Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Cara Mencegah Virus Zika


Aryani Fitria

By Aryani Fitria
Selasa, 06 September 2016 09:58:40

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih



Novita Ratnasari
Admin

By Novita Ratnasari
Selasa, 06 September 2016 13:32:31

Selamat siang juga bunda Aryani. Mengenai bahaya virus zika bagi ibu hamil, terutama bagi janin dalam kandungan memang telah diketahui. Penelitian mengungkap bahwa efek dari virus ini bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot dan sistem saraf otak janin.


Untuk proses pencegahannya, tak jauh seperti yang kita lakukan pada pencegahan demam berdarah yaitu menjaga kebersihan lingkungan, hindari tempat genangan air, memilih cara pengusir nyamuk yang paling ampuh namun aman, memakai pakaian yang panjang, dan ingat pula tentang 3M (Menguras, Menutup, Mengubur). Selain itu, ketika bunda dan keluarga baru saja berlibur di tempat yang memiliki risiko penyebaran virus zika, segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah bunda (terutama yang hamil) terinfeksi atau tidak.


Semoga bermanfaat, Terimakasih



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top