Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Makanan Pemicu Keguguran


Triyasih

By Triyasih
Sabtu, 24 September 2016 09:49:18

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih



Admin
Visitor

By Admin
Sabtu, 24 September 2016 10:08:21

Selamat pagi bu triyasih, pada saat hamil memang asupan makanan tidak boleh sembarangan di konsumsi. Tentunya hal tersebut bertujuan agar tidak membayakan janin di dalam kandungan dan efek yang lebih bahaya lagi yaitu terjadinya keguguran. Kondisi pada saat hamil memang berbeda dengan kondisi sebelum hamil, dimana tubuh akan lebih rentan mengalami keracunan makanan. Dan berikut ini beberapa makanan pemicu keguguran yang harus anda ketahui.

Nanas
Buah yang satu ini memang kera di hubungkan dengan keguguran. Nanas mengandung enzim bromelin yang di duga dapat menyebabkan melunaknya leher rahim sehingga terajdi kontraksi. Apalagi nanas muda, disarankan untuk anda tidak mengkonsumsi nanas pada awal kehamilan.

Pepaya
Pepaya muda alias yang belum matang tidak baik di konsumsi ibu hamil. Pepaya muda mengandung lateks yang bisa menyebabkan kontraksi bahkan lateks pada buah pepaya muda dapat berperan seperti hormon prostaglandin dan oksitoksin. Dimana kedua hormon tersebut memiliki fungsi yang sangat berperan penting dalam mendukung persalinan hingga memperkuat kontraksi. Namun untuk pepaya yang matang tidak mengandung lateks dan aman di konsumsi ibu hamil bahkan memiliki kandungan yang sangat baik bagi ibu hamil. Pepaya matang menjadi sumber serat, asam folat, vitamin C, juga E bagi tubuh.

Telur setengah matang
Tentunya telur setengah matang tidak baik di konsumsi baik oleh ibu hamil ataupun orang sehat sekalipun. Telur setengah matang mengandung salmonella yaitu bakteri yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan bagi ibu hamil dapat menyebabkan keguguran.

Daging mentah atau setengah matang
Tidak hanya berlakuk pada telur saja, daging mentah ataupun setengah matang tidak di sarankan untuk di konsumsi ibu hamil. Hal tersebut di lakukan untuk mengantisipasi resiko terkontaminasi Toksoplasma gondii yaitu bakteri yang terkandung pada daging mentah. Daging mentah atau setengah matang yang di konsumsi ibu hamil dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir dalam kondisi meninggal. Hal ini berlaku juga untuk daging unggas maupun makanan laut.


Pastikan anda menjaga asupan makanan terutama pada trimester pertama kehamilan, karena pada masa tersebut sangat rentan terjadi keguguran. Anda juga dapat langsung mengkonsultasikan langsung pada dokter ahli kandungan untuk mengenal lebih jauh berbagai makanan yang sebaiknay di hindari pada saat hamil.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top