleh digunakan sampai bayi berusia sekitar 1 bulan.


Lebih lengkapnya lagi bisa kunjungi >>> Manfaat dan Bahaya Membedong Bayi



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top