Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Penyebab Munculnya Flek Darah saat Hamil


Nur Aliyya

By Nur Aliyya
Rabu, 19 Oktober 2016 10:01:58

Selamat pagi, saya sedang hamil fase trimester pertama dan saya khawatir tentang flek yang terjadi saat hamil, yang ingin saya tanyakan apa penyebab munculnya flek darah saat hamil? Terimakasih



Elis Lisnawati
Admin

By Elis Lisnawati
Rabu, 19 Oktober 2016 10:06:40

Selamat pagi bu Nur Aliyya,

Flek darah yang terkadang berwarna kecoklatan memanglah cukup sering terjadi pada masa kehamilan muda atau trimester pertama. Flek ditandai dengan pendarahan yang ringan dan tidak membahayakan, dan faktanya ada 20% ibu hamil muda yang mengalami flek. Selama flek masih dalam jumlah yang terbatas, Bunda tidak perlu khawatir, tetapi apabila flek terjadi lebih dari 1 hari, sebaiknya Bunda periksakan pada dokter untuk memastikan semua baik-baik saja. Hal yang paling buruk yaitu ketika terjadi flek yang menjadi pendarahan dan disertai nyeri, jika terjadi kondisi seperti ini harus segera mendapatkan penanganan.

Penyebab flek :

1. Flek Tanda Kehamilan
Flek ini dikarenakan adanya proses implantasi atau penanaman embrio ke dinding rahim. Tetapi, pada banyak orang darah karena implantasi tidak akan menjadi flek dan keluar serta membekas di celana, walaupun tetap terjadi sedikit pendarahan di dalam tubuh.

2. Hasil Konsepsi atau Fertilisasi yang Kurang Sempurna
Tidak ada cara yang mudah untuk mengetahui penyebab flek ini, untuk itulah pentingnya memeriksakan kandungan dengan teratur. Dibutuhkan pemeriksaan dokter untuk menentukan perkembangan embrio normal atau tidak.

3. Perubahan Hormon Saat Terjadi Kehamilan
Penyesuaian kondisi tubuh diperlukan untuk mendukung proses kehamilan, sehingga tubuh membuat keseimbangan hormon yang baru. Pada umumnya flek yang muncul tidak berbahaya.

4. Infeksi pada Area Mulut Rahim
Daerah sensitif ini mudah terjaring peradangan, selain itu juga bisa disebabkan karena melakukan hubungan saat terjadi kehamilan, mulut rahim yang menjadi lunak selama kehamilan lebih mudah tergores dan luka yang menyebabkan pendarahan ringan.

Flek yang terjadi saat hamil berbeda-beda penyebab pada setiap individu. Kelelahan juga bisa menyebabkan terjadinya flek, untuk itu jagalah kondisi tubuh selama hamil. Untuk lebih jelasnya bisa membacanya pada artikel kami http://www.curhatbidan.com/artikel/id/398/waspadai-munculnya-flek-saat-ibu-hamil-muda


Terimakasih :)



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top