Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Mual Saat Minum Susu Pada Masa Hamil


Rismawan

By Rismawan
Sabtu, 17 September 2016 09:47:57

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya



Admin
Visitor

By Admin
Sabtu, 17 September 2016 10:10:24

Selamat pagi pa rismawan


Susu menjadi salah satu asupan penting untuk membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Banyak ahli yang menyarankan pada ibu hamil untuk mengkonsumsi susu khusus ibu hamil sebagai asupan tambahan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi susu untuk ibu hamil di haruskan sebanyak dua gelas per hari. Beberapa kandungan vitamin dan mineral pada susu tidak hanya bermanfaat untuk janin namun juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Kandungan yang terdapat pada susu ibu hamil seperti vitamin C, B1, B6, D, yodium, asam folat, kalisum, protein, DHA, dan AA. Meskipun banyak manfaatnya, ada sebagian ibu hamil yang merasa mual setelah mengkonsumsi susu. Nah berikut ini beberapa tips untuk menghindari mual saat mengkonsumsi susu khusus ibu hamil.

Atur takaran susu
Mengatur takaran susu khusus ibu hamil ini akan sangat membantu anda dalam mengatasi mual. Pastikan anda melakukan hal berikut untuk hari pertama atur takaran susu sebanyak 1 sdm dengan tambahan air sebanyak 1/3 gelas konsumsi satu kali di malam hari. Kemudian pada hari kelima atur kembali takaran susu khusus ibu hamil anda menjadi 2 sdm dengan tambahan air 2/3 gelas konsumsi 1 kali baik di pagi hari ataupun siang. Untuk hari ke tujuh untuk takarannya masih sama 2 sdm dengan tambahan air 2/3 gelas namun tingkatkan menjadi dua kali dalam sehari. Hal ini di lakukan untuk membiasakan tubuh menerima asupan susu secara bertahap.

Konsumsi susu setelah makan
Untuk anda yang selalu mual pada saat minum susu khusus ibu hamil bisa melakukan tips berikut ini. Konsumsi susu setelah makan dengan takaran kecil terlebih dahulu jadi dapat di minum sekaligus.

Pilih susu hamil dengan rasa yang berbeda
Saat ini banyak jenis susu ibu hamil yang menyediakan berbagai varian rasa. Mengkonsumsi susu dengan rasa yang berbeda akan membantu mengurangi mual. Anda juga dapat mengganganti variasi rasa yang berbeda setiap minggunya agar tidak bosan.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top