Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Pendarahan Ringan Pada Usia 11 Minggu Kehamilan


Delia Dwi Rahmawati

By Delia Dwi Rahmawati
Senin, 26 September 2016 08:28:25

Selamat pagi, saya mau berkonsultasi mengenai saudara saya yang tengah hamil usia 11 minggu, tapi dia mengalami pendarahan ringan dari vaginanya. Apakah hal ini tidak apa-apa? Karena sebelumnya saudara saya juga pernah mengalami kehamilan ektopik, apakah mungkin hal ini bisa terjadi lagi pada saudara saya? Mohon jawabannya.



Curhat Bidan
Admin

By Curhat Bidan
Senin, 26 September 2016 08:39:25

Selamat pagi
Salah satu penyebab umum terjadinya kehamilan ektopik yaitu adanya kerusakan pada tuba falopi seperti misalnya terjadi infeksi. Sehingga, dengan adanya kerusakan ini akan menghalangi sel telur yang tepat dibuahi untuk masuk ke rahim sehingga akhirnya menempel dalam tuba falopi itu sendiri atau organ lain. Selain itu, kehamilan ektopik juga bisa dipicu oleh kadar hormon yang tidak seimbang atau perkembangan abnormal semasa wanita sedang dalam kandungan.

Kehamilan ektopik bisa dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:

> Alat kontrasepsi: Penggunaan alat kontrasepsi spiral atau intrauterine device (IUD) diduga sebagai faktor pemicu utama sehubungan dengan kehamilan ektopik.
> Pernah mengalami kehamilan ektopik: Wanita yang pernah mengalami kehamilan ektopik sebelumnya memiliki risiko 15%-20% lebih tinggi untuk kembali mengalaminya.
> Infeksi atau inflamasi: Wanita yang pernah mengidap inflamasi tuba falopi atau penyakit radang panggul akibat penyakit seksual menular seperti gonore atau chlamydia (klamidia), memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kehamilan ektopik.
> Masalah kesuburan: Pengobatan untuk masalah kesuburan terkadang dapat memicu kehamilan ektopik.
> Proses sterilisasi dan sebaliknya: Prosedur pengikatan tuba atau pembukaan ikatan tuba yang kruang sempurna juga berisiko memicu kehamilan ektopik.

Seperti yang dijelaskan diatas, kehamilan ektopik bisa saja terulang kembali pada wanita yang pernah mengalami kehamilan ektopik sebelumnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter kandungan serta melakukan beberapa tes untuk mendapatkan hasil yang tepat dan pasti dari apa yang saudara Anda alami saat ini. Terimakasih, semoga jawaban kami membantu Anda.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top