Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

keputihan saat hamil muda


Rati aulia

By Rati aulia
Rabu, 14 September 2016 11:45:16

Selamat siang ibu bidan, Saya sekarang sedang hamil 12 minggu, udah 3 hari ini daerah miss V saya mengeluarkan lendir seperti keputihan, terkadang tembus keluar celana, kira-kira itu kenapa ya bu? apakah tanda kalau kandungan saya berbahaya? karena sebelum lendir itu keluar, saya sering gendong anak kecil juga masih mengerjakan pekerjaan berat, saya juga minum minuman bersoda.

Seminggu sebelum ini terjadi, daerah miss V saya juga mengeluarkan flek kecoklatan kemerahan seperti darah, tapi bidan di dekat tempat tinggal saya itu tidak apa-apa. hanya saja disarankan untuk tidak sering berhubungan suami isteri dulu. Jadi, kandungan saya kira-kira ada masalah ga ya? apakah ada bahaya? apa boleh saya menggunakan cairan pembersih daerah V untuk menghilangkan lendir juga flek tadi?? ditunggu jawabannya ya bu, terima kasih



Curhat Bidan
Admin

By Curhat Bidan
Rabu, 14 September 2016 11:48:29

Terima kasih sudah menggunakan layanan tanya bidan kami, ibu Rati,

Saat hamil, memang biasanya area Vagina akan mengeluarkan lendir atau cairan bening. Selama lendir atau cairan tadi tidak berbau juga tidak disertai keluhan lain, maka itu memang adalah hal normal-normal saja, tidak perlu dikhawatirkan. Keluarnya lendir bening ataupun putih susu bisa dipicu oleh aktivitas yang Anda lakukan. Ingat, sebaiknya ibu hamil memperhatikan untuk tidak terlalu melakukan aktifitas berat apalagi jika ibu hamil muda, kandungannya masih lemah. Juga tentang minum soda dll, lebih baik perbanyak minum air putih, jus buah, sayur dll yang menyehatkan.

Hadirnya flek sebaiknya perlu diwaspadai jika keluar terus-menerus (lebih dari 2 hari), disertai sakit perut/ mulas, dll bisa saja merupakan tanda / gejala penyakit yang berbahaya. Diusahakan untuk menghindari pemakaian pembersih Vagina karena ditakutkan malah mempengaruhi pH alami Vagina Anda. Cukup mandi 2x sehari, ganti pakaian dalam secara teratur, bersihkan lalu keringkan area V Anda setelah buang air besar maupun kecil.


Silahkan baca artikel terkait mengenai keputihan :


Keputihan Saat Hamil Serta Bahayanya Pada Ibu Dan Janin



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top