Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

IUD yang Masih Terpasang Saat Hamil, Bahayakah ?


Salwa

By Salwa
Senin, 24 Oktober 2016 15:53:50

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih



Nita Tri Mustika
Admin

By Nita Tri Mustika
Senin, 24 Oktober 2016 15:56:19

Selamat Sore Mba Salwa

Terima kasih sudah bertanya di Curhat Bidan. IUD atau intrauterine device merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Hanya saja keefetivitasnya tidak mencapai 100% sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan bisa saja terjadi. Namun bila terjadi kehamilan dengan masih terpasang IUD, pada dasarnya harus dilakukan tindakan untuk mengeluarkan IUD tersebut, hanya saja bila dikeluarkan maka cenderung akan meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

Sehingga pada saat kehamilan dengan masih terpasang IUD disarankan untuk rutin kontrol ke Dokter Kandungan untuk mengetahui kondisi kehamilan saat ini. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan adalah :

- Rutin kontrol dengan Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan
- Makan makanan yang bernutrisi
- Istirahat cukup
- Banyak minum air putih
- Tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol
- Batasi kafein



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top