Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Keputihan yang tidak kunjung sembuh


Teti Kusnandang

By Teti Kusnandang
Kamis, 15 September 2016 10:38:52

Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya...



Rani Anggraeni
Admin

By Rani Anggraeni
Kamis, 15 September 2016 15:59:10

hallo bu teti, selamat sore...
mengenai keputihan, keputihan sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni keputihan fisiologis (keputihan normal) yang biasa terjadi setiap bulannya karena menjelang menstruasi atau saat menstruasi atau juga pada masa subur, Dan keputihan patologis (keputihan abnormal alias berbahaya) ini disebabkan karena infeksi bakteri, jamur atau virus.
Jika dilihat dari keluhan ibu teti seperti gatal dan berbau tidak sedap bisa jadi itu keputihan yang abnormal dan berbahaya. Sebaiknya ibu teti langsung konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab dari keputihan abnormal tersebut.
beberapa penyebab keputihan yan tidak kunjung sembuh diantaranya:
1. Penggunaan antibiotik yang cukup lama
2. Infeksi bakteri yang sering terjadi pada ibu hamil atau pada wanita yang sering gonta-ganti pasangan
3. Pemakaian pil KB karena ketidakseimbangan hormon yang terpengaruh dan terjadi ketidakseimbangan pH
4. Kanker serviks
5. Vaginitis
dan masih banyak lagi. Jadi jika keputihan tersebut terus berlanjut dan mengeluarkan cairan kental berwarna putih pekat, kekuningan, kehijauan dan keabuan, berbau tidak sedap, gatal, dan jumlah nya banyak segara kunjungi dokter untuk memastikan masalah tersebut.
Bu teti juga bisa membaca artikel di Curhatbidan.com mengenai 11 Penyakit Yang Menyerang Organ Intim Wanita, karena beberapa penyakit tersebut memberikan gejala seperti keputihan. Dan bisa disamakan dengan gejala yang ibu rasakan, jika terdapat gejala penyakit yang sama seperti ibu teti, segera konsultasikan dengan dokter, bicarakan semua keluhan agar tidak menjalar dan berubah menjadi penyakit yang lebih serius lagi yang sulit untuk diatasi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Terimakasih sudah berkunjung. Semoga Bisa membantu dan bermanfaat:))



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top