Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Normalkah sering pipis saat hamil


Rika

By Rika
Sabtu, 10 September 2016 15:35:37

Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?



Fitriani
Admin

By Fitriani
Sabtu, 10 September 2016 15:50:49

Selamat sore bu rika, sering pipis saat kehamilan memanglah wajar-wajar saja. Efek samping dari kehamilan memang dapat di rasakan ibu hamil saat memasuki trimester pertama dan ketiga. Namun jangan khawatir ya bu karena bisa di katakan juga sering pipis menjadi pertanda awal anda hamil. Beberapa hal yang menyebabkan wanita hamil sering buang kecil ada beberapa hal diantaranya:



  • Efek dari perubahan hormon pada saat hamil

  • Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka tubuh secara alami akan lebih banyak memproduksi urine. Hal itu disebabkan karena kerja ginjal yang lebih keras untuk membuang zat tidak berguna dalam tubuh

  • Pertumbuhan janin juga menjadi salah satu penyebab ibu hamil sering pipis. Karena pertumbuhan janin yang semakin besar maka dapat menekan kandung kemih.

  • Pada trimester ketiga posisi bayi yang sudah di bawah dapat menyebabkan penekanan kandung kemih meningkat.


Tentunya hal ini memang wajar saja terjadi, untuk mengatasi sering buang air kecil pada saat hamil trik berikut ini bisa anda coba.



  • Sebaiknya tidak minum air sebelum tidur. Namun pastikan anda mencukupi asupan cairan minimal 8 gelas dalam sehari. Karena jika anda kekurangan cairan maka menyebabkan dehidrasi yang dapat membahayakan ibu dan janin.

  • Tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan anda lebih sering pipis.

  • Lakukan senam kagel secara teratur untuk mengencangkan otot-otot pengaturkeluarnya urine

  • Jangan pernah menahan ketika anda ingin pipis, hal ini malah akan menyebabkan anda lebih sering pipis


Segera periksa ke dokter jika pipis disertai dengan rasa sakit, aroma urine yang tidak sedap, juga di sertai darah dan berwarna keruh.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top