Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Bagaimana cara mengatasi mata lelah?


Tania Firda A

By Tania Firda A
Jum'at, 07 Oktober 2016 07:18:04

Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)



Admin

By
Jum'at, 07 Oktober 2016 14:00:18

Selamat siang Tania Firda A, Sebelumnya berapa jam anda berada di depan komputer dalam satu harinya? Memang betul terlalu sering berada di depan komputer, laptop, atau gadget bisa membuata mata lelah atau bahkan mata akan mengalami masalah yang serius. Tania bisa melakukan cara alami untuk mengatasi mata lelah tersebut dengan cara:


1. Mengistirahatkan mata > istirahat kecil, seperti berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan ke objek lain. Lebih bagus jika melihat taman atau pepohonan yang hijau.
2. Atur jarak dengan monitor > minimal satu rentan tangan anda.
3. Mengompres dan membasuh mata > ini bisa dilakukan ketika anda hendak berwudhu.
4. Kendurkan otot mata > caranya dengan menggosok-gosokkan kedua telapak tangan yang nantinya akan menghasilkan efek panas, lalu tempatkan jari-jari tangan tersebut pada daerah atas mata.
5. Atur kembali kecerahan layar komputer > usahakan tidak terlalu terang agar mata tidak cepat merasa lelah.
6. Menggunakan irisan buah > seperti strawberry, alpukat, lemon, mentimun, kentang caranya hanya dengan mengirisnya lalu meletekkannya pada mata selama 15-20 menit.
7. Berkedip > salah satu paling sederhana untuk membuat mata menjadi kembali segar.
8. Pijat mata > rutinlah memijat bagian mata menjelang tidur, dengan memijat bagian kelopak mata dengan cara melingkar dan lembut selama kurang lebih 2 menit.
9. Gunakan kacamata anti silau > agar mata senantiasa terjaga dari paparan cahaya yang terlalu kontras.
10. Rutin periksakan mata > hal ini merupakan cara terbaik untuk mendeteksi berbagai penyakit yang berkaitan dengan mata.

Itulah beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mata lelah. Untuk pertanyaan haruskah memakai kacamata? memakai kacamata diharuskan ketika kontras layar terlalu terang agar mata senantiasa terjaga dari kontras tersebut, itu juga dengan menggunakan kacamata non plus minus. Untuk penanganan yang tepat sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Terimakasih telah berkunjung ke situs BidanOnline.com



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top