Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Apakah gatal pada kulit/ruam pada kulit saat hamil berbahaya ?


Dena  Aulia

By Dena Aulia
Kamis, 22 September 2016 14:13:15

Selamat siang bu bidan, saya mau bertanya apakah gatal pada kulit/ruam pada kulit saat hamil berbahaya ? dan bagaimana cara mengatasinya ?



Elis Lisnawati
Admin

By Elis Lisnawati
Kamis, 22 September 2016 14:22:59

Selamat siang bu dena,

Gatal pada kulit/ruam pada kulit saat hamil dikarenakan kulit pada perut Anda meregang selama kehamilan, hal ini dapat menyebabkan rasa sangat gatal. Terkadang, rasa gatal ini menyebar hingga ke seluruh tubuh. Kondisi ini terutama terjadi di akhir kehamilan.

Apabila rasa gatal diikuti warna kekuningan pada kulit, Anda harus memberitahukan dokter Anda segera. Rasa gatal yang hebat sering merupakan gejala komplikasi hati, dan Anda perlu melakukan pemeriksaan darah untuk memastikan tidak ada gangguan pada hati Anda.

Cara mengatasi rasa gatal :

1. Menjaga kesejukan – mandi dalam air suam-suam kuku merupakan cara yang efektif agar tetap sejuk.

2. Bubuhi krim berbahan dasar air atau tambahkan minyak esensial camomile pada air mandi Anda

3. Cucilah baju Anda dengan detergen tanpa wewangian dan bilas dengan seksama untuk menghindari reaksi terhadap bahan kimia.

4. Bila mungkin, biarkan perut Anda dalam keadaan terbuka agar kulit Anda bisa bernapas sekaligus mencegah iritasi akibat bahan baju atau serbuk sabun cuci.

5. Rasa gatal itu akan mereda begitu bayi lahir, tapi bila rasa gatal sangat parah dan menetap, berkonsultasilah pada bidan atau dokter kandungan Anda.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top