Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Kafein?


Wina MeliaSari

By Wina MeliaSari
Kamis, 27 Oktober 2016 13:31:02

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya...



Rani Anggraeni
Admin

By Rani Anggraeni
Kamis, 27 Oktober 2016 14:22:08

Selamat siang kembali Ibu Wina, Sebenarnya masalah tentang kafein yang berbahaya bagi ibu hamil ini masih menimbulkan perdebatan. Tapi para praktisi sedunia sudah sepakat bahwa mengkonsumsi kafein yang terlalu banyak bisa menimbulkan efek negatif pada janin. Jadi pada saat kehamilan ibu disarankan untuk tidak meminum kopi dalam porsi yang cukup banyak.  Karena salah satu alasan kenapa kopi atau kafein cukup mengancam ibu hamil dan bisa menembus plasenta ibu hamil dengan mudah yang nantinya bisa berdampak pada detak jantung bayi. Jadi batasi saja jumlah asupan kafein ibu hamil sekitar 2 cangkir kopi perhari.

Untuk menambah pengetahuan, ibu hamil yang mengkonsumsi terlalu banyak kopi bisa merasakan efek samping atau meningkatkan beberapa kemungkinan seperti:
**Keguguran janin
**Bayi lahir dengan berat badan yang rendah
**Kelahiran mati
**Ibu hamil mengalami refluks asam lambung dan nyeri ulu hati
**Anemia
**Ibu Hamil juga akan merasa tidak nyaman
**Menyebabkan maagh

Dan aturan yang tepat untuk ibu hamil dalam mengkonsumsi kafein yakni dengan batas maksimal nya 200 mg atau setara dengan dua cangkir kopi instan. Ada juga jumlah umum kafein dalam makanan dan minuman:
** 60-200 mg kafein setara dengan secangkir kopi seduh.
** 140 mg kafein = secangkir kopi saring.
** 100 mg kafein = secangkir kopi instan.
** 40 mg kafein terkandung dalam sebotol soda.
** 75 mg kafein ditemukan dalam secangkir teh.
** 25-50 mg kafein biasanya terkandung dalam 50gr cokelat.

Nah untuk itu ibu wina perlu memperhatikan kandungan kafein dalam teh, kopi, cokelat, dan makanan lainnya yang tertera pada kemasan. Jangan sampai konsumsi kafein melebihi batas toleransi bagi ibu hamil. Semoga Bisa Membantu



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top