Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues


Ani Mulyani

By Ani Mulyani
Kamis, 13 Oktober 2016 10:15:35

Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan "Baby Blues". yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih



Rani Anggraeni
Admin

By Rani Anggraeni
Jum'at, 14 Oktober 2016 07:36:46

Selamat Pagi ibu Ani, Sebelumnya selamat atas kehamilannya, mudah-mudahan bayi dan ibunya sehat dan nantinya bisa melangsungkan persalinan secara normal dan selamat. Jadi Baby Blues ini merupakan perasaan sedih, cemas, panik, perubahan emosi mudah marah yang dialami ibu-ibu pasca melahirkan. Dan memang betul baby blues ini hanya terjadi pada wanita yang baru pertama kali menjalani kehamilan atau belum memiliki pengalaman sama sekali dalam mengurus bayi.

Baby blues ini memang bisa dikatakan gejala normal ibu pasca melahirkan, tapi kondisi seperti ini cukup menyiksa bagi ibu itu sendiri. Dan untuk cara menghindarinya, ibu ani bisa melakukan tips-tips di bawah ini:
1. Melakukan persiapan yang benar-benar matang sebelum melahirkan, seperti perlengkapan bayi, dana atau yang lainnya.
2. Lengkapi juga pengetahuan ibu tentang bagaimana cara perawatan dan kesehatan seputar bayi.
3. Support dari keluarga juga sangat penting terutama dari sang suami untuk menghindarkan ibu terkena baby blues ini, jadi berkeluh kesahlah pada suami, berbagi tugas, dan tanggung jawablah dengan suami bisa meringankan beban ibu.
4. Beristirahatlah jika ada kesempatan untuk beristirahat. Karena nanti dalam merawat bayi diperlukan perhatian yang ekstra, tenaga dan pikiran yang tidak sedikit yang bisa membuat ibu menjadi sangat letih.
5. Berbagi pengalaman dengan ibu-ibu yang lainnyayang dipercaya bisa mengurangi beban ibu setelah melahirkan.
6. Perhatikan juga pola makan anda.
7. Be Positif, Selalu berpikiran positif, buang jauh-jauh perasaan negatif tentang apapun itu.
8. Dan yang paling penting tidak lupa untuk berdoa, berserahdirilah pada Tuhan yang maha kuasa karena segala sesuatu pasti ada di tangan-Nya. Selalu Berdoa agar kehidupan anda dan keluarga juga anak senantiasa ada dalam lindungan dan barokahnya.

Dan seperti apa gejala dari ibu yang mengalami baby blues ini? gejalanya meliputi:
- Rasa sedih dan depresi memenuhi perasaan ibu sehingga menyebabkan ibu sering menangis.
- Emosi sangat stabil, mudah marah, mudah tersinggung, dan sering hilang rasa sabar.
- Seringkali ibu merasa kelelahan dan sering mengalami sakit kepala.
- Sering merasa kurang percaya diri.
- Sering mengalami cemas.
- Sering juga mengalami kesulitan dalam beristirahat atau bahkan susah tidur.
- Sering mengalami rasa takut akan berbagai hal.

Ibu tidak perlu merasa khawatir karena baby blues ini tidak terlalu membahayakan, tapi keadaan seperti demikian tentunya memberikan rasa tidak nyaman pada seorang ibu,  selain itu kesehatan ibu dan bayi juga akan terganggu. Jadi untuk ibu Ani sebaiknya lakukan tips di atas  sebagai upaya untuk mencegah gangguan kesehatan mental baby blues ini. Terimakash telah berkunjung ke situs Curhatbidan.com Semoga Bisa Membantu dan Semoga Bermanfaat.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top